4 Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO
4 Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO

4 Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO

yang dibuthkan sebuah blog untuk dapat memaksimalkan SEO dan dapat bersaing di peringkat atas mesin pencari

Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO

4 Elemen SEO Sebuah Blog. untuk bisa mencapai rangking 1 google, memang tidak mudah, sebab saat ini persaingan di dunia blogging semakin sulit. banyak blogger yang berlomba - lomba membuat blog untuk kesenagan pribadi dan untuk mencari penghasilan.


kebanyakan dari para blogger yang mencari penghasilan tentunya sudah harus paham dan selalu mengikuti perkembangan SEO.


dalam kasus blogger - blogger yang gagal ditengah jalan atau hanya baru beberapa bulan ngeblog lalu selesai. sebenarnya mereka mempunyai ambisi, minat yang kuat pada saat awal mulai ngeblog, tapi tidak lama karena blog mereka selalu sepi walaupun sudah posting banyak artikel, maka dari itu kesalahan - kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula ini seharusnya bisa diatasi dengan mengenal lebih dalam tentang blog itu sendiri..

mengenal blog lebih dalam disini maksudnya adalah dengan mengetahui :
  1. Struktur blog yang baik
  2. Ciri dari blog yang baik
  3. Pengelolaan blog
  4. Optimasi blog


poin yang pertama tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja blog kita. misalkan berapa banyak blog tersebut dapat dipasangi gedget, seberapa banyak blog tersebut dapat divariasikan, dan lain - lain.dengan anda mengetahui struktur dari blog anda, maka anda akan dapat mengelola blog tersebut dengan maksimal.


poin kedua ciri blog yang baik, ada dua pilihan disini yaitu baik dimata google dan baik dimata pengunjung. jika anda membuat blog yang baik untuk google berati anda membuat blog untuk mesin. di tahun 2016 ini google lebih menyukai blog yang di buat untuk pembaca, jadi kriteria blog yang disukai google akan berfungsi maksimal apabila anda membuat artikel untuk pembaca. cara membuat artikel yang disukai pembaca memang gampang - gampang susah karena beda orang beda pula penilaiannya, tapi itu sudah lebih baik dari pada anda  hanya fokus pada peringkat mesin.


poin ketiga dalam hal pengelolaan sebuah blog adalah semua aktivitas yang anda lakukan untuk blog anda akan dapat berdampak baik maupun buruk.


kuncinya mudah saja lakukan pengelolaan yang baik dan benar pada blog anda, maka blog anda akan terlihat baik pula dimata mesin pencari maupun penggunjung.


poin keempat terakhir optimasi blog. ini sangat penting, gunanya pasti sudah banyak yang mengetahuinya, entah itu meningkatkan traffic, penjualan, klik, dan lain - lain.


optimasi sekarang ini masih pada on page dan off page atau mudahnya on page(SEO, Backlink, Keyword) dan off page(share ke Media Sosial) .

untuk SEO, sebuah blog memerlukan 4 elemen inti yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah artikel.

4 elemen tersebut adalah :
  1. Konten yang berkualitas
  2. Kata kunci
  3. Backlink
  4. Blog yang responsive dan SEO friendly

Konten Yang Berkualitas



sebuah konten besar hubungannya dengan peringkat google, sebab google akan selalu memberikan artikel terbaik dari ribuan artikel dalam kata kunci yang sama. maka membuat konten tidak hanya untuk sekedar menulis''bagi yang mengincar peringkat google'', banyak waktu luang, atau iseng, tapi lebih kepada membuat konten untuk pembaca.


dalam hal ini konten yang anda buat haruslah berisi manfaat, jangan sampai dangkal akan materi, atau artikel anda tidak akan dapat bersaing dengan juara - juara di pencarian google dengan kata kunci yang sama.

solusi sederhana untuk anda dalam membuat konten adalah dengan mencari kata kunci yang anda incar di search google, kemudian membuka artikel - artikel yang keluar, boleh dari peringkat 1 sampai 5 atau mau lebih juga tidak masalah. lalu ambil kekurangan dan kelebihan dari semua artikel tersebut dan catat untuk dijadikan patokan anda membuat artikel yang lebih baik nantinya.

 Kata Kunci



banyak dari artikel - artikel lain di google yang menyarankan untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum mulai membuat postingan.


tidak ada yang salah memang dengan meriset kata kunci, tapi anda tidak perlu repot - repot meriset kata kunci apabila pesaing dengan kata kunci yang kita incar tersebut tidaklah terlalu sulit.

ini merupakan ekperimen saya sendiri.
dari kedua artikel ini saya tidak melakukan riset kata kunci.
artikel saya yang pertama adalah cara memasang widget feed di blog
dan yang kedua adalah cara mengatasi masalah di situs sharecash


untuk yang pertama artikel milik saya sangat sulit mendapat peringkat halaman 1 google, walaupun dengan optimasi yang maksimal.


dan untuk artikel saya yang kedua, saya tidak melakukan optimasi apapun. tapi artikel tersebut dalam 3 hari setelah di publish sudah ada di peringkat 1 google.

Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO

persaingannya tidak terlalu sulit memang, tapi bukan berarti peminatnya sedikit. saya membuat artikel ini berdasarkan hasil pencarian terbanyak disalah satu forum terkenal indonesia..

menurut saya forum bisa menjadi sarana mencari judul artikel yang lebih baik dari riset kata kunci.


Backlink



backlink masih menjadi salah satu bentuk penilaian google terhadap sebuah blog, akan tetapi banyak backlink belum tentu memastikan semua artikel di blog anda akan dengan mudah mendapat tempat di mesin pencari.


kebanyakan dari blogger - blogger pemula yang frustasi dengan traffic blognya akan memilih cara yang instant yaitu, dengan melakukan blogwalking yang berlebihan, tukeran link antar sesama blogger, dan yang paling parah adalah menggunakan software untuk memperbanyak jumlah backlink.


tanpa sadar kegiatan - kegiatan seperti itu akan berdampak buruk pada blog yang sedang dikelola tersebut. cara mendapatkan backlink yang berkualitas tentunya dengan cara yang tidak instan seperti diatas, cara yang saya maksud disini adalah sewajarnya.

sewajarnya misalkan :
blogwalking sewajarnya
sumbit ke sosial bookmark sewajarnya
dan lain - lain


intinya backlink memang penting dalam suatu artikel tetapi masih banyak faktor yang dapat menunjang postingan selain backlink. contohnya kembali lagi ke poin kata kunci, artikel saya yang kedua sama sekali tidak memiliki backlink. 

dari situlah dapat anda ambil bayangan bahwa backlink bukan segalanya dalam peringkat mesin pencari.


Blog Yang Responsive Dan SEO Friendly


apakah blog anda sudah responsive?
apakah blog anda sudah SEO Friendly?
atau apakah ini penting?


penting itu jelas, sekarang coba anda bayangkan, bagaimana perasaan anda menbaca artikel yang layarnya tidak seuai dengan layar pada handphone atau gedget anda, jadi anda harus men zoom in, zoom out untuk mendapatkan informasi yang mungkin bermanfaat dari artikel yang anda bayangkan tadi.


tapi kebanyakan dari pengunjung akan lebih memilih pergi meninggalkan blog tersebut, sebab pengunjung lebih suka membaca yang langsung mengarah pada inti, jadi pasanglah template blog yang responsive dan tentunya SEO Friendly agar mengundang minat baca pengunjung.

anda bisa melihar responsive blog anda di situs responsinator.com


Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO


disana terdapat berbagai macam jenis smartphone, dan anda akan dapat melihat tampilan blog anda di setiap perangkat gedget. gunanya untuk memastikan apakah responsive blog anda sudah baik atau belum, karena biasanya tampilan blog di smartphone satu berbeda dengan yang lainnya.


kecepatan loading blog juga penting, gunanya untuk membuat pengunjung agar tidak merasa bosan karena loading blog yang lambat. untuk mengecek kecepatan loading blog anda bisa kunjungi situs GTmetrix.com.


Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO


setelah semua elemen SEO telah anda kuasai, maka langkah selanjutnya adalah mengecek skor SEO anda di chkme.com.

jika sudah bagus, maka blog anda akan siap bersaing di peringkat atas mesin pencari.

Baca juga:

Your Reactions: