window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-ZVV8CB482S'); Cara Optimasi Postingan Terbaru Agar Mendapat Peringkat Di Google - PAMERANATA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Postingan Terbaru Agar Mendapat Peringkat Di Google

cara agar artikel cepat terindex

membuat sebuah artikel memang bisa membutuhkan waktu hanya 1 jam, tetapi perjuangan selanjutnya adalah bagaimana artikel yang dibuat tersebut bisa mendapatkan banyak pembaca.

banyak dari para blogger yang sering share postingan terbaru mereka, tetapi semua usaha tersebut belum menunjukan tanda - tanda peningkatan, walaupun sudah dilakukan secara maksimal.

jika begitu ada kalanya anda sebagai seorang blogger harus sedikit meluangkan waktu untuk lebih mengoptimasi postingan terbaru, seperti yang akan saya bahas saat ini.

cara membuat artikel yang disukai pembaca memang tidaklah mudah, sebuah artikel yang disukai pembaca biasanya menarik dari judul, padat, berisi gambar dan memberikan manfaat terhadap masalahnya. oleh karena itu pada algoritma baru google, anda sebagai blogger diharuskan membuat artikel untuk pembaca, tidak lagi harus pusing dengan script - script, meta, dan lain - lain..

intinya hanya fokus membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca.

sekarang pertanyaannya adalah..
bagaimana cara postingan terbaru cepat mendapat peringkat di google?
nah siapa yang tidak mau mendapat peringkat di mesin pencari google, apalagi sampai tembus ke halaman 1. tetapi untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah, tergantung kata kunci yang di incar. jika kata kunci yang diincar memiliki persaingan yang sulit, maka gunakanlah 4 elemen penting sebuah blog dalam hal SEO..

selanjutnya kembali ke topik yang anda perlukan agar postingan terbaru mendapat peringkat di google adalah :
  1. Optimasi dengan gambar
  2. Backlink
  3. Kata kunci pada judul postingan
  4. Membuat artikel yang sesuai
  5. Share
sebelum 5 hal tersebut dijalankan, ada baiknya pastikan terlebih dahulu blog atau website anda terhubung dengan webmaster tools dan google analytics.

gunanya agar postingan terbaru cepat terindeks dan dapat memantau perkembangannya


Optimasi dengan gambar
penggunaan gambar pada setiap artikel memang penting perannya, sebab sebuah gambar dapat menarik minat baca dari pngunjung. biasakanlah menggunakan setidaknya 1 gambar setiap poting artikel, jika anda ingin menambahkan riset pada artikel tersebut, maka usahakan diimbangi dengan gambar agar mudah dipahami, serta terlihat lebih menarik.

kebanyakan dari blogger - blogger hanya mengambil gambar dari google, tetapi tidak memikirkan bahwa gambar tersebut adalah milik situs lain.

solusinya adalah dengan membuat gambar sendiri, bagi yang sudah terbiasa cari ini bukan masalah yang berat.
 tetapi bagi yang masih pemula?
bagi seorang pemula yang agak malas membuat gambar sendiri, maka saya juga akan memberikan solusinya : pertama ambil gambar di google, kemudian edit dengan photoshop, photoscape, dan lain - lain terserah anda, mengedit dalam hal ini bisa berupa mengubah nama foto, warna, menambahkan tulisan, terakhir simpan dan upload gambar tersebut ke artikel baru anda.

tambahan satu cara lagi yaitu mengambil gambar dari situs penyedia gratis. tinggal anda cari di google, ada banyak situs - situs gratis seperti ini.


Backlink
backlink masih merupakan tolak ukur google dalam hal peringkat sebuah postingan di mesin pencari.
dalam hal ini kita bedakan tentang backlink menjadi 2 yaitu : mendapat backlink dan mencari backlink.

sebagai pemula biasanya mereka berlomba -  lomba mencari backlink dengan cara sumbit ke sosial bookmark, forum, dan lain - lain. padahal mendapatkan backlink dengan cara mencari dapat dianggap spam oleh google.

jadi tinggalkan cara itu dan mulai untuk ke jalan mendapatkan backlink. mendapatkan baclink dalam hal ini adalah pemilik dari situs lain yang dengan sengaja memberikan link pada artikelnya yang merupakan link menuju ke situs anda.

untuk mendapat backlink ada poin - poin yang dibutuhkan yaitu :
1. arikel yang berkualitas
2. artikel yang bermanfaat
3. menjalin hubungan baik antar sesama blogger
4. terkenal

untuk poin pertama adalah artikel yang berkualitas, ini penting sebab, mana ada orang yang mau memberikan backlink mereka, yang mengarah ke artikel yang tidak sesuai dengan minat pembaca atau lebih tegasnya artikel yang buruk. selain berdampak pada pengunjung, backlink tersebut juga akan berdampak pada kualitas dari situs pemberi backlink.

poin kedua merupakan artikel yang bermanfaat, artikel yang bermanfaat biasanya akan mengendap cukup lama dalam  ingatan pembacanya. artikel bermanfaat pula akan banyak mengundang share, sebab orang - orang yang mengshare artikel bermanfaat biasanya orang yang ingin dikenal, bangga dengan apa yang dia tahu, dan lain - lain. jadi intinya buatlah artikel yang memberi manfaat kepada pembaca serta artikel yang simple dengan bahasa yang tidak terlalu rumit. dengan begitu perlahan tapi pasti maka backlink akan datang dengan sendirinya.

poin ketiga menjalin hubungan dengan sesama blogger, hubungan disini adalah hubungan yang menguntungkan satu sama lain. misalkan si A dan si B adalah seorang blogger pemula dengan tingkat kemampuan yang sama, mereka berdua dapat melakukan kerja sama seperti membantu share artikel, memberikan backlink, mengunjungi situs satu sama lain. itu baru si A dan si B, belum lagi nanti ada si C, D, E, seterusnya yang bergabung. cara seperti ini sangatlah dibutuhkan oleh blog - blog baru.

terakhir poin keempat adalah terkenal, jika anda terkenal, maka apapun yang anda lakukan akan menjadi sorotan.  menjadi terkenal itu sebenarnya gampang - gampang susah, gampangnya setelah terkenal dan susahnya sudah berusaha tapi tidak terkenal - terkenal. jika anda ingin menjadi terkenal di dalam dunia blogging, tentunya anda harus memiliki target.

seperti anda ingin mendapatkan backlink, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah pertama maksimalkan poin nomor 3, tambahkan lagi aktif di forum atau komunitas - komunitas yang sama dengan topik anda, lalu membuat artikel yang mengundang pertentangan, atau pertanyaan artikel - artikel seperti itu biasanya akan banyak mendapat sorotan dan point plusnya anda akan menjadi terkenal.


Kata kunci pada judul postingan
judul merupakan sebuah sarana untuk menempatkan kata kunci yang diincar, sebab kata kunci yang diletakan di judul postingan akan membantu google dalam menerjemahkan isi dari suatu postingan sebelum diberikan kepada pembaca.

sebelum menentukan kata kunci sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. cara meriset kata kunci biasanya membutuhkan beberapa elemen yaitu :

1. google auto complete
2. google trends
3. pencarian google

sebenarnya menggunakan google keyword planner adalah yang paling mudah, tetapi situs google keyword planner sudah berubah, dan sekarang situs tersebut lebih terfokus pada google adwords(beriklan di google). maka situs - situs lain yang mendasari keyword planner sebagai acuan pun saat ini menjadi tidak berfungsi. contohnya Ubersuggest dan keyword tool.

UPDATE : google keyword planner masih berfungsi untuk riset kata kunci.

oleh sebab itu saya hanya memberikan 3 alat yang dapat membantu anda dalam meriset kata kunci.

yang pertama ada google auto complete yaitu prediksi - prediksi google yang akan keluar setelah anda mengetik sebuah kata dalam pencarian google.


cara agar artikel cepat terindex

anda dapat menggunakan prediksi - prediksi tersebut sebagai judul postingan.

kedua ada google trends, tools ini dapat anda gunakan sebagai tolak ukur dalam pembuatan postingan baru, apabila situs yang anda kelola adalah situs musiman atau situs yang hanya membuat artikel yang sifatnya banyak dibicarakan lalu hilang dan berganti dengan topik populer yang lain. jika demikian maka google trends merupakan tools yang wajib anda gunakan untuk mengetahui - mengetahui apa saja yang sedang menjadi tren.


cara agar artikel cepat terindex

anda juga dapat melihat perkembangan pencariannya melalui statistik.


cara agar artikel cepat terindex

terakhir adalah pencarian google. setiap anda mencari sesuatu di mesin pencari pasti akan menemukan beberapa konten yang muncul.


cara agar artikel cepat terindex

konten - konten itulah yang nantinya anda dapat jadikan tolak ukur dalam pembuatan postingan dengan kata kunci yang anda incar, serta konten - konten tersebut juga nantinya dapat anda jadikan refrensi untuk membuat artikel yang lebih berkualitas dan mampu mendapat peringkat di mesin pencari.


Membuat artikel yang sesuai

membuat artikel yang sesuai dalam hal ini adalah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembaca. artinya anda diharuskan membuat artikel yang memiliki kriteria.

1. mengundang
2. padat
3. berisi

mengundang maksudnya adalah mengajak pembaca untuk tertarik dengan artikel yang anda buat, serta jangan sampai membuat pembaca menjadi bosan dengan tampilan blog yang terlalu ngejreng, artikel yang kepanjangan tetapi tidak menceritakan topik.

padat berarti belum tentu panjang, panjang boleh tapi jangan sampai keluar dari arus topik. kuncinya buatlah bagan atau jika anda malas, cukup bayangkan saja poin - poin penting yang nantinya akan disisipkan pada artikel, yang dapat membuat artikel tersebut menjadi penuh dengan materi secara menyeluruh.

ketiga adalah berisi, disini anda membuat artikel haruslah berisi gambar, manfaat, dan lain - lain, itu semua agar postingan yang baru anda buat dapat bersaing dengan kualitas postingan lain dalam kata kunci yang sama.

ketiga elemen tersebut sudah dapat menjadikan postingan terbaru anda cepat mendapat peringkat di pencarian google, sebab ketiga elemen tersebut sudah sesuai dengan kriteria algoritma baru google.


Share 


share ini sangat berguna bagi potingan - postingan terbaru. dengan anda mengshare postingan terbaru anda
ke ''umumnya media sosial'' maka tanpa waktu lama postingan baru anda akan mendapatkan banyak pengunjung. point plusnya adalah jika postingan anda tersebut disukai, maka mereka''pembaca'' bisa saja mengshare lagi postingan tersebut. tentunya itu akan membuat pengunjung akan mengalir terus ke blog anda.


cara agar artikel cepat terindex
dilihat dari statistik diatas, bahwa penggunaan media sosial yang semakin meningkat setiap tahunnya, artinya media sosial merupakan sarana promosi yang sangat baik.


cara agar artikel cepat terindex

diambail dari smartinsights.com, dijelaskan bahwa facebook masih merajai penggunaan media sosial. 

intinya semua media sosial itu sama, tergantung bagaimana anda mempromosikannya, jika cara mempromosikan anda sudah tepat, bahkan dengan satu media sosial saja sudah cukup membuat postingan anda mendapat banyak pengunjung.


itulah sedikit pembahasan tentang cara mengoptimasi postingan terbaru, sebenarnya postingan saja tidak akan cukup apabila tidak diimbangi dengan blog yang teroptimasi pula, maka dari itu silahkan anda baca tentang 4 elemen penting di blog dalam hal SEO.

3 komentar untuk "Cara Optimasi Postingan Terbaru Agar Mendapat Peringkat Di Google"

Knginfo.com 30 Agustus 2016 pukul 14.09 Hapus Komentar
Mantap gan bermanfaat sekali
Knginfo.com 30 Agustus 2016 pukul 14.09 Hapus Komentar
Mantap gan bermanfaat sekali
rul 30 Agustus 2016 pukul 15.08 Hapus Komentar
terima kasih min penjelasan dan tutorialnya sangat lengkap sekali (y)