Apa Itu Backlink Berkualitas?, Serta Bagaimana Cara Mendapatkannya? - Tanya Admin
Apa Itu Backlink Berkualitas?, Serta Bagaimana Cara Mendapatkannya? - Tanya Admin

Apa Itu Backlink Berkualitas?, Serta Bagaimana Cara Mendapatkannya? - Tanya Admin

apa itu backlink?
backlink adalah salah satu faktor yang menentukan peringkat suatu konten di search engine(mesin pencari), atau backlink juga biasa dikenal dengan link dari blog lain yang mengarah ke artikel blog anda(misalnya).
mengapa backlink ini berpengaruh pada peringkat konten?
mudah saja, kita pakai cara berfikir robot mesin pencari, misalnya ada sebuah blog yang merekomendasikan blog blogger lain untuk refrensi selanjutnya, maka dalam penilaian daripada robot mesin pencari tadi menilai bahwa konten yang dijadikan refrensi tadi merupakan konten yang bagus, jadi tidak menutup kemungkinan untuk dapat diberikan peringkat baik di search engine, sebab seperti yang saya tahu, mungkin anda juga, dimana robot mesin pencari akan memberikan hasil pencarian yang terbaik dari semua yang baik untuk di berikan kepada pengunjung.

jadi sebuah konten yang sudah di rekomendasikan oleh blog lain akan mendapatkan nilai plus di mata robot search engine.
lalu bagaimanakah backlink yang berkualitas?
banyak perdebatan tentang backlink yang berkualitas ini, mungkin tidak akan relevan sebenarnya apabila saya menyebutkan bahwa penjelasan yang saya jabarkan akan sangat tepat mengarah ke jenis backlink berkualitas yang dimaksud, oleh karena itu sebelum jauh melangkah, maka saya akan menjelaskan sedikit tentang karakteristiknya saja, untuk nantinya bisa nada beri penilaian sendiri akan bagaimana jenis backlink yang memang berkualitas.

karakter tersebut adalah sebagai berikut :


1. Backlink Yang Relevan
pertama adalah baclink yang diberikan oleh blog lain dengan memiliki topik yang sama dengan blog anda.

contohnya :

konten anda berjudul Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

maka tentunya judul tersebut akan berkaitan dengan blog yang bertemakan blogging, jadi itulah yang disebut backlink yang relevan dengan topik itu sendiri.

pentingnya mendapatkan backlink yang relevan seperti ini, akan berpengaruh pada kualitas daripada backlink itu sendiri, dimana ini akan memiliki kuaitas lebih karena memang nyambung satu dengan lainnya.

tapi tidak menutup kemungkinan juga, bila konten yang anda buat juga bisa mendatangkan backlink dari blog yang tidak seperti contoh diatas.

contoh lagi, misalnya topik konten anda tentang meningktkan traffic tadi, tapi backlink yang anda dapatkan berasal dari situs bisnis.
Nyambung?
nyambung, itu bisa saja, sekarang tergantung dari konten anda sendiri, seperti contoh diatas, dengan traffic blog meningkat, maka dengan begitu tentu ada kaitannya dengan meningkatnya penjualan juga
Apakah mungkin?
mungkin, TENTU

kuncinya adalah membuat konten yang berkualitas, dengan begitu cangkupan backlink yang dapat diterima akan bisa lebih luas.

konten berkualitas yang saya maksud disini adalah, dimana dalam konten tersebut memiliki jumlah kata yang banyak, seperti 1500 kata, jika bisa lebih akan lebih baik, tentunya jangan sampai keluar dari jalur topik.


mengenal backlink berkualaitas, serta cara untuk mendapatkannya

serta ditambah pembahasan yang dapat berkaitan dengan konten - konten lain

dan juga tingkat relevan ini berpengaruh apabila, link author text yang terdapat pada konten pemberi backlink terkait dengan judul konten yang diberikan backlink itu sendiri.

contohnya..

misalnya pada konten pemberi backlink terdapat kata meningkatkan traffic blog , nah selanjutnya jika konten anda adalah tentang cara meningkatkan traffic pengunjung blog, dan selanjutnya pada blog pemberi backlink menyisipkan kata yang relevan dengan judul konten yang akan diberi backlink, maka hal ini yang akan berpengaruh juga.

mudahnya seperti membuat internal link di blog, tapi ini dalam skala yang lebih luas, dengan melibatkan blog lain .


2. Otoritas Domain(DA)
otoritas domain sendiri bisa anda cek melalui tools gratis milik Moz 

caranya tinggal masukan kata kunci > selanjutnya akan terlihat kekuatan DA yang dimiliki oleh blog yang memiliki konten dengan kata kunci yang anda ketik tadi.

mengenal backlink berkualaitas, serta cara untuk mendapatkannya

jika anda bisa mendapatkan backlink dari blog yang memiliki tingkat DA tinggi, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh pada perangkingan konten anda di mesin pencari.

tapi itu jika anda bisa, jika tidak juga tidak masalah.

tapi jika anda memang berniat untuk itu, maka pastikan dulu kualitas setiap konten di blog anda sudah sangat baik, hal ini yang akan menentukan situs besar yang memiliki angka DA tinggi, tidak ragu untuk memberi backlinknya.

dalam hal ini pula, jangan ragu untuk meminta, maksudnya adalah dimana anda yang menghubungi mereka terlebih dahulu.

misalnya dalam konten mereka terdapat kata yang relevan dengan konten anda, maka hal tersebutlah yang harus anda manfaatkan.

caranya, hubungi mereka > beritahu tentang konten anda > terakhir meminta untuk memberika backlink ke konten anda tersebut dengan kata yang relevan tadi.

itu untuk yang sudah memiliki angka DA tinggi, nah selanjutnya untuk yang rendah juga jangan anda anggap remeh, disinikan intinya mendapatkan backlink, jadi tidak ada salahnya memanfaatkan cara diatas untuk digunakan di blog yang masih memiliki DA rendah, sebab biasanya blog yang masih sedang berkembang tersebut akan lebih mudah kita ajak kerja sama.


3. Kualitas Konten Pemberi Backlink
untuk yang satu ini pastinya anda memiliki pemikiran yang sama dengan saya, sudah jelas apabila backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari konten yang memiliki kualitas bagus pula.

contoh.., dimana konten pemberi (A) dan konten yang diberi (B)

konten A memiliki konten yang kurang baik, jadi blog A tadi merekomendasikan konten milik blog B yang terbilang memiliki konten yang lebih baik.

manfaat yang diterima oleh blog B tadi memang ada, tetapi akan lebih bernilai apabila konten dari kedua pihak yang terlibat tersebut memiliki rata - rata konten berkualitas tinggi.

itulah sedikit karakter daripada backlink yang baik menurut saya, dan untuk selanjutnya adalah cara mendapatkannya.


Cara Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas


1. Buat Konten Yang Memang Berkualitas
yang pertama dan sudah tentu adalah konten itu sendiri, dimana sebuah konten yang bagus akan banyak mendatangkan backlink, sebab karena memang materinya yang lengkap serta cocok untuk dijadikan refrensi.

misalnya, coba sakarang kita bandingkan, contoh konten A dengan 2000 kata, dan konten B 700 kata

dari kedua konten tersebut, manakah yang terbaik?, jika kita bicara dari jumlah pembahasannya tentu konten A adalah yang lebih baik.

dilihat dari jumlah kata tersebut, bisa dibayangkan bahwa materi yang dibahaspun akan lebih banyak dan lengkap.


2. Buat Konten Yang Memiliki Daya Jual
konten yang memiliki daya jual disini adalah dimana konten yang anda buat dapat menarik perhatian pengunjung atau yang utama adalah menarik perhatian blogger lain agar nantinya bisa mereka jadikan refrensi.

serta konten dengan daya jual ini juga mengarah ke strategi konten marketing, yang seperti saya tahu dan mungkin juga dari anda, bahwa konten marketing tersebut akan sangat memberi banyak manfaat.

walaupun tidak menjual sesuatu(barang) yang dijelaskan dalam konten tersebut(prinsip konten marketing), tapi bukan berarti kita tidak mendapatkan apa - apa, ingat tujuan utamanya adalah backlink, jadi tetaplah fokus pada hal tersebut.

jadi strategi dengan konten marketing disini adalah untuk mendapatkan backlink itu sendiri, artinya penjelasan yang terdapat dalam konten anda, haruslah mendalam dan dapat meyakinkan pengunjung.


3. Mendapatkan Backlink Dari Media Sosial
share yang sering anda lakukan ke media sosial bukan hanya sekedar berbagi, tapi ini juga dapat disebut backlink.

dimana anda meninggalkan URL konten di situs media sosial, dan itu merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan link yang mengarah dari situs lainke blog anda.

intinya jagan berlebihan, sebab ini akan bisa berdapak buruk, dimana blog anda akan dianggap spam oleh situs media sosial tersebut, parahnya lagi apabila blog anda dianggap spam oleh mesin pencari itu sendiri, contohnya dianggap spam oleh google.

serta ada pula cara yang mudah seperti mendapkan backlink dari situs media sosial diatas, yaitu melalui situs sosial bookmark, tapi karena masih banyak erdebatan tentang situs sosial bookmark yang berpengaruh pada backlink yang baik, maka untuk itu anda bisa mendapatkan jawaban dan menilai sendiri dengan mencari pembahasan tentang hal tersebut, bisa melalui google ataupun forum.


4. Tukaran Link
percaya atau tidak, cara mendapatkan backlink seperti ini masih berguna, tapi tetap mempertimbangkan pula kualitas dari blog lain yang anda ajak tukaran link, sebab blog yang buruk tidak cocok untuk anda ajak tukaran link, dalam hal ini adalah sama - sama mengembangkan blog itu sendiri.

jadi intinya tukaran link ini akan berdampak pada kedua blog tersebut, jika bagus > bagus milik berdua, jika buruk > burukpun milik berdua.


5. Situs Berbagi Dokumen
jika anda memiliki konten dengan jumlah kata yang banyak, serta diisi dengan pembahasan materi secara menyeluruh, maka untuk itu tidak ada salahnya anda mencoba menjadikan konten tersebut dalam bentuk file. pdf atau ebook untuk nantinya di bagikan ke situs berbagi dokumen.


6. Guest Blogging
biasa dikenal dengan bertamu ke blog orang lain, dimana bukan hanya sekedar bertamu, jadikan kunjungan anda tersebut menghasilkan, agar tidak rugi.

caranya adalah dengan menanyakan pemilik blog lain, bahwa anda ingin melakukan guest blogging di blog mereka.

jika bisa, maka upayakan untuk melakukan guest di blog yang memang sudah terbukti memiliki traffic tinggi, serta tingkat DAnya pun tunggi.

tapi jika tidak bisa juga tidak masalah, sebab anda bisa mencari jalan keluar dengan cara mengajak blog yang berpotensi maju untuk diajak guest, sebab karena biasanya blog yang berpotensi maju tersebut(yang sedang berkembang) akan lebih mudah untuk diajak kerja sama.

inti dari cara ini adalah, dimana konten yang anda buat di blog milik orang lain tersebut, tentunya diisi dengan eksternal link, ataupun sumber yang mengarah ke blog yang anda kelola.


7. Blogwalking
ini merupakan cara dengan mengunjungi blog orang lain, lalu anda meninggalkan komentar yang berisi link aktif yang mengarah ke konten milik anda.

tidak semua blog memberikan pengunjungnya untuk melakukan hal ini, sebab akan bisa berdampak buruk pada blog yang ditinggali komentar itu sendiri.

untuk itu penting anda memberikan komentar yang sesuai dengan pembahasan, serta jangan hanya sekedar, misalnya hanya komentar berisi link saja.

komentar yang bagus bisa anda lakukan dengan cara berkomentar dengan berisi pertanyaan atau pernyataan yang bermanfaat bagi anda, pemilik blog, serta pengunjung lain.


penutup, sekarang saya harap anda sudah mengerti tentang apa itu sebenarnya backlink, serta untuk cara mendapatkannya yang baik dan benar.

jika anda sudah pernah melakukan cara - cara diatas, maka akan sagat saya hargai apabila anda mau untuk memberi tanggapan tentang cara - cara yang memang masih berpotensi untuk mendapatkan backlink itu sendiri.

tapi jika anda merasa sudah cukup, maka jangan lupa untuk bagikan artikel ini, salam blogger.

Baca juga:

Your Reactions: