11 Larangan Youtube Yang Biasa Di Abaikan Pemilik Channel
11 Larangan Youtube Yang Biasa Di Abaikan Pemilik Channel

11 Larangan Youtube Yang Biasa Di Abaikan Pemilik Channel

ketentuan dan kebijakan youtube

larangan youtube. artikel ini sebenarnya dibuat setelah saya menemukan sebuah kasus di media cetak yang berisi tentang pembajakan Hak Cipta lewat youtube.

pembajakan lewat youtube ini terjadi karena pemilik channel mengupload video ke youtube, tetapi bukan video original miliknya sendiri, artinya si pengupload tersebut telah membajak karya orang lain. dalam hal ini karya orang lain tersebut di unggah ke youtube demi untuk mencari penghasilan untuk dirinya sendiri.

setiap orang tentu ingin mengabadikan suatu moment, ditambah lagi saat ini moment tersebut dengan sangat mudah bisa dibagikan ke beberapa situs media sosial, blog, dan juga youtube.

mengupload video ke youtube tentunya harus memikirkan juga tentang dampak - dampak yang bisa terjadi setelah video tersebut dibagikan. sebab, pengguna youtube sangatlah banyak dan bukan berasal dari indonesia saja. jika video yang anda upload adalah memang original buatan anda sendiri, maka tidaklah akan menjadi masalah.
Tetapi bagaimana dengan mengupload video milik orang lain?

sama seperti di  dunia nyata setiap karya tentunya memiliki hak cipta. di indonesia sendiri sudah ada undang - undang ITE yang mengatur tentang pembajakan hak cipta melalui teknologi telekomunikasi. jadi mengupload video karya orang lain saat ini sudah bisa terkena kasus hukum apabila pemilik karya yang sebenarnya menuntut si pembajak tersebut.

youtube sendiri juga memiliki beberapa larangan - larangan yang sering diabaikan oleh pengguna youtube itu sendiri. bukan hanya tentang hak cipta, tetapi terdapat 11 larangan bagi pengguna youtube sebagai berikut :


Dilarang melanggar Hak Cipta
hak cipta merupakan hak atas suatu karya yang diapresiasikan kepada pencipta karya tersebut. jika sampai hak ini dilanggar youtube sudah pasti akan membanned akun yang melalukan pelanggaran hak cipta ini. sebaiknya buatlah video yang memang original buatan sendiri, misalkan vodeo memasak, bermain musik, ataupun vlog.


Dilarang membuat video yang merugikan atau berbahaya bagi orang lain
video yang seperti ini biasanya akan menjerumuskan orang - orang untuk melakukan hal - hal yang berbahaya, misalnya pembuuhan, kekerasan, trik membobol ATM, dan lain - lain.


Dilarang membuat video yang mengandung kebencian
mengandung kebencian disini adalah video yang berisi tentang pernyataan - pernyataan yang di anggap menyebarkan kebencian terhadap suatu hal, dan dapat membuat orang lain ikut membenci hal tersebut.


Dilarang membuat video yang berbau pornografi
video yang seperti ini biasanya banyak memiliki jumlah viewers, akan tetapi tidak akan lama youtube akan menghapusnya dan juga membanned akun si pengupload video tersebut.


Dilarang membuat video yang berbau ancaman
ancaman bisa datang dari mana saja, termasuk juga lewat menggungah video ke youtube, ancaman itu bisa berupa tindak terorisme, hacker, dan lain - lain.


Dilarang membuat video tentang kekerasan
kekerasan yang disebabkan dari tontonan yang tidak semestinya sebenarnya sudah banyak terjadi. bukan hanya tontonan yang berasal dari youtube, sekarang televisi - televisi pun masih menyiarkan tontonan - tontonan yang berbau kekerasan. kuncinya adalah kematangan mental dari diri sendiri yang tidak mudah terpengaruh dengan tindak kekerasan yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain.


Dilarang melakukan tehnik spam
spam biasanya dilakukan dengan caa memaksa penonton untuk mengklik iklan - iklan milik pengupload demi keuntungan yang hanya ada pada si pengupload.


Dilarang memberikan dekripsi yang menyesatkan
jika anda pernah menonton video di youtube dengan judul yang tidak sesuai dengan video yang ingin anda tonton, maka anda termasuk korban sama seperti saya. video yang seperti ini sama sekali tidak berkualitas, sebab membuat video yang tidak selayaknya ditonton hanya untuk memperbanyak jumlah viewers.


Dilarang membuat video yang merugikan privasi seseorang
setiap orang memiliki privasi mereka, dimana privasi tersebut hanya dia yang boleh mengetahuinya, tapi jika privasi tersebut telah disebarluaskan, maka itu dapat membuat pemilik privasi tersebut menjadi depresi, stress, bahkan bisa sampai bunuh diri.


Dilarang membuat video yang bisa membahayakan anak
karena youtube masih bebas di jelajah oleh siapa saja, bahkan anak kecilpun saat ini dengan mudah membuka situs youtube dan menonton video - video di situs tersebut. bagi anda orang tua yang memiliki anak kecil ada baiknya tetap awasi mereka apapun aktivitas yang dilakukannya, sebab anak kecil sangat mudah terpengaruh dan juga bisa membuat mental mereka menjadi buruk saat besar nanti.


Dilarang melakukan tehnik scam
tehnik scam(menipu) ini terjadi apabila si pemilik channel ingin menyesatkan orang lain. contohnya video tentang bisnis yang hanya mencari sensasi dengan iming - iming cepat kaya, tetapi memiliki tujuan mencari calon korban untuk ditipu.


larangan - larangan tersebut sebaiknya anda patuhi sebagai pengguna youtube. apabila melanggar maka, akun anda bisa saja dibanned, walaupun tidak dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga:

Your Reactions: