Optimasi SEO On Page Dan Off Page Untuk Blogger Pemula [Panduan Lengkap]
Optimasi SEO On Page Dan Off Page Untuk Blogger Pemula [Panduan Lengkap]

Optimasi SEO On Page Dan Off Page Untuk Blogger Pemula [Panduan Lengkap]

cara optimasi seo onpage maupun offpage untuk blog baru agar dapat cepat masuk halaman satu

cara optimasi seo onpage dan off page


optimasi SEO on page dan off page memang merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh sebuah blog atau website, agar artikel - artikel yang mereka buat dapat masuk halaman satu mesin pencari. tujuannya sudah pasti agar traffic blog meningkat.

tapi selain traffic blog menigkat, ada pula rasa bangga yang tumbuh apabila hasil karya sendiri bisa mendapat peringkat di mesin pencari.

kebanyakan dari para blogger yang baru mulai masuk dalam dunia blogging akan acuh pada cara meningkatkan pengunjung blog atau website yang satu ini, sebab mereka terbilang masih menggangap membangun sebuah situs tersebut adalah hal yang mudah.

jadi dari kebanyakan cara yang ada untuk membangun sebuah situs itu sendiri, maka mereka akan memilih cara yang mudah terlebih dahulu, bahkan bisa sampai dari cara yang lebih mudah lagi. seperti melakukan spam, membeli backlink, dan lain - lain.

kunci dari anda akan menjadi seorang blogger yang berhasil adalah bisa dilihat dari kualitas konten yang anda buat, jika konten yang anda buat buruk, maka itu berdampak buruk pula pada kualitas situs yang anda kelola.

untuk itu penting bagi anda, mempelajari yang namanya SEO terlebih dahulu sebelum mulai ingin menjadi seorang blogger atau sebelum anda akan mulai membuat postingan pertama anda.

sebagai panduan awal anda untuk mengenal yang namanya SEO, maka saya akan memberikan sedikit pembelajaran untuk anda sebagai bahan acuan.

pertama adalah pengertian, SEO atau search engine optimization adalah upaya yang dilakukan oleh pemilik situs untuk meningkatkan visibilitas situsnya di mata mesin pencari.

untuk teknik SEO sendiri dibagi menjadi 2 yaitu : SEO onpage dan SEO offpage


SEO Onpage 
adalah upaya optimasi yang dilakukan oleh pemilik situs dari dalam situs itu sendiri, contohnya dengan

  1. Riset Keyword
  2. Memakai Template Yang SEO Friendly
  3. Membuat Navigasi Situs 
  4. Membuat Konten Yang Berkualitas
  5. Penempatan Title Tag
  6. Optimasi Gambar 
  7. Menggunakan Internal Links
  8. Menggunakan Long Tail Keyword Pada Setiap Postingan
  9. Mendaftarkan Blog Ke Webmaster Tools
  10. Mengurangi Bounce Rate Blog

Riset Kata Kunci
sebelum anda akan membuat konten ada baiknya anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, atau setidaknya coba ketik kata kunci yang anda incar pada pencarian google, kemudian lihat seberapa sulit persaingan yang ada dari kata kunci tersebut.

cara mudahnya adalah dengan membuka 5 atau lebih artikel dengan kata kunci yang sama, lalu perhatikan kelebihan dan kekurangan dari masing - masing artikel, kemudian penilaian tersebut bisa anda catat atau hanya resapi poin - poin penting yang ada, untuk nantinya anda jadikan artikel yang lebih berkualitas.

jika dalam riset dengan cara tersebut, kata kunci diincar bisa anda kalahkan, atau dalam hal ini anda bisa membuat konten yang lebih baik dan berkualitas, maka cara riset seperti ini sudah cukup untuk anda lakukan, tidak perlu lagi menggunakan tools - tools yang membantu dalam melakukan riset kata kunci.


Memakai Template Yang SEO Friendly
template yang memang benar- benar bagus, sebenarnya bisa dilihat dari :

1. Pemasangan Widget
2. Tampilan
3. Responsive
4. Fast Loading

poin pertama adalah pemasangan widget, dalam hal ini adalah berapa banyak widget yang dapat anda pasangi pada blog dengan memakai template tersebut.

tapi walaupun banyak widget yang bisa anda pasangi dalam blog itu, tidak akan memastikan pula bahwa blog tersebut akan terlihat bagus, sebab situs yang banyak memasang widget tidak bermanfaat untuk pengunjung malah akan membuat situs tersebut menjadi buruk.

poin kedua adalah tampilan, sama seperti poin satu diatas, dimana bahwa sebuah tampilan akan berdampak signifikan terhadap situs itu sendiri.

jadi intinya buatlah tampilan yang enak dipandang, tidak berlebihan, serta membuat nyaman, agar pengunjung betah berlama - lama berada di blog anda.

ketiga ada responsive, responsive dalam hal ini, akan membuat blog yang terlihat lebar di layar komputer, menjadi terlihat sesuai dengan layar smartphone atau gedget.

saat ini kebanyakan dari pengguna internet akan lebih memilih menggunakan smartphone atau gedget untuk browsing, dikarenakan, lebih praktis, memiliki tampilan yang enak dibaca, serta mudah digunakan.

untuk melihat apakah responsive template anda sudah berjalan baik atau belum, maka silahkan anda kunjungi situs responsinator.com.


cara optimasi seo onpage dan offpage

disana anda dapat melihat tampilan situs anda melalui berbagai macam tampilan smartphone atau gedget.

poin keempat terakhir adalah fast loading, kecepatan pada sebuah situs akan sangat berdampak pada kepuasan yang didapat oleh pengujung. sebab, dengan memakai template yang fast loading, maka akan membuat pengunjung dapat dengan cepat untuk menjelajahi blog atau web yang anda kelola. ini semua tentunya untuk menghindari rasa bosan karena terlalu lama menunggu.

cara optimasi seo onpage dan offpage

untuk melihat kecepatan loading blog atau web anda, maka bisa anda kunjungi situs GTmetrix.com


Membuat Navigasi Situs
sebuah blog tidak akan ada artinya apabila tidak diisi dengan sistem navigasi yang baik, baik maksudnya adalah dapat mempermudah membantu pengunjung untuk menjelajahi blog yang anda kelola.

navigasi yang sebaiknya anda pasang yaitu :
1. kontak
2. popular post
3. arsip blog
4. related post

dan masih banyak lagi, intinya hanya memasang navigasi yang bermanfaat bagi pembaca.


Membuat Konten Yang Berkualitas
untuk yang satu ini tentunya sudah diketahui oleh kebanyakan blogger, banyak persepsi yang memuat tentang konten berkualitas, anda bisa mencarinya di google sebagai refrensi tentang konten yang baik dimata google maupun pengunjung.

tetapi menurut saya konten berkualitas itu adalah konten yang bermanfaat, enak di baca, padat walaupun tidak panjang.

saya lebih suka ciri - ciri konten yang seperti itu sebab, karena memang sudah sifat alami manusia yang lebih suka suatu pembahasan yang langsung mengarah ke inti tidak lagi berbelit - belit.

untuk membuat sebuah konten yang berkualitas dan mampu bersaing di halaman satu mesin pencari memang akan sangat sulit apabila anda hanya mengetahui sedikit materi tentang topik dari tulisan yang akan anda buat.

kuncinya adalah dengan menulis secara natural untuk pembaca, dikarenakan perubahan yang ada pada algoritma terbaru google, maka saat ini artikel yang di buat natural, secara mendalam, serta menyeluruh untuk pembaca akan dengan cepat mendapat peringkat di mesin pencari, bahkan bisa mencapai halaman satu hanya dengan beberapa hari.

sebagai panduan berikut ini saya berikan 3 artikel yang dapat menjadi panduan anda dalam mengoptimalkan konten yang anda buat :
  1. Cara Membuat Artikel Yang Disukai Pembaca
  2. Kriteria Blog Yang Disukai Google
  3. Cara Optimasi Postingan Terbaru Agar Cepat Mendapat Peringkat Di Mesin Pencari 

Penempatan Title Tag
penempatan title tag sebenarnya bisa anda letakan dimana saja, akan tetapi lebih baik jika anda letakan pada awal kalimat artikel anda, atau lebih jelasnya setelah judul.

berdasarkan pengalaman saya, dengan mencoba - coba untuk memvariasikan teknik SEO ini, maka dapat saya jelaskan bahwa cara SEO ini akan dapat berfungsi apabila title tag yang anda tempatkan pada kalimat pertama postingan memiliki karakter kata yang sesuai dengan judul postingan.

dengan kata lain, teknik ini tidak akan berfungsi apabila anda salah dalam menempatkan judul yang tidak sesuai dengan kata kunci.

seperti contoh : pada artikel saya yang 4 Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO , sangat cepat mendapat peringkat 1 dengan kata kunci yang memang saya incar yaitu elemen penting sebuah blog, walaupun dengan persaingan yang bisa dikatakan lumayan.

cara optimasi seo onpage dan offpage

kalimat yang berisi kolom berwarna merah itulah yang dinamakan tiltle tag, dan juga kata pada kolom tersebut yang merupakan title tag yang baik karena sesuai dengan judul serta kata kunci yang diincar.

selanjutnya ada artikel saya yang satu lagi yaitu 2 cara memasang widget ikuti lewat email. dalam percobaa saya adalah dengan menambahkan title tag yang tidak sesuai denan judul, walaupun setidaknya memiliki inti yang sama.

cara optimasi seo onpage dan offpage

sebenarnya hasil dari percobaan yang saya inginkan dalam hal ini adalah hasil yang nantinya mebuat artikel tersebut dapat terindex dari 2 kata kunci pencarian yaitu ikuti lewat email dan pengikut email.

cara optimasi seo onpage dan offpage
 
dan hasilnya adalah gagal, artikel saya entah berada di posisi berapa. walaupun dalam artikel tersebut saya sudah mengoptimasi dengan artikel yang padat,  bahkan menyeluruh dengan memberikan 2 cara pemasangan widget.

kesimpulannya adalah anda boleh melakukan eksperimen terhadap blog yang sedang anda kelola, jangan takut nantinya bila artikel anda malah menjadi tidak terbaca atau membutuhkan waktu lama untuk di index oleh mesin pencari, itu semua tidak masalah, karena anda bisa memperbaikinya dengan optimasi yang lain nantinya.


Optimasi Gambar
optimasi gambar yang saya maksud disini, selain hanya sekedar menambahkan gambar pada setiap postingan, ada baiknya anda juga memperhatikan hal - hal sebagai berikut.

1. Gambar Milik Situs Lain
2. Gambar Yang Tidak Sesuai Dengan Topik
3. Menambahkan Title, Alt, dan Deskripsi Gambar

poin yang pertama adalah gambar milik situs lain, jika anda saat ini masih mengambil gambar untuk artikel anda dari pencarian gambar di google, maka segeralah tinggalkan cara tersebut, dan mulailah untuk mengambil gambar dari situs penyedia gambar gratis, dan jika bisa akan lebih baik apabila anda membuat gambar sendiri.

atau jika anda masih menginginkan menggunakan gambar milik orang lain, maka saya akan memberi solusinya juga, yaitu dengan menambahkan deskripsi tentang gambar tersebut, caranya kita akan bahas nanti pada poin nomor 3.

point yang kedua adalah gambar yang tidak sesuai dengan topik, kesalahan fatal ini tentunya akan berdampak buruk pada blog atau web anda, kesalahan seperti ini sebenarnya tidak akan terjadi apabila anda teliti terlebih dahulu dalam memilih gambar.

poin ketiga adalah menambahkan title, alt, dan deskripsi pada setiap gambar anda, ini berguna untuk memberi atau memudahkan mesin pencari untuk membaca isi dari postingan yang anda buat.

caranya adalah :

menambahkan title dan alt 
pertama klik pada gambar yang ingin anda tambahkan title dan alt
kemudian klik pilihan properties


cara optimasi seo onpage dan offpage

terakhir isi title dan alt kemudian oke
note : biasanya title dan alt ini akan terpasang di dalam gambar, jadi tidak terlihat dari luar

menambahkan deskripsi
sama seperti menambahkan title dan alt
klik pada gambar
lalu pilihlah add caption


cara optimasi seo onpage dan offpage

selanjutnya isi deskripsi
cara optimasi seo onpage dan offpage
terakhir enter


Menggunakan Internal Link
internal link adalah kata atau kalimat yang diberikan link aktif yang mengarah ke artikel lain yang tentunya harus masih memiliki keterkaitan satu dan yang lain.

contonya seperti situs wikipedia

cara optimasi seo onpage dan offpage

semua kata selain warna hitam tersebut adalah internal link, dalam hal SEO pengunaan internal link dengan cara seperti pada wikipedia tersebut memang sangat dianjurkan, gunanya tentu untuk mengurangi bounce rate dan untuk membuat pengunjung betah berlama - lama di blog anda.

inti dari penggunaan internal link ini pada artikel adalah sebagai refrensi untuk pembaca agar mereka mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang mereka hadapi, serta internal link ini juga akan berdampak baik pula pada blog atau web karena memiliki banyak refrensi yang membantu pembaca, dan tentunya penggunaan internal link yang tepat akan membuat artikel anda cepat mendapat peringkat di mesin pencari.


Menggunakan Long tail Keyword Pada Setiap Postingan
long  tail keyword merupakan deskripsi tambahan pada judul postingan, 

seperti contoh 
kata kunci yang anda incar adalah android xiaomi, maka untuk long tail keywordnya anda bisa menambahkan deskripsi agar lebih spesifik, menjadi :

Harga HP Android Xiaomi Terbaru 2016

dengan menggunakan long tail keyword ini tentunya akan membuat postingan anda terlihat lebih menarik serta akan mengundang minat baca yang melihatnya.

efek long tail keyword untuk SEO tentunya akan membuat postingan anda dapat masuk halaman satu google, sebab kebanyakan dari para pengguna internet atau lebih jelasnya adalah yang melakukan pencarian di google search akan membuat deskripsi pencarian yang lebih spesifik.

contoh lagi..

kebanyakan orang akan membuat deskripsi mereka tentang apa yang ingin dicari dengan rinci atau meyeluruh seperti :

HP Android Terbaru Paling Bagus
 
dengan memanfaatkan sifat alami manusia yang seperti itu maka, penggunaan long tail keyword pada judul artikel akan berdampak pada artikel yang anda buat masuk halaman satu bahkan bisa mendapat rangking satu, dikarenakan kata kunci yang diincar orang banyak terdapat dalam artikel anda, entah itu mulai dari judul maupun isi artikel.

cara optimasi seo onpage dan offpage


Mendaftarkan Website Atau Blog Ke Webmaster Tools
yang biasa diabaikan oleh blogger pemula adalah mendaftarkan situs mereka ke search console atau webmaster tools, sebab fokus mereka hanya ada pada teknik - teknik SEO lain yang banyak ada di internet.

padahal hanya dengan mendaftarkan situs anda di tools ini sudah dapat membuat artikel anda cepat terindex dan masuk halaman satu mesin pencari.

cara daftarnya sebagai berikut :


Webmaster Tools 
buka situs webmaster tools
lalu pilih tambakan property

cara optimasi seo onpage dan offpage
kemudian masukan alamat situs anda
cara optimasi seo onpage dan offpage
kemudian verifikasi situs anda dengan menggunakan Tag HTML

cara optimasi seo onpage dan offpage

pasang kode yang diberikan di situs anda ''akan diberi contoh nantinya''
setelah selesai memasang kembali lagi ke search console
kemudian verifikasi.


Mengurangi Bounce Rate Blog
bounce rate merupakan tindakan pengunjung yang hanya membaca satu postingan dalam blog, atau tidak menjelajahi lebih jauh konten - konten yang lainnya.

untuk itu, seperti yang saya jelaskan diatas bahwa penggunaan internal link sangat mempengaruhi menurunnya angka bounce rate blog atau web.

dampak bounce rate yang tinggi dalam hal SEO adalah tentunya akan mengurangi kualitas dari blog yang anda kelola di mata mesin pencari.

untuk mengatasinya sebagai berikut :

1. Gunakan Template Yang Fast Loading
2. Buat Konten Yang Berkualitas
3. Membangun Internal Link
4. Gunakan Widget Tambahan

poin pertama adalah template yang fast loading, ini penting, sebab kebanyakan dari para pengunjung akan lebih memilih meninggalkan blog anda, dikarenakan loading blog yang lambat.

kedua ada konten yang berkualitas, untuk masalah konten yang berkualitas yang mengarah pada pengurangan bounce rate adalah konten yang panjang, dengan begitu pengunjung akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghabiskan artikel tersebut agar selesai dibaca.

tetapi yang perlu di perhatikan dalam hal membuat konten yang panjang adalah masalah topik itu sendiri, jika topik tersebut memiliki materi yang sedikit, maka tidak mungkin anda akan memaksakan agar konten yang dibuat dengan topik tersebut memiliki lebih dari 2000 kata, malah jadinya akan lebih terlihat tidak nyambung, dikarenakan topik yang sudah keluar dari jalur.

ketiga ada internal link, saya banyak membahas internal link pada postingan ini, sebab karena memang peran dari internal link ini sangatlah baik bagi blog atau web.

dalam hal mengurangi bounce rate, internal link berperan untuk menambah refrensi artikel lain yang dapat dibaca selanjutnya oleh pengunjung.

terakhir gunakan widget tambahan, widget - widget yang berguna untuk mengurangi bounce rate ini adalah artikel terkait, popular post, arsip blog, dan lain - lain.

intinya adalah widget yang membuat pengunjung blog bisa berlama - lama berada dalam blog anda.



SEO OFF PAGE
adalah upaya optimasi blog atau web dari luar situs itu sendiri, seperti dengan cara membangun backlink.

cara - cara yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan SEO off page ini adalah :

  1. Share Ke Media Sosial
  2. Share Ke Forum
  3. Sumbit Ke Sosial Bookmark
  4. Blogwalking
  5. Guest Blogger

Share Ke Media Sosial
untuk yang satu ini tentu semua blogger pasti sudah melakukannya, ya dengan media sosial bahkan blog yang awalnya sepi bisa mendapat lonjakan pengunjung hanya dalam waktu singkat, tetapi tentunya dengan cara promosi yang tepat.

seperti percobaan yang pernah saya lakukan dengan media sosial facebook, dan hasilnya lumayan, traffic blog saya meningkat 200%, untuk selengkapnya bisa anda baca di panduan cara promosi postingan di sosial media facebook.


Share Ke Forum
banyak blogger yang tidak menggunakan forum sebagai media promosi artikel mereka, penyebabnya ada banyak, entah malu, tidak mau dihujat, dan lain - lain.

forum memang pada dasarnya adalah tempat berdiskusi, asalkan anda tidak melakukan hal - hal yang buruk atau yang merugikan diri anda serta pengguna lain, maka mengshare artikel ke forum tidak akan menjadi masalah.

kuncinya adalah pintar - pintar dalam memilih forum, maksudnya dalam hal ini adalah setiap forum memiliki peraturannya dan karakter - karakter membernya masing - masing. jadi anda harus menyesuaikan diri terlebih dahulu sebelum mulai mengshare sesuatu ke forum tersebut.

menyesuaikannya bisa seperti mencari teman, berkomentar di treand milik member lain, memperhatikan bagaimana member lain membuat treand, dan lain - lain.


Sumbit Ke Sosial Bookmark
ada banyak terdapat situs sosial bookmark yang dapat anda gunakan sebagai sarana untuk mencari backlink, tetapi tetap perhatikan kualitas dari situs sosial bookmark tersebut.

carilah situs bookmark yang bagus dalam tampilan maupun dari cara mereka melayani blogger yang akan mencari backlink dengan cara menyumbit artikel di situs sosial bookmark itu sendiri.

tambahan, asalkan jangan berlebihan, maka mencari backlink dengan cari ini akan membuat konten - konten anda dapat bersaing di peringkat atas mesin pencari, tapi tentunya dengan dukungan faktor SEO yang lain juga.


Blogwalking
blogwalking merupakan cara mencari backlink dengan meninggalkan link aktif yang mengarah ke blog atau web yang anda kelola.

dampak blogwalking untuk blog ada 2, bisa positif tapi bisa juga negatif, tergantung bagaimana anda melakukannya.

blogwalking yang baik dan benar menurut saya adalah dengan cara membaca artikel yang akan kita komentari terlebih dahulu, kemudian berkomentar lah sesuai dengan topik, serta link aktif yang anda pasang haruslah memiliki keterkaitan dengan konten yang ada pada blog yang anda komentari.


Guest Blogger
guest blogger merupakan kegiatan menulis artikel di blog orang lain, dengan tentunya menanamkan link yang mengarah pada blog yang anda kelola.

cara inilah yang sangat baik untuk anda lakukan, sebab dengan cara ini kedua belah pihak sama - sama diuntungkan.

untuk mencari blog yang bisa anda ajak guest blogger, biasanya dengan cara menghubungi pemilik blog lain melalui email, maupun laman kontak yang ada di blog mereka.


Antara SEO on page dan SEO off page sama - sama tidak akan dapat teroptimasi dengan maksimal jika salah satunya tidak berjalan.

jadi manfaatkanlah kedua teknik SEO tersebut secara seimbang, agar manfaatnya lebih terasa maksimal.

Baca juga:

Your Reactions:

close