4 Cara Agar Traffic Pengunjung Blog Meningkat Secara Drastis
4 Cara Agar Traffic Pengunjung Blog Meningkat Secara Drastis

4 Cara Agar Traffic Pengunjung Blog Meningkat Secara Drastis

cara mudah agar traffic pengunjung blog meningkat secara drastis dan cocok dilakukan untuk jangka panjang agar pengunjung blog tetap stabil

pengunjung blog yang meningkat secara drastis disini maksudnya adalah, dimana statistik traffic blog anda yang mengalami peningkatan secara signifikan.

contohnya..

Cara Agar Traffic Pengunjung Blog Meningkat Secara Drastis

dilihat dari gambar, dimana pada hari - hari tertentu statistik pengunjung blog meningkat secara drastis, nah hal itulah yang akan saya jelaskan dalam artikel kali ini.
Apakah peningkatan tersebut wajar?
sebenarnya hal tersebut masih wajar - wajar saja, sebab terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya

termasuk yang utama adalah share atau berbagi, karena memang hanya dengan share artikel anda ke media - media yang ramai, maka peningkatan traffic yang drastis seperti diatas bukanlah hal yang mustahil.

tentunya ingat jagan berlebihan, sebab bisa menimbulkan spam nantinya, dan parahnya, hal tersebut akan memperburuk citra blog anda dimata search engine/mesin pencari, serta blogger lainnya.

lalu bagimana cara agar traffic pengunjung blog bisa meningkat seperti itu?, mungkin pertanyaan itu yang menjadi inti daripada permasalahan yang saya muat dalam artikel ini.

jika demikian, maka selanjutnya saya akan berikan beberapa caranya, dengan tentunya yang utama adalah share tadi, tapi sekarang dengan lebih terarah.


Share Ke Media Sosial
yang pertama dan paling sering dilakukan oleh kebanyakan blogger adalah tentunya membagikan konten mereka ke media sosial, contohnya seperti facebook, dimana hal ini akan sangat berpotensi untuk mendatangkan traffic.

walaupun berpotensi, tapi tentunya dengan dukungan beberapa faktor.

misalnya teman akun anda, jika teman yang anda miliki hanya sedikit, maka hal yang berpotensi tadi tentunya akan tidak terlalu berpengaruh, selanjutnya badingkan apabila anda memiliki banyak teman, sampai disini, mungkin beberapa dari anda akan berfikir dengan memiliki banyak teman, dimana artikel yang andashare akan banyak mendapat kunjungan..

tapi tunggu dulu.. itu belum tentu.

ada faktor lain lagi yang mempengaruhi seperti artikel anda yang kurang menarik, tidak dibutuhkan, teman anda yang tidak antusias.

contoh lagi, misalnya blog anda sudah memiliki fanspage, dimana berharap artikel yang dibagikan melalui fanspage, memang akan lebih terarah, tapi ada faktor yang mempengaruhi juga berpotensi memberi peningkatan traffic, seperti fanspage anda memiliki sedikit pengikut, membeli pengikut, kurangnya interaksi, dan lain - lain.

kunci agar share artikel anda ke media sosial berhasil adalah dengan memastikan terlebih dahulu persiapan dari blog itu sendiri.

pertama siapkan dulu teman akun anda, serta sering - sering lakukan interaksi agar mereka penasaran dan membuat mereka mengenal anda.

mudahnya mereka mengenal anda > mereka mengetahui blog anda.

ataupun yang melalui fanspage, pertama lakukan dengan cara memasang widget fanspage di blog itu sendiri, ini berguna agar pengikut blog anda lebih tertarget, sebab karena memang mereka yang memilih sendiri untuk mengikuti blog anda.

lalu untuk nantinya maksimalkan dengan melakukan interaksi di fanspage, serta bagikan konten - konten yang memang berkualitas, menarik, serta memang dibutuhkan oleh pengikut fanspage anda.

selanjutnya untuk lebih mengoptimalkan metode share ini, maka selanjutnya saya akan memberikan cara lainnya yang bisa anda terapkan untuk lebih mengoptimalkannya, yaitu:


Share Juga Ke Komunitas Atau Group Yang Ada Di Media Sosial
untuk lebih menambah persentase peningkatan pengunjung secara dastis seperti diatas, maka cara yang tidak boleh dilupakan adalah dengan mambagikan juga konten anda ke berbagai komunitas atau group yang ada di media sosial.

caranya..

pertama cari komunitas/group yang emang cocok dengan topik anda.

misalnya judul artikel anda adalah.

Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat.

maka komunitas/group yang bisa anda cangkup adalah tentang kesehatan, wanita, kecantikan, Dll, intinya yang ada kaittannya dengan topik itu sendiri.

lalu untuk cara membagikannya juga tidak boleh asal, dimana gunakan cara yang wajar saja, maksudnya jangan sampai membuat buruk citra anda di mata member lain.

lakukan dengan cara pengenalan terlebih dahulu, misalkan dengan cara membuat status di komunitas/group sasaran, status yang berisi data diri anda yang dapat menjadikan anda dikenal oleh member lain.

data diri maksudnya disini adalah seperti nama, asal, serta ucapan meminta tolong bimbingan ataupun lainnya.

jangan berlebihan, agar tidak dianggap aneh nantinya.

cara lainnya agar dikenal oleh member lain adalah dengan membalas setiap pertanyaan yang ada di komunitas/group tersebut, pertanyaan atau status - status apa saja yang bisa anda jawab secara benar dan tidak asal - asalan.

setelah anda mulai dikenal oleh member lain, maka langkah selanjutnya adalah mulai membagikan konten - konten blog anda di komunitas/group tersebut, asalkan tidak berlebihan, maka dengan begitu akan berdampak positif bagi blog anda.

banyak media sosial yang bisa anda manfaatkan dalam hal ini, dan rata - rata memiliki cara yang sama, walaupun saat ini media sosial yang paling berpengaruh adalah facebook.

Cara Agar Traffic Pengunjung Blog Meningkat Secara Drastis

tapi tidak menutup kemungkinan media sosial lainnya juga berpotensi, misalnya seperti twitter dan juga google+.

untuk di twitter, intinya anda harus mendapatkan banyak followers terlebih dahulu > selanjutnya barulah mulai membagikan artikel - artikel yang memang berguna bagi pengikut anda.

dan untuk googleplus, karena ini merupakan milik google, dimana media sosial yang satu ini adalah anak dari perusahaan besar google, maka sama seperti ibu dengan anak, si ibu pasti lebih mementingkan anaknya dibandingkan dengan anak orang lain.

jadi artikel yang sering anda bagikan ke google+ akan lebih disayang google sendiri.


Share Ke Forum

Cara Agar Traffic Pengunjung Blog Meningkat Secara Drastis

sebuah forum merupakan tempat berdiskusi, dimana setiap member yang sudah menjadi anggota forum bisa melakukan diskusi tentang apapun yang menjadi pertanyaan, pertentangan, atau lainnya.

forum sendiri sebenarnya sangat bisa berpotensi meningkatkan pengunjung blog secara drastis, sebab karena memang pada dasarnya ini adalah tempat berdiskusi, jadi apapun yang mengundang diskusi pasti akan ramai atau akan banyak yang terlibat untuk membahasnya.

tapi dalam hal ini kebanyakan blogger tidak mau memanfaatkan media yang satu ini, penyebabnya ada yang karena tidak mengetahui bahwa forum bisa berpotensi.

cara share ke forum ini pun sama dengan pada poin share ke komunitas/group diatas, perkenalan > cari teman > bagikan.

agar member lain mengunjungi blog anda, maka jangan lupa untuk mencantumkan sumber di akhir treand yang anda buat, dengan begitu maka potensi member forum tersebut mengunjungi blog anda sangat terbuka lebar.

sumber di akhir treand tesebut bisa anda cantumkan link aktif yang langsung mengarah ke blog yang anda kelola.

jika anda ingin lebih greget, maka bisa anda lakukan dengan cara membuat treand yang berisi dengan pernyataan yang kontrofersial, atau treand yang menimbulkan perdebatan, dengan begitu sudah pasti treand anda akan ramai.

tapi jika salah sedikit saja, akibat yang ditimbulkan bisa sangat parah, contohnya anda bisa dihujat oleh member lain.


Lakukan Guest Blog
guest blogging merupakan salah satu cara meningkatkan traffic pengunjung blog dengan menulis di blog milik blogger lain.

asalkan kualitas daripada blog yang anda ajak guest blog memang baik, maka untuk mendapatkan peningkatan pengunjung blog secara drastis tidaklah mustahil.

misalkan anda melakukan guest blog dengan blog yang memang sudah terbukti memiliki traffic tinggi.

untuk melihatnya bisa anda ketahui dari banyaknya interaksi yang terjadi di blog tersebut, contohnya seperti dari banyak komentar.

cara mencari blog untuk diajak guest memang agak susah, apalagi bila blog tersebut adalah blog yang bertraffic tinggi.

biasanya mereka akan melihat terlebih dahulu kualitas daripada blog yang akan mengajukan guest blog.

sekedar tips, ada baiknya anda mengoptimalkan kualitas daripada blog yang anda kelola terlebih dahulu, sebab agar tidak dianggap buruk dan mendapat penolakan dari blogger lain yang ingin anda ajak guest blog.

mengoptimalkannya seperti membuat konten berkualitas, pastikan optimasi SEO onpage dan offpage blog anda baik, serta buat banyak artikel yang bisa menembus halaman satu search engine.

setelah semua itu terpenuhi, maka barulah selanjutnya blog anda bisa di nilai baik oleh blogger lain.

peningkatan yang terjadi apabila anda melakukan cara ini adalah terbilang cukup drastis, tentunya ada faktor jika ada yang mempengaruhi peningkatan drastis tersebut, contohnya seperti blog yang anda ajak guest blog memang memiliki traffic tinggi, entah di media sosial, pencarian, ataupun melalui email.

kuncinya adalah bangun eksternal link yang mengarah ke konten milik anda, serta jangan lupa untuk mengisi sumber di konten yang anda buat pada blog lain.

penutup, semua cara yang saya jelaskan diatas akan sangat berpengaruh apabila anda mengoptimalkan blog yang anda kelola terlebih dahulu.

misalnya seperti fanspage tadi, dimana banyak pengunjung yang akan mengikuti blog anda, apabila blog itu sendiri memang layak untuk diikuti, contohnya blog tersebut memang memiliki daya tarik, unik beda dengan blog lain yang membuat blog itu memiliki kualitasnya tersendiri.

dan juga seperti pada cara guest blogging, dimana perlunya blog yang memang sudah memiliki kualitas sebelum mulai melakukan guest, agar nantinya tidak mendapat penolakan dan memperburuk citra.

Baca juga:

Your Reactions: