Cara Mudah Mengenali Potensi Diri Demi Menjadi Orang Yang Sukses
Cara Mudah Mengenali Potensi Diri Demi Menjadi Orang Yang Sukses

Cara Mudah Mengenali Potensi Diri Demi Menjadi Orang Yang Sukses

Cara Mudah Mengenali Potensi Diri Demi Menjadi Orang Yang Sukses

Cara mengenali potensi diri. sebagai seorang manusia memiliki bakat merupakan hal yang wajar, janganlah anda terlalu iri tehadap orang lain karena ia bisa lebih dari anda. 

manusia pada kodratnya sudah diberikan kekurangan dan kelebihan, sekarang tinggal anda sebagai sosok yang paling dekat dengan diri anda, untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan tersebut..

sekarang yang kita bicarakan adalah kelebihan, karena semua orang memiliki kekurangan tapi tidak semua orang mengetahui kelebihan mereka. pertama - tama mari kenali kemampuan anda melalui tingkat kecerdasan.


8 Macam Kecerdasan Manusia


Kecerdasan mengolah kata

orang yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya akan terlihat dari gaya bicara, tulisannya, dan lain - lain yang berhubungan dengan mengolah kata. jika anda memiliki kecerdasan pada tingkat ini, maka anda adalah calon atau seorang yang berhasil, asalkan anda bukan seorang yang pemalu, karena biasanya rasa malu mereka yang menghambat kecerdasan ini terlihat.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah.
  1. senang diskusi dan menulis
  2. dapat menyakinkan seseorang

Kecerdasan logika

bagi anda yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya akan pintar dalam hal yang berbau angka, dan juga anda dapat menemukan inti dari suatu pembicaraan dengan cepat dan menyaringnya menggunakan pemikiran yang logis.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah.
  1. suka matematika
  2. tidak terlalu percaya pada hal - hal yang belum dibuktikan
  3. senang dengan permainan yang rumit

Kecerdasan Visual

kemampuan untuk meliat secara menyeluruh dan dapat dengan cepat memahami apa yang telah dilihatnya..

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah.
  1. seorang pelukis, photografer, arsitek
  2. suka bermain dengan warna

Kecerdasan musikal

dari namanya saja sudah pasti diketahui bahwa ini adalah kecerdasan yang dimiliki seorang yang pandai bermain musik.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah.
  1. sensitif, kritis
  2. pandai merangkai nada
  3. suka ketenangan

Kecerdasan fisik

kecerdasan memang diatur oleh otak tapi yang dimaksud dengan kecerdasan fisik disini adalah orang - orang yang pandai mengolah tubuh mereka untuk melakukan hal - hal yang disukainya.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah.
  1. senang olahraga
  2. tegas
  3. lentur
  4. aktif

Kecerdasan interpersonaly

ini adalah kecerdasan yang bagus, sebab mereka yang memiliki kecerdasan ini adalah orang - orang yang sangat perhatian, dan peka terhadap apapun yang mereka lihat, dengar, dan ucapkan. bukan hanya untuk orang lain, tapi kecerdasan ini juga sangat berguna bagi diri sendiri untuk dapat dengan cepat mengetahui kondisi pada dirinya sendiri, misalnya membimbing, memperkaya(pengetahuan), dan membedakan.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah..
  1. senang menyendiri
  2. punya waktu untuk diri sendiri
  3. rela berkorban

Kecerdasan intrapersonaly

kecerdasan yang dimiliki untuk dengan cepat memahami perasaan seseorang, maka dari itu orang - orang seperti ini sangat cocok untuk anda jadikan sahabat, karena mereka akan sangat mengerti anda.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah..
  1. suka berkelompok
  2. banyak teman
  3. pintar bergaul

Kecerdasan natural

kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membedakan, mengenali, mengungkapkan, serta membuat kategori tentang apa yang ditemukannya di alam. jadi orang dengan kecerdasan seperti ini sangat menghargai alam, dan mereka merasa berhutang budi pada alam.

ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah
  1. suka bercocok tanam
  2. lebih memilih wisata alam dibanding wisata dunia malam
  3. kritis
jika anda sudah mengetahui mana saja yang menjadi kecerdasan anda, maka sekarang  saatnya untuk mencari lebih dalam potensi diri anda.


Cari kemampuan anda


untuk yang pertama mari kita mulai dari mencari apa saja yang bisa anada lakukan, mulai dari yang mudah sampai yang sulit, dan sejauh mana anda dapat melakukannya. dengan begitu akan akan dapat mengukur seberapa jauhnya batasan yang anda miliki.


Apa saja yang membuat anda senang


biasanya kesenangan atau hobi bisa menjadi salah satu peluang seseorang untuk menjadi berhasil, sebab kita melakukan hal yang memang kita suka, jadi tidak ada rasa rugi dalam hal melakukannya. untuk itu coba anda lakukan segala hal yang membuat anda senang dan cari potensi diri anda disitu.


Dengarkan pendapat orang 


dengarkanlah dari yang paling sempit terlebih dahulu, misalkan dirumah, lalu baru ke masyarakat. jadi jika dari rumah anda sudah dinilai baik, maka lanjutkan dengan mendengarkan pendapat orang lain di masyarakat, dengan tentunya anda tidak boleh tersinggung dengan perkataan dari orang yang anda tanyakan.
cara ini biasanya akan langsung mendapatkan gambaran bagaimana diri anda dimata orang lain, gunanya agar anda juga mengetahui bagaimana cara orang melihat diri anda.


Berani keluar dari jalur aman


yang saya maksud keluar dari jalur aman adalah misalkan hidup anda yang begitu - begitu saja, dan anda memiliki pemikiran untuk keluar dan mulai mengembangkan diri sendiri. banyak yang merasa takut melakukan hal ini, sebab cara ini memang sangatlah berbahaya, karena kita tidak akan tahu yang terjadi nanti. tetapi jika anda memiliki keinginan yang kuat, saya yakin pasti ada cara mengatasi masalah yang akan timbul nantinya saat anda memutuskan keluar dari jalur aman.


Belajar dari orang lain


dengan hanya melihat orang yang telah berhasil, maka itu dapat anda jadikan bekal natinya untuk sebagai pembelajaran. maksud saya disini adalah kita belajar dari orang lain, yang artinya kita memiliki ilmu mereka. sekarang intiinya adalah kembangkan ilmu tadi dengan kemampuan yang anda miliki sampai anda dapat melebihi kemampuan dari orang yang ilmunya anda pelajari tersebut.


itulah beberapa cara yang paling mudah untuk mengenali potensi yang anda miliki, kuncinya adalah orang yang berhasil adalah orang yang percaya pada kemampuan dirinya sendiri.

Baca juga:

Your Reactions:

close