Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD Untuk Semua Jenis HP
Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD Untuk Semua Jenis HP

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD Untuk Semua Jenis HP

Inilah Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD menggunakan fitur-fitur manajemen aplikasi bawaan Android.

Ponsel Android mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan dengan menggunakan penyimpanan eksternal. Namun masih belum banyak yang tahu tentang Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD. Dan alhasil sebagian besar penyimpanan itu sudah diambil oleh sistem operasi dan perangkat lunak yang dimuat sebelumnya. Setelah Anda mulai menambahkan aplikasi Anda sendiri, memotret foto dan video dan mengunduh podcast, Anda berisiko kehabisan ruang.
Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD

Untungnya, sejumlah perangkat Android menyediakan slot kartu microSD yang memungkinkan Anda untuk memperluas kapasitas penyimpanan Anda dengan memasukkan kartu memori yang tepisah. Anda dapat menggunakan kartu 32GB, atau kartu 64GB, dan jika Anda ingin 128GB penyimpanan, tetapi kartu 32GB dan 64GB itu dapat membelikan Anda sedikit ruang ekstra untuk menyimpan aplikasi Android.

Inilah Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD menggunakan fitur-fitur manajemen aplikasi bawaan Android.

Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Menambah Penyimpanan

Pertama, tidak semua perangkat Android memungkinkan Anda memasang sebagian aplikasi yang diinstal ke kartu microSD, tetapi bagi mereka yang melakukannya, itu hanya perjalanan singkat ke pengelola aplikasi dan sebuah tombol ditekan. Sebagian besar ponsel unggulan telah pindah dari dukungan untuk fitur ini, dengan LG G4 dan Samsung Galaxy S5 di antara yang terakhir untuk mendukungnya; itu lebih umum ditemukan di midrange ke perangkat low-end, tetapi ini sering perangkat yang dapat menggunakan penyimpanan ekstra.

Baca Juga6 Aplikasi Kamera Android Terbaik Yang Lagi Hits Terbaru 2019

Sayangnya, meskipun ponsel cerdas Anda mendukung fitur tersebut, tidak semua aplikasi memilikinya. Aplikasi besar seperti game meninggalkan sebagian besar datanya di penyimpanan internal. Misalnya, Asphalt 8 hanya menempatkan 64MB data pada kartu microSD sementara meninggalkan sisa 1.4GB untuk mengisi ponsel atau tablet Anda. Yang mengatakan, Anda dapat menghemat ruang dengan cara ini, terutama jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terpasang dan memindahkan sebanyak mungkin ke kartu microSD.

Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD Menggunakan Manajer Aplikasi


  • 1. Navigasikan ke Pengaturan di telepon Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di dalam menu aplikasi.


cara memindahkan aplikasi ke sd card hp samsung


  • 2. Ketuk Aplikasi.


cara memindahkan aplikasi ke sd card oppo a37


  • 3. Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu microSD.


cara memindahkan aplikasi ke kartu sd samsung j2 prime


  • 4. Ketuk Penyimpanan.


cara memindahkan aplikasi ke kartu sd samsung j5


  • 5. Ketuk Ubah jika ada. Jika Anda tidak melihat opsi Ubah, aplikasi tidak dapat dipindahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi apa pun dengan opsi ini, kemungkinan perangkat Anda tidak mendukung fitur tersebut.


cara memindahkan file ke sd card xiaomi


  • 6. Ketuk Pindahkan.

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi kembali ke memori internal, tekan tombol Ubah lagi dan pilih Penyimpanan Internal.

Cara Menggunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal

Jika Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD diatas tidak cocok denganmu, dikarenakan perangkat Anda tidak mendukung aplikasi yang bergerak ke kartu microSD, ada opsi lain, pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow, yang mungkin menjadi jawabannya untuk Anda. Fitur ini disebut Adoptable atau Flex Storage, dan memungkinkan Anda memformat kartu microSD untuk bertindak seperti penyimpanan internal tambahan. Sekali lagi, tidak semua perangkat dengan slot microSD akan mendukung fitur ini: Motorola, HTC, Huawei dan Nvidia semuanya dipilih untuk mengaktifkan Flex Storage, sementara Samsung dan LG harus menghapusnya.

Baca JugaCara Melacak Dan Mengetahui Lokasi Hp Orang Lain Tanpa Diketahui

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur ini. Anda akan menginginkan kartu microSD tercepat yang dapat Anda temukan untuk memastikan kinerja yang lancar, setidaknya Kelas 10 atau UHS-I dan sebaiknya UHS-3. Data apa pun yang ada di kartu microSD akan dihapus ketika Anda memformatnya sebagai penyimpanan internal, dan dari titik itu, akan tidak dapat digunakan di perangkat lain (kecuali Anda memformat ulangnya lagi). Terakhir, ingat bahwa jika Anda menghapus kartu microSD ini dari ponsel, Anda akan merusak fungsi ke semua aplikasi atau konten yang telah Anda pindahkan.

cara memindahkan file dari memori internal ke eksternal samsung


  • 1. Navigasikan ke pengaturan di telepon Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di dalam laci aplikasi.


cara memindahkan aplikasi ke sd card oppo a71

  • 2. Ketuk Penyimpanan.

cara memindahkan aplikasi ke sd card vivo


  • 3. Pilih kartu SD Anda.


cara memindahkan memori internal ke kartu sd samsung j2 prime


  • 4. Ketuk tombol menu luapan di sudut kanan atas.


cara memindahkan aplikasi ke kartu sd samsung j5 prime


  • 5. Pilih Pengaturan Penyimpanan.


cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd hp samsung


  • 6. Ketuk Format sebagai Internal.


cara memindahkan aplikasi ke sd card hp oppo a37f

7. Ketuk Hapus & Format. Jika sistem menentukan bahwa kartu microSD Anda terlalu lambat ia akan meminta Anda dengan peringatan di sini bahwa itu akan menurunkan kinerja.

cara memindahkan aplikasi ke sd card hp oppo f1


  • 8. Ketuk Pindah sekarang. Setelah membuat pilihan, Anda akan mengetuk berikutnya dan memulai transfer ke kartu microSD Anda. Sistem akan menunjukkan kira-kira berapa lama transfer akan mengambil dan berapa banyak data akan dipindahkan ke kartu SD Anda.

cara memindah memori internal ke eksternal oppo

  • 9. Ketuk Selesai.


Baca JugaCara Menghapus Aplikasi Bawaan Atau Sistem di Android Tanpa Root

Kartu SD Anda sekarang akan terdaftar tepat di bawah penyimpanan bersama internal dan sistem akan menggunakannya sebagai penyimpanan internal tambahan di masa depan.

Nah itulah penjelasan tentang Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Kartu SD mudah yang bisa kamu coba untuk meringankan kinerja ponsel Kamu.

Baca juga:

Your Reactions: