Instagram diretas? Inilah Cara Mengembalikan Akun Anda
Instagram diretas? Inilah Cara Mengembalikan Akun Anda

Instagram diretas? Inilah Cara Mengembalikan Akun Anda

Berikut adalah bagaimana Cara Menjaga Instagram Anda Aman dari Peretas

Mungkin Anda memiliki 100 pengikut atau mungkin 100.000 followers Instagram, tetapi perasaan tenggelam ketika Anda menyadari bahwa akun Anda diretas bersifat universal. Peretasan Instagram datang dalam beberapa bentuk yang berbeda - beberapa posting konten baru untuk pengikut Anda, sementara yang lain mengubah alamat email Anda, kata sandi, dan nama pengguna untuk mengunci Anda sepenuhnya.
Cara Menjaga Instagram Anda Aman dari Peretasan

Jika Anda menemukan diri Anda korban peretasan Instagram (seperti di akun baru-baru ini yang mengalihkan alamat email Anda ke akun Rusia), inilah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kembali akun Anda.

JIKA AKUN ANDA SUDAH DIRETAS, NAMUN BISA MASIH MASUK


Jika orang lain memposting konten ke akun Anda, tetapi Anda masih dapat masuk, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda satu-satunya yang memiliki akses. Langkah pertama adalah mengubah kata sandi Anda - baik di dalam pengaturan atau dengan mengirim sendiri email untuk mengatur ulang login.

Setelah Anda mengubah kata sandi Anda, periksa akses pihak ketiga untuk memastikan hacker topi hitam (seseorang yang hacks untuk keuntungan pribadi atau sesuatu yang jahat) tidak memposting dari sumber lain. Masuk dengan informasi Instagram Anda dari aplikasi pihak ketiga memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal seperti menambahkan foto Instagram secara otomatis ke situs web Anda, tetapi tergantung pada aplikasi pihak ketiga, itu bisa menjadi tempat untuk kerentanan. Masuk ke akun Anda di komputer melalui peramban internet; di halaman profil Anda, ketuk ikon pengaturan (yang terlihat seperti roda gigi), lalu ketuk "aplikasi resmi." Di halaman berikutnya, klik "cabut akses" ke aplikasi apa pun yang tidak Anda kenali. Atau, cabut semua akses dan lakukan proses izin lagi untuk aplikasi yang benar-benar Anda gunakan.

JIKA AKUN ANDA TELAH DIRETAS, TAPI TIDAK BISA LOGIN


Menjadi korban seorang hacker yang lebih licik? Banyak peretas akan mengubah kata sandi Anda sehingga Anda kesulitan masuk ke akun Anda. Pada halaman login, ketuk "dapatkan bantuan masuk" untuk masuk ke halaman setel ulang kata sandi. Anda dapat menggunakan email asli atau nama pengguna di sini.

Prosesnya sedikit berbeda dengan perangkat yang Anda gunakan - di Android, Anda harus mengetuk ikon panah di kanan atas setelah memasukkan nama pengguna atau email Anda. Di iOS, tidak ada panah seperti itu dan Anda langsung ke langkah selanjutnya. Ketuk "Perlu Bantuan Lebih Lanjut" dan aplikasi akan memandu Anda melalui sisa proses untuk memulihkan akun Anda dengan menggunakan email atau nama pengguna untuk memulihkan akun.

APA YANG ANDA LAKUKAN JIKA HACKER MENGUBAH ALAMAT EMAIL ANDA?

instagram meretas apa yang harus dilakukan menu aplikasi resmi 3 Peretas paling jahat tidak hanya akan mengubah kata sandi Anda - mereka akan mengubah segalanya, termasuk nama pengguna dan alamat email yang terkait dengan akun Anda. Dan jika Anda tidak memiliki akses ke email yang tertaut ke akun Anda, Anda tidak dapat benar-benar mengikuti langkah-langkah di atas. (Yah, Anda bisa, tetapi Anda hanya akan mengirim email pengaturan ulang kata sandi ke alamat email apa pun yang ditempelkan peretas ke akun Anda).

Mendapatkan kembali akses ke akun yang diretas sepenuhnya bukanlah hal yang mustahil. Langkah pertama adalah melihat apakah Anda memiliki email di dalam akun email yang pada awalnya tertaut ke Instagram Anda. Saat Anda atau peretas mengirim permintaan perubahan email, Anda akan menerima email dari Instagram; di dalam email ini adalah tautan untuk mengeklik jika Anda tidak benar-benar meminta perubahan ke email Anda. Periksa surat sampah dan email yang baru-baru ini dihapus jika Anda tidak dapat menemukannya. (Lihat gambar di sebelah kanan sebagai contoh.)

Jika Anda memiliki email, tautan itu adalah cara termudah untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda. Beberapa pembaca, bagaimanapun, melaporkan peretasan yang juga memperoleh akses ke email dan menghapus pesan itu dari Instagram. Jadi apa yang terjadi jika Anda tidak memiliki email itu dan peretas mengubah semua informasi Anda?

Instagram memiliki dua opsi tambahan bersama dengan halaman bantuan masuk. Pertama, jika Anda menautkan akun Instagram Anda ke Facebook, Anda dapat menggunakan Facebook untuk mengubah email Instagram Anda. Jika Anda menautkan halaman Facebook Anda ke akun Instagram Anda, Anda dapat mengatur ulang kata sandi Anda dengan Facebook. Di Android, ketuk "dapatkan bantuan masuk" di laman masuk. Pilih "masuk dengan opsi Facebook" dan gunakan kredensial Facebook Anda untuk masuk ke akun Anda. Di iOS yang sudah masuk ke aplikasi Facebook, klik tautan dengan ikon Facebook yang mengatakan "lanjutkan sebagai" dengan nama pengguna Facebook Anda. Setelah masuk, Anda dapat masuk ke halaman pengaturan untuk menyesuaikan email dan kata sandi Anda.

Instagram juga akan mengirimi Anda tautan untuk kembali ke akun Anda, opsi untuk Android dan iOS yang hanya berfungsi untuk pengguna yang menambahkan nomor telepon ke akun. Pada halaman login, ketuk "dapatkan bantuan masuk" lalu ketuk opsi telepon dan ketik nomor telepon di akun Instagram Anda.

Cara Menjaga Instagram Anda Aman dari Peretasan

Mendapatkan kembali akses ke akun Anda bisa menjadi mimpi buruk, terutama ketika peretas mengubah data yang biasanya digunakan untuk memulihkan akun. Jadi, setelah Anda kembali ke akun Anda, atau sebelum Anda menjadi korban peretasan di tempat pertama, apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga agar Instagram Anda tetap aman?

Pertama, aktifkan autentikasi dua faktor. Meskipun tidak 100 persen gagal-bukti, fitur ini mudah diatur dan dapat menjadi penghalang besar untuk peretasan. Di halaman profil Instagram Anda, akses menu pengaturan (ikon yang tampak seperti roda gigi - di aplikasi, Anda dapat menemukannya setelah mengetuk ikon menu dengan tiga baris). Di dalam menu pengaturan, pilih otentikasi dua faktor di bawah opsi privasi dan keamanan. Aktifkan fitur untuk mendapatkan kode konfirmasi yang dikirimkan kepada Anda saat Anda mencoba masuk menggunakan perangkat baru. Anda harus menambahkan nomor telepon ke akun Anda jika Anda belum melakukannya, tetapi menambahkan nomor telepon juga merupakan cara lain untuk memulihkan akun yang diretas.

Peretas juga dapat dengan mudah mengakses Instagram Anda jika mereka mendapat akses ke akun email Anda - jadi pastikan baik Instagram dan email Anda memiliki kata sandi yang kuat (yang tidak sama). Ubah kata sandi Anda sering dan hanya mengotorisasi aplikasi pihak ketiga yang benar-benar Anda butuhkan dan percayai.

Baca juga:

Your Reactions: