Cara Optimasi SEO Offpage Mudah Dan Lengkap
Cara Optimasi SEO Offpage Mudah Dan Lengkap

Cara Optimasi SEO Offpage Mudah Dan Lengkap

Cara Optimasi SEO Offpage, yang cocok anda terapkan untuk meningkatkan kualitas blog maupun artikel itu sendiri

Cara Optimasi SEO Offpage
Sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel tentang Cara Optimasi SEO Onpage, nah agar seimbang, maka selanjutnya saya membuat artikel ini, yaitu Cara Optimasi SEO Offpage.

bagi yang belum mengenal SEO itu apa, maka kita akan mulai dari awal, SEO sendiri merupakan search engine optizimation, dan ini meupakan salah satu cara mesin pencari untuk menilai sebuah konten yang nantinya di tempatkan dalam hasil pencarian yang sesuai.

jadi SEO tersebut adalah cara kita mengoptimalkan blog agar bisa bersaing dan masuk di halaman satu mesin pencari, untuk kemudian meningkatkan pengunjung blog secara drastis.

SEO sendiri dibagi menjadi 2 yaitu SEO Onpage Dan SEO Offpage, dari kedua pembagian tersebut, masih terdapat pembagian - pembagian lagi, yaitu berkaitan dengan cara - cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasinya.

SEO Offpage merupakan cara yang dilakukan oleh pemilik blog untuk mengoptimasi blognya dari luar blog itu sendiri.

nah, cara - cara yang dapat anda lakukan untuk hal ini adalah sebagai berikut :


Cara Optimasi SEO Offpage


1. Share Ke Sosial Media
ada banyak sosial media yang dapat anda manfaatkan, tapi apakah semuanya berpotensi mendatangkan pengunjung?

jika kita bicara tentang berpotensi, maka setiap media sosial bisa mendatangkan pengunjung ke blog, yang menjadi masalahnya sekarang adalah banyak atau tidaknya.

setiap pemilik blog pastinya ingin meningkatkan traffic pengunjung blog mereka, tapi, beda orang beda pula nasibnya, ada yang hanya mengshare artikelnya ke satu media sosial sudah dapat mendatangkan banyak pengunjung, penyebabnya?

ada banyak faktor, salah satunya ilmu marketing, ini penting walaupun anda tidak menjual barang.

jika anda sedikit saja mengetahui tentang dasar ilmu marketing, maka blog anda akan dapat memiliki banyak pengikut dan mampu mendatangkan banyak pengunjung sekali share, seperti yang saya jelaskan tadi.

faktor lagi, dalam memilih media sosial :


Cara Optimasi SEO Offpage

dilihat dari gambar, pengguna media sosial terbanyak masih di kuasai oleh facebook, walau demikian tetapi belum tentu media yang lain tidak berpotensi mendatangkan pengunjung, tapi jika kita bicara masalah banyak tidaknya, maka media sosial dengan pengguna terbanyaklah yang sangat mungkin mendatangkan banyak pengunjung.

Sekedar tips, disini saya akan memberikan cara yang dapat anda terapkan untuk mengoptimalkan fungsi poin ini, tipsnya sebagai berikut :

saya ambil salah satu contoh media sosial facebook, dan untuk media sosial lainnya kurang lebih bisa menggunakan cara yang sama.

pertama siapkan akun khusus blog, bukan akun pribadi.


Mengapa akun khusus?
akun khusus ini berfungsi agar orang - orang yang berteman dengan akun blog anda tersebut menjadi lebih tertarget, sedangkan jika akun pribadi sudah pasti bisa mendatangkan pengunjung, sebab saat anda membagikan artikel, teman - teman dekat atau teman lainnya tentunya akan memiliki rasa penasaran terhadap apa yang anda bagikan, ini karena mereka memang sudah mengenal anda.

tapi kita berfikir meyeluruh, manfaatkan akun pribadi anda untuk promosi juga, dan akun khusus anda akan bermanfaat pada cangkupan yang lebih luas dan lebih bermina.

selanjutnya rutin bagikan artikel - artikel di akun khusus tadi, dan jangan lewatkan juga untuk membagikannya di komunitas - komunitas atau group yang ada di media sosial tersebut.

asalkan artikel anda sesuai dengan topik komunitas atau group itu sendiri, maka potensi meningkatkan pengunjung blog tentu bisa anda dapatkan.

misalkan artikel anda berjudul ''Cara Menghilangkan Jerawat'', maka komunitas atau group yang dapat anda cangkup adalah komunitas/group yang bertemakan kesehatan dan kecantikan.

dalam hal membagikan artikel ke komunitas dan group ini, yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana cara anda agar dapat dikenal terlebih dahulu oleh member lain, jadi dengan begitu perkembangan traffic blog anda akan lebih mudah.

kemudian setelah anda menerapkan kedua cara diatas, dan akun khusus anda sudah lumayan memiliki banyak penggemar, langkah selanjutnya adalah membuat fanspage atau group anda sendiri, dengan cara ini, maka hubungan anda sebagai pemilik blog dengan pengikut anda akan terjalin lebih baik, dengan adanya media yang mendasarinya.


2. Share Ke Forum
forum, media yang kurang dimanfaatkan oleh kebanyakan blogger, penyebabnya entah itu karena malas mencari tahu, ataupun tidak ingin di hujat oleh member lain, tapi ini tidak akan terjadi apabila anda memahami tentang peraturan dari situs forum itu sendiri, dimana terdapat forum yang bisa anda bagikan artikel, dan ada juga yang tidak.

maksudnya..

seperti contoh, forum kaskus ini bisa anda pasangi link aktif yang mengarah ke blog anda, dan tidak akan ada yang protes dengan ini, berbeda dengan forum Ads.id, dimana forum ini lebih mengarah pada profesional, link aktif memang bisa anda pasang, akan tetapi ini tidak disukai oleh member lain, jika anda memaksa melakukannya, maka hasilnya sudah pasti anda tau lah.

tips untuk membagikan artikel ke forum ini adalah dengan cara cari tahu peraturan forum itu dahulu, lalu lihat bagaimana member lain membuat treand, selanjutnya cobalah untuk sesekali berkomentar di treand milik member lain, gunanya agar mereka mengenal anda.

setelah semua persiapan itu diterapkan, langkah selanjutnya barulah mulai membuat treand yang memang berkualitas dan menarik, contohnya sama seperti membuat artikel, tapi jangan lupa juga menyisipkan link aktif di treand tersebut.

lakukan langkah - langkah tersebut secara rutin agar hasilnya menjadi maksimal.


3. Blogwalking
blogwalking merupakan cara lama yang masuk dalam kategori SEO Offpage dan masih bisa berpotensi tentunya, dimana caranya adalah dengan meninggalkan komentar yang berisi link aktif mengarah ke konten blog anda.

yang perlu anda pahami dengan melakukan cara ini adalah bahwa blogwalking bisa berdampak negatif maupun positif.

asalkan anda mengetahui cara blogwalking yang baik dan benar maka potensi negatif tersebut dapat anda atasi.

cara blogwalking yang baik adalah dengan cara berkomentar sesuai dengan topik yang sedang dibahas, dan jangan asal meninggal link aktif apabila komentar anda hanya sekedar, serta intinya jangan kebanyakan, karena mesin pencari kurang meyarankan mencari backlink dengan cara ini.

komentar yang sekedar tersbutlah yang akan membuat dampak negatif tersebut muncul.

menyisipkan link aktif bisa anda lakukan dengan menggunakan link author text, dengan begitu komentar anda akan lebih terlihat profesional.


4. Guest Blogging
ini merupakan cara dimana anda sebagai penulis blog menulis di blog milik orang lain, tapi buka hanya sekedar menulis.

anda tentu juga tidak ingin rugi, yang bisa anda dapatkan dengan cara ini adalah tentunya peningkatan traffic blog anda.
Dari mana peningkatan itu anda dapatkan?
pengunjung blog tersebut anda dapatkan dari blog yang anda ajak guest blogging tadi, penyebabnya adalah dalam melakukan guest tentunya akan menyisipkan sumber, sumber tersebut adalah url blog anda.

jadi pengunjung milik blog yang anda ajak guest akan berpotensi untuk mengunjungi blog anda, dan ini merupakan timbal balik, dimana blog lain mendapatkan jumlah artikelnya bertambah, dan blog anda mendapatkan pengunjung blog lain tersebut + backlink.

sebelum melakukan cara ini ada baiknya anda memastikan bahwa anda layak menulis di blog milik orang lain tersebut, memastikan disini yang saya maksud adalah misalnya dengan memastikan artikel yang anda buat layak diberi penilaian baik, kualitas blog yang bagus, ramah, serta sudah banyak artikel yang masuk halaman satu search engine.

dengan anda memastikan hal - hal diatas, maka itu akan berguna agar menurunkan angka penolakan yang dilakukan blog lain tersebut saat anda ajak guest blogging.


5. Backlink
bagaimanapun backlink merupakan elemen yang tidak pernah lepas dari yang namanya SEO, ditambah lagi bahwa backlink ini dapat meningkatkan SEO blog.

saat ini yang kita bicarakan adalah optimasi SEO Offpage, jadi backlink ini merupakan link yang ditanamkan dalam konten di blog lain dan mengarah ke konten blog anda.

dengan adanya backlink yang diberikan blog lain ke blog anda, maka peluang blog anda untuk bersaing di peringkat atas mesin pencari akan lebih besar.

cara untuk mendapatkan backlink ini sendiri adalah dengan membuat konten yang berkualitas, serta harus memiliki daya jual, dimana konten tersebut dapat mendatangkan backlink.

dan jangan lupa juga untuk membagikan konten anda ke blogger lain, fungsinya adalah untuk membuat mereka mengetahui dan tidak ragu untuk memberikan backlink mereka.

share ke blogger lain ini bisa anda lakukan dengan menggunakan media sosial, forum atau komunitas.

tentunya dengan menerapkan cara..

pahami peraturannya > buat member lain mengenal anda > barulah mulai membagikan.


penutup, itulah beberapa cara mudah yang dapat anda terapkan dalam hal mengoptimasi SEO Offpage ini, asalkan dengan cara yang tepat maka optimasi ini akan sangat berpotensi untuk meningkatkan traffic, dan jika sudah meningkat, saya harap anda melakukannya secara rutin, sebab traffic yang datang dari contohnya media sosial atau forum tersebut agak sedikit kurang stabil.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ada Aaaa Naksir Sama Dededede, Trus Dededede Laporan Sama Kakakaka, Aaaa Panik Liatin Video Lucu, Kakakaka Ketawa, Tiba - Tiba Muncul Cececece, Wewewewe, Aaaa Yeyeyeye. Makin Handsome Pakai Exit Gegegege