window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-ZVV8CB482S'); 11 Tips Awal Mulai Ngeblog Untuk Blogger Pemula - PAMERANATA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Awal Mulai Ngeblog Untuk Blogger Pemula

TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER
sebagai seorang blogger, apalagi blogger pemula, tentu sangat membutuhkan panduan atau tips - tips saat awal mulai ngeblog, tapi dari beberapa kasus banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula, dimana mereka masih banyak yang melakukan cara - cara yang tergolong spam dan akan dapat memperburuk citra blog itu sendiri.

cara - cara spam maksudnya disini adalah, dimana mereka melakukan hal - hal yang tidak relevan dengan tips blogging yang baik dan benar, atau saya bisa katakan bahwa spam itu hampir sama artinya dengan curang.

ada banyak cara spam yang bisa anda lakukan, tapi saya tidak akan membahasnya disini, karena tidak sejalan dengan topik tulisan ini, sebab disini saya hanya akan memberikan tips awal mulai ngeblog yang positif untuk perkembangan blog.
Apa saja yang harus dilakukan saat awal ngeblog?
untuk pertanyaan tersebut, maka saya akan memberikan rangkumannya :


Tips Awal Mulai Ngeblog


1. Pilih Platform Yang Sesuai 
platform merupakan media yang mendasari anda dalam hal melakukan aktifitas blogging, misalnya platform blogspot, dimana ini platform gratis yang cocok digunakan oleh seorang blogger pemula, tapi bukan hanya itu, terdapat banyak platform lain yang bisa anda gunakan, yang tentunya gratis.

dalam hal ini sebaiknya anda menggunakan platform yang memang sesuai, maksudnya sesuai dengan kemampuan, minat, dan niat anda.

dan juga dalam memilih platform, sebaiknya anda memikirkannya dengan matang, atau anda memikirkannya baik - baik, agar tidak saat sudah ditengah jalan anda memutuskan mengganti platform.


2. Memilih Template 
dalam pemilihan template ada beberapa hal yang harus anda ketahui, yaitu template yang bagus itu seperti apa?

ada banyak persepsi tentang ini, karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda - beda, jadi template yang bagus menurut saya belum tentu bagus menurut anda.

nah, inilah kategori template yang menurut saya bagus :
  1. Template Yang Responsive
  2. Template Yang Fast Loading
cukup hanya 2 elemen tersebut, dan untuk masalah tampilan yang bagus menurut saya, bisa anda lihat dari tampilan blog ini.

poin pertama adalah template yang responsive, maksudnya dimana tampilan blog pada layar dekstop/laptop bisa sesuai jika ditampilkan pada layar smartphone.

melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, serta penggunaan smartphone untuk mencari informasi di internet, maka penggunaan template yang responsive adalah hal yang wajib, ini penting untuk memuaskan pengunjung anda yang menggunakan handphone atau gedget.

poin kedua adalah template yang fast loading, ini berkaitan dengan tidak membuat pengunjung menunggu lama, serta memudahkan pengunjung untuk menjelajahi blog anda.


3. Pastikan Anda Ngeblog Untuk Apa
disini saya menekankan bahwa anda harus memiliki tujuan ngeblog, agar nantinya tidak cepat bosan, karena setengah - setengah, ini penting untuk tujuan jangka panjang.

contohnya, tujuan anda menjadi blogger ingin menghasilkan uang, jadi pada awal - awal mulai ngeblog memang keinginan anda tersebut sangatlah sulit untuk diraih, oleh karena itu diperlukan niat, dan konsisten dalam menulis dan mengelola blog itu sendiri.

menjadi blogger memang sulit, maka dari itu hanya beberapa saja yang dapat bertahan lama.


4. Daftarkan Blog Anda Ke Webmaster Tools
mendaftarkan blog anda ke webmaster tools sangatlah saya sarankan, karena memang perannya sangat penting dalam membangun sebuah blog.

sebenarnya ada banyak webmaster, tergatung search engine itu sendiri, misalnya google mempunyai google webmaster tools(search console), begitupun dengan mesin pencari lainnya, intinya beda search engine, beda pula webmasternya.

cara daftar webmaster tools(google) :

pertama buka Search Console

pilih tambahkan property.


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER

masukan URL blog anda


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER
kemudian verifikasi menggunakan metode tag HTML


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER
selanjutnya pasang kode yang diberikan pada template anda, akan diberi contoh nantinya > setelah memasang, selanjutnya kembali lagi pada bagian metode Tag HTML > kemudian verifikasi.

manfaat search console sendiri adalah blog anda akan terus dipantau oleh bot mesin pencari, dengan begitu, maka blog anda lebih diprioritaskan dibanding blog yang tidak memanfaatkannya.


5. Daftarkan Blog Anda Ke Google Analytics
ini adalah tools yang dapat membantu anda dalam memantau banyaknya pengunjung, serta aktifitas dari pengunjung tersebut.

cara memasangnya adalah :

buka google analytics.

kemudian pada dashboard > pilih admin > property baru.


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER

isi detail blog


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER

selanjutnya tinggal pasang kode pelacakannya pada template blog anda > selesai.


6. Mulai Menulis
membuat konten berkualitas memang memerlukan waktu lebih dari sehari, oleh sebab itu kesabaran merupakan hal yang penting.

biarpun lama, tetapi yang terpenting adalah hasilnya, dimana konten tersebut bisa bersaing di peringkat atas mesin pencari, serta tumbuh rasa bangga karena dapat membuat konten yang bagus.

bagus menurut diri sendiri, belum tentu menurut orang lain, intinya kita menghargai jerih payah sendiri terlebih dahulu, barulah nantinya dari sana orang lain akan dapat menghargai jerih payah kita.

untuk dapat membuat pengunjung menghargai jerih payah tersebut, maka anda sebaiknya mengetahui tentang bagaimana cara membuat artikel yang disukai pembaca, ini berguna agar terdapat interaksi antara anda dengan pengunjung.

sebagai blog baru memang anda akan dituntut untuk terus update artikel, sebab ini berguna untuk tetap menjaga kestabilan dari traffic pengunjung blog itu sendiri.

rasa bosan itu pasti ada, tapi mari berfikir logis, dalam hal mengelola blog, mana mungkin anda bisa bersaing dengan blog yang sudah lama bergelut di dunia blogging, jika anda masih malas untuk menulis, apalagi dalam hal ini adalah blog baru, jadi dapat dipastikan blog anda akan semakin jauh tertinggal.


7. Sumbit Sitemap Ke Search Console
tips awal mulai ngeblog lainnya adalah dengan menyumbit sitemap anda ke webmaster tools tadi, manfaatnya adalah untuk membuat artikel - artikel anda cepat terindeks google.

membuat sitemap juga tidak boleh sembarangan, ada baiknya anda memperhatikan sitemap yang ringan dan SEO friendly.

untuk cara menyumbitnya adalah sebagai berikut :

pertama buka webmaster tools > pilih situs anda > perayapan > peta situs > tambahkan peta situs.


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER

copy kode berikut, dan pastekan di kolom yang disediakan


atom.xml?
atom.xml?redirect=false
sitemap.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500


TIPS AWAL MENJADI SEORANG BLOGGER

selanjutnya untuk memastikan sitemap tersebut sudah terpasang dengan benar, maka anda bisa melakukan uji terlebih dahulu, sebelum kemudian kirim > selesai.


8. Membuat Menu Blog
sebuah menu akan dapat membantu pengunjung untuk lebih mudah menjelajahi blog itu sendiri, sama seperti supermarket yang membagi setiap blok, misalkan blok makanan, maka itu adalah tempat khusus untuk makanan, atau blok untuk peralatan mandi, maka itu adalah tempat khusus untuk peralatan mandi, dan begitu seterusnya.

blog sendiri juga perlu diberi menu - menu agar lebih tertata, dan profesional tentunya, banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat menu itu sendiri, tetapi saya lebih menyarankan, membuat menu berdasarkan label, sebab agar lebih praktis, karena memang sudah otomatis akan di update apabila terdapat konten baru.


9. Membuat Navigasi Blog
jika diatas adalah menu yang membagi artikel berdasarkan kategori, maka selanjutnya adalah navigasi - navigasi yang perlu anda pasang agar blog itu sendiri terlihat lebih profesional.
  1. Contact us
  2. Disclaimer
  3. Privacy Policy
  4. Sitemap
  5. Popular Post, Related Post, Recent Post, Random Post 

10. Mulai Belajar SEO
SEO merupakan search engine optimization yang artinya upaya pemilik blog untuk menjadikan blognya bisa bersaing di peringkat atas mesin pencari.

SEO sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage.

dengan anda belajar mengenai SEO, apalagi saat anda baru mulai ngeblog, ini akan sangat berguna untuk nantinya anda mengelola blog untuk mendapatkan uang.


11. Promosi
terakhir adalah promosi, dimana anda akan memberi tahu bahwa anda memiliki sebuah blog, kepada siapa?

siapa saja, teman, keluarga, orang tak dikenal, ataupun blogger lain, banyak media yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimalkan promosi ini, mulai dari media sosial, beriklan, forum, ataupun komunitas - komunitas lain.

pentingnya anda mempromosikan konten ke blogger lain pula, adalah untuk memberi tahu bahwa anda membuat konten yang bagus, dan cocok untuk diberikan backlink nantinya.

untuk saat ini memang sangat sulit mendapatkan backlink, sebab karena sudah banyak konten - konten yang super berkualitas, tapi jangan kawatir, sulit bukan berarti tidak mungkin.

jika memang anda sudah mengerti dengan SEO dan selalu membuat konten yang berkualitas, jadi dengan begitu pertanyaan seperti apa itu backlink, dan bagaimana cara mendapatkannya?, akan tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab karena memang sudah masuk dalam kategori SEO diatas.


penutup, itulah 11 cara atau tips yang dapat anda terapkan sebagai seorang blogger pemula yang ingin konsisten mengeola blog tersebut.

Posting Komentar untuk "11 Tips Awal Mulai Ngeblog Untuk Blogger Pemula"