Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog
Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog

Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog

Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog


mencari penghasilan dari blog memang tidak mudah, dalam anda mengelola sebuah blog, tentunya mengoptimalkan blog anda adalah hal yang wajib.

mengoptimalkan blog yang saya maksud adalah hal - hal yang anda lakukan untuk meningkatkan potensi blog yang anda kelola agar dapat menghasilkan.

banyak yang bisa anda lakukan pada blog agar bisa menghasilkan, seperti mengikuti program afiliasi, PPC(pay per click), CPM(cost per million), dan masih banyak lagi.

baca juga : Cara Menjadi Seorang Affiliate Yang Sukses

setelah anda yakin untuk memutuskan mencari penghasilan dari blog maka, hal - hal inilah yang perlu anda perhatikan sebagai patokan untuk memastikan anda serius dalam mengelola blog itu sendiri.

tetapi jika anda masih merasa ragu untuk itu, maka sebaiknya anda baca terlebih dahulu Panduan sebelum anda memutuskan mencari penghasilan dari blog .

hal - hal yang perlu anda perhatikan di awal mengelola sebuah blog adalah :

  1. Memilih Platform Yang Tepat
  2. Pastikan Anda Menggunakan Domain Berbayar
  3. Pilihlah Template Yang Ringan, Fast Loading, Responsive, Dan Seo Friendly 
  4. Beralihlah Dari http Menjadi https

Memilih Platform Yang Tepat
dalam memilih sebuah platform sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu tentang kekurangan dan kelebihan dari platform itu sendiri.

terdapat banyak jinis platform yang bisa anda gunakan dalam pembuatan sebuah blog, tetapi dari banyak jenis tersebut, hanya 3 yang saya rekomendasikan yaitu :

1. Blogger.com
2. Wordpress.com
3. Wordpress.org

yang pertama adalah blogger.com, dengan tampilan yang simple dan mudah pula untuk digunakan, menjadi platform yang satu ini sangat cocok digunakan oleh blogger pemula yang baru terjun ke dunia blogging.

kekurangan platform ini adalah kita tidak bisa mengelola blog secara maksimal, sebab dengan anda memilih menggunakan platform blogger.com, maka anda telah setuju untuk mematuhi setiap peraturan dari pihak blogger.com atau dari pihak google.

akibat jika anda menyalahi peraturan google adalah blog yang sedang anda kelola akan di banned permanen oleh google. tetapi itu tidak akan menjadi masalah jika dalam pengelolaan blog, anda melakukannya secara benar dan sesuai dengan peraturan.

saya sendiri dalam blog ini menggunakan platform blogger.com, sebab seperti yang saya jelaskan diatas bahwa bagi seorang newbi atau orang yang baru terjun dalam dunia blogging, menggunakan platform ini sangat baik untuk anda gunakan sebagai sarana belajar awal dunia blogging.

kedua ada wordpress.com, hampir sama dengan blogger.com, bedanya pada tampilan wordpress bisa dikatakan lebih profesional.

kekurangan dari wordpress.com adalah platform ini tidak bisa dipasangi iklan dari pihak google, yaitu adsense, serta wordpress.com sangat sulit bersaing di halaman satu pencarian google.

ketiga terakhir ada wordpress.org, jika anda memang benar - benar serius dalam mengelola sebuah situs, maka platform yang satu ini adalah yang terbaik.

dengan anda memilih wordpress.org, berarti anda akan diberikan kekuasaan penuh dalam pengelolaan sebuah situs, entah itu mulai dari membeli hosting, domain, memvariasikan tampilan dengan bebas, dan lain - lain.

kekurangannya adalah sistem keamanan dari wordpress.org ini terbilang kurang ketat, sebab banyak kasus para blogger yang menggunakan platform ini menyatakan bahwa situs yang mereka kelola di hack, terkena pencurian data, dan lain - lain.

jadi jika anda menggunakan platform yang satu ini, ada baiknya anda juga memakai aplikasi tambahan untuk membantu situs. dalam dunia wordpress biasa disebut plugin.

plugin yang dapat anda gunakan untuk menjaga keamanan situs anda adalah plugin Ithemes Security, Wordfence Security, dan lain - lain.


dengan anda memilih platform yang tepat, maka akan menjadikan blog tersebut dapat teroptimasi dengan maksimal, intinya gunakanlah platform yang cocok untuk anda, agar nantinya tidak menyesal karena harus mengulang dari awal karena ingin beralih ke platform lain.


Pastikan Anda Menggunakan Domain Berbayar
mengapa saya menyarankan menggunkan domain berbayar?
domain berbayar sangat penting anda gunakan, selain untuk lebih terlihat profesional dan serius dalam mengelola sebuah blog, domain berbayar juga akan memberikan nilai positif di mata google. pilihlah domain yang biasa digunakan blogger lain seperti com, id, net, co.id.  tetapi saya lebih menyarankan com, karena lebih global.

dalam memilih domain sebaiknya jangan berdasarkan pada keren, atau agar beda dengan yang lain. itu semua tidak akan membuat blog anda bagus, malah bisa lebih terlihat aneh.

tips dari saya adalah gantilah domain baru anda setelah membuat sebuah blog atau website menjadi domain berbayar. sebab jika tidak maka anda harus menggantinya nanti pada saat blog sudah mempunyai traffic. ini tentu akan berdampak pula pada traffic yang akan merosot drastis, karena google akan melacak ulang situs anda.

seperti yang kita ketahui bahwa mengganti domain tersebut, akan membuat blog kita menjadi seperti blog baru. jadi anda harus melakukan semuanya dari awal lagi seperti memperbaiki link pada setiap postingan, membuat ulang site map, disclaimer, privacy policy, mendaftar ke webmaster tools, dan lain - lain..

di tambah lagi dalam hal ini anda mengelola situs untuk mencari penghasilan, maka sudah tentu memiliki domain berbayar adalah hal yang wajib.


Memilih Template Yang Ringan, Fast Loading, Responsive, Dan Seo Friendly
dalam pemilihan template yang tepat, sebaiknya anda lakukan pada awal memulai ngeblog, atau bisa dikatakan sebelum mulai membuat postingan.

karena nantinya template ini akan sangat berguna dalam tampilan, dan SEO blog, jadi penting bagi anda untuk memilih template yang.

1. Ringan
2. Fast Loading
3. Responsive
4. SEO Friendly

poin pertama adalah ringan, ringan disini maksudnya adalah tidak terlalu banyak gedget, enak dipandang, intinya terlihat profesional dimata pengunjung serta mesin pencari.

kedua fast loading, kebanyakan dari para pengunjung akan cepat merasa bosan apabila sudah menunggu. jadi penggunaan template yang fast loading adalah hal yang wajib. untuk mengecek seberapa cepat blog anda, maka ada baiknya anda kunjungi situs GTmetrix.com.

Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog

ketiga ada responsive, kebanyakan saat ini, dikarenakan teknologi yang semakin lama, semakin modern, membuat para pengunjung lebih senang mengakses internet dengan menggunakan smartphone atau gedget..

jadi dalam memilih template sebaiknya cari yang sudah responsive, atau jika belum anda bisa menggunakan cara edit HTML atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, agar blog tersebut bisa terlihat sesuai pada layar smartphone atau gedget.

untuk mengeceknya, anda bisa melihat apakah responsive situs anda sudah berjalan baik atau belum pada situs responsinator.com.

Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog

dan poin keempat terakhir adalah SEO friendly, blog yang dipasangi template SEO friendly akan sangat membantu dalam perangkingan postingan pada mesin pencari.

untuk mengecek berapa SEO blog anda, maka anda bisa kunjungi situs chkme.com.


Beralih Dari HTTP Ke HTTPS
ini yang biasa dilupakan oleh seorang blogger pemula, bagi seorang yang sudah lama terjun dalam dunia blogging sudah pasti menyarankan agar URL situs anda yang awalnya menggunakan http sebaiknya di alihkan menggunakan https.

HTTP atau hypertext transfer protokol adalah sebuah protokol jaringan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi, terdistribusi, kolaboratif, serta penggunaan hipermedia HTTP merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam browser internet.

HTTPS atau hypertext transfer protokol secure, sama dengan http, hanya pada https memiliki secure socket layer.

yang pertama harus anda ketahui tentang http dan https dalam pengelolaan sebuah blog adalah.

HTTP memiliki sistem keamanan yang kurang bagus, atau bisa dikatakan bisa terkena pencurian data, tetapi menurut saya itu tergantung penyedianya saja.

HTTPS memiliki sistem keamanan yang bagus, jadi informasi yang ada dalam situs atau yang akan diberikan kepada pengunjung situs adalah informasi yang aman.

cara pengalihan http menjadi https bisa anda cari di google atau hubingi costomer service penyedia domain anda, untuk membantu mengalihkannya.

dengan menggunakan https maka situs anda akan lebih terlihat berkualitas, serta https juga akan berpengaruh pada SEO. seperti pernyataan google yang menyebutkan https sedikit berpengaruh dalam SEO yang dimuat dalam HTTPS as a rangking signal.

pengalihan ini sebaiknya anda lakukan di awal setelah anda membeli domain, sebab ini semua untuk menghindari agar anda tidak menyesal nantinya, karena https ini memberikan banyak pengaruh positif untuk sebuah situs.


4 hal yang harus anda lakukan saat awal neblog tersebut sebenarnya sudah akan sangat membuat situs anda menjadi baik dimata pengunjung dan mesin pencari.

kuncinya adalah tekun untuk menulis, percaya bahwa blog dapat menghasilkan, selalu berusaha, dan tidak mudah menyerah. dngan begitu saya yakin anda akan menjadi seorang blogger yang berhasil.

Baca juga:

Your Reactions: