Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pilihan Obat Sakit Kepala Bebas Tanpa Resep Dokter 2023

Sakit kepala sering datang tiba-tiba dan mengganggu aktivitas. Untuk meringankannya, Anda bisa mengonsumsi obat sakit kepala yang mudah ditemukan di apotek atau menggunakan beberapa pengobatan alami di rumah.

Obat Sakit Kepala

Salah satu cara mengatasi sakit kepala yang terus menyerang adalah dengan minum obat. Anda dapat membeli sebagian besar obat sakit kepala di apotek tanpa resep dokter. Namun, jenis obat pereda nyeri yang Anda minum mungkin berbeda dari orang ke orang, tergantung pada penyebab sakit kepala dan gejala lain yang Anda alami. Jenis sakit kepala tertentu mungkin juga memerlukan obat yang lebih spesifik dari dokter Anda. Berikut adalah daftarnya.

Efektivitas obat sakit kepala bervariasi tergantung pada jenis sakit kepala yang dialami pasien. Ada dua jenis sakit kepala, sakit kepala primer dan sekunder.

Sakit kepala cluster, migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala persisten harian adalah contoh sakit kepala primer. Sedangkan sakit kepala sekunder biasanya disebabkan oleh cedera kepala, tekanan darah tinggi, dan sinusitis.

Aneka obat sakit kepala yang ampuh


Ada 3 jenis obat yang biasa digunakan untuk mengobati sakit kepala, antara lain:

  • Pereda nyeri, untuk meredakan nyeri dan gejala sakit kepala lainnya
  • Pengobatan gagal, untuk menghentikan proses sakit kepala
  • Terapi pencegahan, untuk mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala

Jika nyerinya ringan, ada beberapa pilihan obat sakit kepala kuat yang bisa dengan mudah ditemukan di apotek.

Berikut adalah beberapa merek obat pusing atau sakit kepala yang efektif:

parasetamol

Parasetamol adalah salah satu obat sakit kepala yang paling efektif dan banyak digunakan. Dosis umum parasetamol untuk orang dewasa adalah 1-2 tablet 500 mg setiap 4-6 jam. Anda bisa minum parasetamol sebelum atau sesudah makan.

ibuprofen

Ibuprofen adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang biasa digunakan sebagai obat sakit kepala. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa penyebab peradangan dan nyeri, sehingga sakit kepala bisa berkurang. Obat ini terbukti ampuh mengatasi sakit kepala tegang dan migrain.

Untuk sakit kepala ringan sampai sedang, dosis ibuprofen dewasa yang biasa adalah 1-2 tablet 200 mg, setiap 4-6 jam. Sebelum mengonsumsi ibuprofen, pastikan untuk makan terlebih dahulu.

Bodrex

Dengan tablet lapisan ganda, Podrex dapat dengan cepat bereaksi terhadap sakit kepala dan mengurangi demam dan sakit gigi. Obat ini mengandung parasetamol dan kafein. Untuk menggunakan obat ini, aturan penggunaan harus disesuaikan dengan usia orang tersebut. Untuk anak-anak berusia 6-12 tahun, ini adalah setengah dari satu tablet 3-4 kali sehari. Untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun, 1 tablet 3-4 kali sehari.

Dumin 500 mg strip

Obat pereda nyeri, demam dan sakit kepala ini mengandung Paracetamol 500 mg per tablet. Denim dapat membantu meredakan gejala nyeri ringan hingga sedang seperti sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, dan lainnya. Untuk penggunaan obat ini, dosisnya bervariasi tergantung usia orang tersebut. Anak usia 7-12 tahun dosisnya 3-4 kali sehari setengah tablet. Orang dewasa minum 1-2 tablet 3-4 kali sehari.

Obat sakit kepala Oskadon

Oskadon adalah obat anti nyeri yang mengandung parasetamol dan kafein.

Selain berfungsi sebagai obat sakit kepala, Oskadon juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menurunkan demam.

Jika Anda mengalami sakit kepala saat dalam perjalanan, obat sakit kepala merk ini cocok untuk dikonsumsi karena kandungan kafein di dalamnya berguna untuk mencegah kantuk.

Puyer Bintang Toedjoe No.16

Tidak seperti obat jenis lain pada umumnya, Puyer Bintang Toedjoe No. 16 tersedia dalam bentuk bubuk sesuai dengan namanya.

Puyer Bintang Toedjoe No. 16 dapat membantu meredakan sakit kepala karena mengandung parasetamol, asam asetilsalisilat, dan kafein.

Selain itu, obat sakit kepala merk ini juga bisa membantu meredakan demam, sakit gigi, dan nyeri ringan lainnya.

Panadol Ekstra Strip

Bingung tentang obat untuk sakit kepala atau migrain? Cobalah untuk mengalahkannya dengan Panadol Extra Pain Relief Strip. Obat ini mengandung parasetamol dan kafein yang menghambat pembentukan senyawa yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Selain meredakan sakit kepala, obat-obatan ini dapat menurunkan demam atau nyeri lainnya. Bagi orang yang memiliki riwayat gangguan ginjal atau hati, sebaiknya konsultasikan dengan dokter saat mengonsumsi obat ini.

Paramex

Paramex dapat membantu meredakan nyeri seperti sakit gigi, pusing, dan sakit kepala. Obat ini mengandung bahan aktif antara lain parasetamol, deksklorfeniramin, kafein dan propfenazon. Untuk penggunaan obat ini sebaiknya diminum setelah makan dalam dosis 1 tablet, 2-3 kali sehari. Jika penggunaan Paramex tidak mengurangi gejala sakit kepala selama tiga hari, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Blister biogesik

Obat ini mengandung bahan aktif parasetamol yang berfungsi sebagai pereda nyeri, sakit kepala, dan penurun demam. Biogesik bekerja dengan menghambat prostaglandin yang dapat menyebabkan demam dan nyeri. Untuk penggunaan jangka panjang, obat ini memiliki efek samping yaitu menyebabkan kerusakan hati dan reaksi hipersensitivitas.

Poldan MIG

Jika Anda menderita sakit kepala separah migrain, Poldan MIG bisa menjadi pilihan pengobatan yang tepat.

Poldan MIG adalah obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol, asetosal dan kafein.

Selain kemampuannya untuk membantu meredakan sakit kepala, obat ini juga dapat membantu meredakan demam, sakit gigi, dan nyeri ringan lainnya.

Cara mengatasi sakit kepala secara alami


Selain mengonsumsi obat sakit kepala yang ampuh, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara alami ini untuk mempercepat proses pemulihan sakit kepala:

Kebutuhan cairan yang cukup

Salah satu penyebab paling umum dari sakit kepala tegang dan migrain adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mengobati dan mencegah sakit kepala, pastikan Anda mendapatkan cukup cairan tubuh setiap hari.

Konsumsi minuman jahe

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada jahe dipercaya sangat efektif meredakan sakit kepala. Selain itu, jahe juga dipercaya dapat membantu mengurangi beberapa gejala yang biasa menyertai sakit kepala, seperti mual dan muntah.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bubuk jahe memiliki sifat yang mirip dengan sumatriptan, sejenis obat sakit kepala yang sering digunakan untuk mengurangi nyeri migrain.

Gunakan kompres dingin

Kompres dingin dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri berdenyut pada sakit kepala. Yang harus Anda lakukan adalah membungkus beberapa es batu dengan handuk atau kain bersih yang lembut, lalu letakkan di bagian belakang leher atau pelipis Anda.

Istirahat dan olahraga yang cukup

Anda juga harus cukup istirahat dan berolahraga secara teratur agar sakit kepala Anda segera mereda. Kurang tidur sering dikaitkan dengan sakit kepala parah, sementara olahraga dapat mengurangi stres, salah satu pemicu sakit kepala.

Latihannya tidak harus intensitas tinggi dan melelahkan, yang penting dilakukan secara rutin. Pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain jalan kaki, jogging, atau yoga.

Nah, itulah beberapa obat sakit kepala atau pusing yang bisa membantu meredakan nyerinya. Jika Anda merasa pusing yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Posting Komentar untuk "10 Pilihan Obat Sakit Kepala Bebas Tanpa Resep Dokter 2023"