5 Platform Blog Gratis Selain Blogger Dan Wordpress
5 Platform Blog Gratis Selain Blogger Dan Wordpress

5 Platform Blog Gratis Selain Blogger Dan Wordpress

banyak terdapat platform blogging yang ada di internet, tapi yang paling populer dan sudah banyak digunakan oleh sebagian besar blogger adalah paltform blogger dan wordpress.

untuk itu sebagai refrensi anda dalam memilih platform yang akan dijadikan tempat bernaung dalam proses blogging, maka saat ini saya akan memberikan renfrensi platform lain yang tidak kalah dari blogger dan wordpress, serta yang paling penting adalah gratis tentunya.

bukan hanya satu, tapi terdapat 5 platform yang bagus dan cocok untuk anda, jika anda adalah pemula, sebab karena memang tampilannya yang simple dan mudah untuk digunakan.

tentang platform yang gratis, maka pemikiran kebanyakan dari para blogger tidak akan jauh - jauh dari blogger.com, sebab karena memang yang satu ini adalah yang paling familiar di mata blogger pemula maupun yang sudah lama bergelut dibidang ini.

tapi jika ditanya, taukah anda tentang..
  1. Tumblr
  2. Medium
  3. Weebly
  4. Pen.io
  5. Ghost
pasti ada saja blogger yang tidak mengetahuinya, termasuk juga saya dulunya..


5 Platform Gratis Selain Blogger Dan Wordpress


1. Tumblr
yang pertama ada tumblr, dimana paltform yang satu ini sangatlah terlihat sejuk dimata, sebab platform ini memiliki keselarasan antara wordpress dengan twitter.

atau saya bisa katakan ini adalah gabungan dari keduanya
Apa hubungannya platform blog dengan media sosial?
mungkin pertanyaan itu yang ada di benak anda setelah saya menyatakan seperti diatas, tapi ini merupakan kenyataan menurut saya.

jika anda tidak percaya, maka anda bisa melihatnya untuk itu.

tapi percaya atau tidak, tapi tumblr memang layak untuk anda coba.

kunjungi Tumblr


2. Medium
kedua adalah medium, platform yang digunakan juga oleh Barack Obama ini merupakan platform dengan tampilan yang sangat profesional, dimana tampilan yang terdapat di medium sangat apik dan indah.

tidak seperti platform lain, medium sendiri memiliki beberapa keunggulan, yaitu anda dapat menjadi bagian dari daftar penulis, dan apabila anda cukup baik dibidang tersebut, maka keuntungannya dalah anda akan menjadi penulis yang tampil di halaman niche anda masing - masing.

untuk itu, jika anda mencari platform yang bagus dan rapi, maka medium tidak boleh sampai terlewat untuk dijadikan alternatif.

agar akun medium anda lebih mantap, maka silahkan untuk membaca panduan medium .

kunjungi Medium


3. Weebly
ketiga terdapat weebly, yang satu ini sangatlah cocok untuk anda dalam membuat sebuah website bisnis, dimana weebly menyediakan website yang langsung bisa mendapatkan blog.

artinya kita bisa mendapatkan 2 hanya dengan membuat satu akun, keren ya weebly.

mungkin ada beberapa dari anda yang berfikiran aneh tentang website yang memiliki blog, tapi itu wajar, itu normal, sebab saya juga begitu.

tapi setelah mempelajari lebih jauh, ternyata fungsi blog sebuah website itu sendiri sangatlah penting, dimana blog bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk berinteraksi antara pemilik situs dengan pembacanya.

weebly memungkinkan anda untuk membangun sebuah website yang bagus tanpa harus pusing - pusing memikirkan masalah tampilan, sebab karena memang weebly platform gratis yang memiliki desain profesional.

kunjungi Weebly


4. Pen.io
keempat adalah pen.io, pernahkah anda bayangkan menulis online tanpa blog?, juga tanpa website,
lalu apa yang digunakan?
ini merupakan keunikan dari pen.io, dimana anda bisa menulis tanpa memiliki sebuah media seperti blog ataupun website.

maksudnya dengan hanya mendaftar pen.io, maka anda akan mendapatkan URL khusus hanya satu konten saja, jadi platform ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjual produk, dan melakukan pemsaran melalui cara share untuk mendapatkan pembeli.

ini adalah salah satu cara agar anda bisa bebas menulis tanpa ada batasan.

kunjungi Pen.io

5. Ghost
ghost akan menjadikan segalanya lebih baik, dalam hal ini akan menjadi pesaing berat bagi wordpress dan blogger.

pernyataan tersebut mungkin saja terjadi, sebab platform yang masih terbilang baru dibanding kedua platform besar diatas, walaupun masih baru, tapi peminatnya sudahlah cukup banyak, dan kemungkinan juga nantinya bisa menjadi pesaing serius untuk platform yang lebih duluan lahir.

kunjungi Ghost


sebenarnya masih banyak platform lain yang ada di internet, tapi dilihat dari potensinya, kelima platform ini sudah terbilang baik, unik, serta cocok untuk direkomendasikan.

sekarang tergantuang dari anda sendiri, jika memang anda sudah mengerti tentang bahasa programing, maka dengan menggunakan platform apapun akan mudah.

dan untuk yang kurang mengerti, juga jangan kawatir, sebab semua platform pasti akan memberikan kemudahan kepada pengguna mereka.

jadi walaupun banyak yang mengatakan bahwa dengan misalnya platform A lebih mudah, jangan dulu percaya, sebab seperti yang saya jelaskan tadi, semua platform mudah untuk digunakan, sekarang adalah masalah kenal atau tidaknya.

jika blogger dan wordpress, pastinya sudah sangat familiar, sebab karena memang banyak yang membicarakannya di internet, entah media sosial, forum, ataupun komunitas - komunitas lain.

nah anggap saja sekarang semua platform itu sama, baik atau buruknya akan terlihat bila anda sudah mencobanya nanti, jadi saya tidak menyimpulkannya, tapi akan membiarkan anda mencobanya sendiri.

terakhir apabila berkenaan silahkan berikan tanggapan anda tentang, percobaan yang sudah anda lakukan.

Baca juga:

Your Reactions:

close