6 Strategi Sederhana Sebagai Dasar Berjualan Dari Ilmu Marketing
6 Strategi Sederhana Sebagai Dasar Berjualan Dari Ilmu Marketing

6 Strategi Sederhana Sebagai Dasar Berjualan Dari Ilmu Marketing

strategi atau teknik - teknik dasar berjualan dari ilmu marketing yang sudah terbukti ampuh

strategi ilmu marketing

untuk bisa menjual sesuatu tentunya diperlukan kepercayaan diri tinggi, dalam hal ini karena kita diharuskan untuk meyakinkan pembeli untuk memberi penilaian positif terhadap barang yang kita jual.

oleh karnanya penting bagi anda mengetahui tentang bagaimana cara berjualan yang benar dan tepat sasaran..

seperti yang akan saya bahas saat ini, hanya dengan menggunakan 6 teknik ini anda sudah bisa menjual sesuatu.

teknik ini adalah teknik sederhana yang sudah lama di pakai oleh master - master marketing yang sudah terbukti ampuh sebagai patokan anda berjualan.


6 Strategi Ilmu Marketing
  1. Produk Knowledge
  2. Mengumpulkan Data Kontak Calon Costumer
  3. Follow Up
  4. Teknik Closing
  5. Over Selling
  6. After Service Sales


Produk Knowledge
Produk Knowlodge merupakan cangkupan informasi akurat yang disimpan dalam memori yang sama baiknya dengan persepsi terhadap pengetahuan produk.

artinjya anda diharuskan untuk mengetahui tentang seluk beluk dari produk yang anda jual tersebut, ini tentu untuk memberikan keyakinan terhadap pembeli nantinya.

oleh karena itu, maka penting bagi anda mengetahui hal - hal berikut :
  1. Data Produk
  2. Kelemahan Produk
  3. Kelebihan Produk
  4. Berapa Orang Yang Pernah Memakai Produk Tersebut
  5. Cara Kerja Produk
  6. Mengapa Pembeli Membutuhkan Produk Tersebut
poin pertama adalah data produk, maksudnya disini adalah anda harus mengetahui tanggal diproduksi, tempat produksi, serta bahan pembuatan produk tersebut.

kedua adalah keleman produk, dalam hal berjualan ada baiknya anda harus jujur tentang kelemahan produk itu sendiri, jangan hanya menjelaskan tentang kelebihannya, cobalah untuk jujur akan produk tersebut, dan biarkan konsumen yang menilai nantinya.

ketiga ada kelebihan produk, yang ini tentu harus anda jelaskan sebagai bahan promosi, tapi jangan berlebihan. maksudnya jangan terlalu melebih - lebihkan produk tersebut..

keempat adalah orang atau costumer yang pernah memakai produk tersebut, ini adalah cara refrensi terhadap costumer, yang nantinya konsumen dapat menilai produk dari banyaknya orang yang telah menggunakan produk tersebut.

kelima adalah cara kerja produk, untuk yang satu ini sudah tentu anda wajib mengetahuinya, intinya adalah pastikan dulu baahwa anda sudah paham betul tentang cara kerja produk yang anda jual, sebab hal ini untuk mengurangi rasa ragu konsumen terhadap anda.

keenam terakhir mengapa pembeli membutuhkan produk tersebut, dalam memilih konsumen pun tidak boleh sembarangan, kuncinya adalah carilah konsumen yang memang membutuhkan barang yang anda jual. dalam hal ini anda berjualan haruslah tertarget.


Mengumpulkan Data Kontak Calon Costumer
ada kemungkinan pada saat pertama melihat dan menilai produk anda pihak costumer tidak langsung ingin membeli, ini wajar karena memang hak mereka untuk memilih.

kuncinya adalah setiap konsumen yang datang untuk melihat produk anda, sebaiknya jagan dibiarkan melihat lalu pergi begitu saja, tetapi mintalah kontak konsumen enta itu email, no handphone, dan lain - lain, yang nantinya anda gunakan sebagai sarana untuk memberikan berita terbaru tentang produk tersebut.


Follow Up
setelah data - data costumer yang sudah anda dapatkan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah follow up atau komunikasi rutin.

jangan malu untuk berkomunikasi terlebih dahulu, berikan pelayanan terbaik saat berkomunikasi, gunanya tentu untuk lebih meyakinkan pembeli yang tidak membeli waktu itu, maka akan membeli nantinya.


Teknik Closing
teknik closing ini anda gunakan pada saat atau setelah dari pihak costumer memesan produk yang diinginkan, caranya adalah dengan menyimpulkan tentang barang dan pemesanannya tersebut.

contohnya :

terima kasih telah memesan produk dari toko kami, barang yang bapak atau ibu pesan adalah radio berwarna biru muda dengan merk radioku. untuk pembayarannya mau dibayar cash atau via bank?

Teknik Over Selling
teknik ini bisa dikatakan sebagai teknik sambil menyelam minum air, sebab anda yang sudah mendapatkan pesanan produk dari costumer, selanjutnya anda tawarkan lagi produk anda yang lain, tetapi tentunya dengan sedikit pemanis, yaitu potongan diskon.

cari ini terbilan ampuh, sebab setiap orang pasti menyukai potongan harga, ditambahl lagi apabila barang yang anda tawarkan tersebut menarik dan mengundang minat costumer tersebut.


After Sales Service
untuk mendapatkan pelanggan setia, maka teknik yang satu ini tidak boleh anda lewatkan, caranya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik.

contohnya menyediakan, kontak anda, garansi produk, pemasaran produk setiap ada yang baru, serta maksimalkan teknik follow up kepada setiap costume..

untuk menjadi seorang marketer yang sukses memang sulit, tetapi tidak menutup kemungkinan anda tidak bisa, kuncinya adalah terus berlatih, dan mencoba.

karena kesuksesan biasanya akan datang dari pengalaman terlebih dahulu.

Baca juga:

Your Reactions: