window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-ZVV8CB482S'); 10 Cara Menurunkan Demam Tinggi secara Cepat - PAMERANATA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menurunkan Demam Tinggi secara Cepat

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 38°C yang biasanya merupakan respon tubuh terhadap penyakit. Suhu tubuh yang tinggi, atau demam, adalah salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia melawan infeksi.

Cara Menurunkan Demam

Demam biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa cara menurunkan demam dalam semalam yang bisa Anda coba, agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman keesokan harinya.

Demam tinggi biasanya ditandai dengan kenaikan suhu tubuh 39°C atau lebih. Wajar jika kondisi ini benar-benar terjadi sebagai bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh, baik karena vaksinasi, infeksi, atau beberapa penyakit dalam tubuh.

Penyebab demam

Demam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Vaksinasi, misalnya setelah menerima vaksin batuk rejan
  • Infeksi virus dan bakteri, seperti meningitis, tipus, disentri, cacar air, dan infeksi saluran kemih
  • Penyakit akibat gigitan nyamuk, seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya
  • Minum obat jenis tertentu
  • Berdiri lama di bawah sinar matahari
  • Penyakit, seperti radang sendi dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme)
  • Kanker, seperti leukemia, kanker hati, atau kanker paru-paru.

Gejala demam

Beberapa gejala yang dapat menyertai demam antara lain:

  • Sakit kepala
  • keringat dingin
  • gemetaran
  • Dehidrasi
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • sakit telinga
  • Diare
  • Muntah-muntah
  • nyeri otot
  • nafsu makan menurun
  • kelelahan

Selain itu, ada beberapa gejala demam yang harus diwaspadai, antara lain:

  • leher kaku
  • Mata sangat sensitif terhadap cahaya
  • muntah terus-menerus
  • Bintik-bintik merah muncul di kulit
  • kesulitan bernafas
  • Anda cenderung tidur sepanjang waktu
  • Nyeri
  • Tidak mau minum dan buang air kecil

Begini 10 Cara Menurunkan Demam

cara menurunkan demam covid

Ada beberapa cara menurunkan demam yang dapat Anda coba lakukan, di antaranya:

Minum banyak cairan

Penting untuk minum banyak cairan saat demam karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, menyingkirkan bakteri dan virus, serta membuat tubuh berjalan lebih lancar.

Selain itu, cairan juga dapat mencegah dehidrasi saat demam. Perlu diingat bahwa semakin tinggi suhu, semakin besar risiko dehidrasi. Jadi, pastikan untuk tidak lupa minum lebih banyak cairan.

istirahat yang cukup

Demam menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan bakteri atau virus yang menyebabkan infeksi. Nah, agar daya tahan tubuh meningkat, dibutuhkan istirahat dan tidur yang cukup. Tidur malam yang nyenyak bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan demam semalaman.

Konsumsi bahan herbal

Cara lain untuk menurunkan demam dalam semalam adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal, seperti daun kelor dan jahe. Daun kelor sendiri dikenal dapat membantu mengurangi demam, dan efeknya pada hati lebih ringan daripada obat penurun demam yang dijual bebas.

Sementara itu, jahe diketahui memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan infeksi bakteri penyebab demam.

Mengkonsumsi obat

Minum obat penurun demam dapat membantu meringankan ketidaknyamanan. Ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan sebagai cara untuk menurunkan demam, antara lain asetaminofen, ibuprofen, dan aspirin.

Namun, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan obat dengan cermat. Jika demam tidak turun atau suhu tubuh naik setelah minum obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

kompres panas

Saat demam atau suhu tubuh tinggi, Anda bisa mengompres tubuh dengan air dingin atau es batu yang dibungkus kain. Ternyata, dokter dan tenaga kesehatan tidak menganjurkan cara ini.

Kompres dingin lebih cocok untuk meredakan nyeri otot daripada menurunkan demam.

Suhu tubuh yang tinggi sebenarnya merupakan reaksi kekebalan normal untuk mempertahankan diri terhadap infeksi.

Jika Anda menerapkan kompres dingin, otak Anda akan menafsirkannya sebagai gangguan atau ancaman terhadap proses alami ini.

Akibatnya, tubuh akan meningkatkan suhu inti dan membuat tubuh terasa lebih panas. Selain itu, kompres dingin juga berisiko menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba sehingga menyebabkan tubuh menggigil.

Oleh karena itu, kompres dingin atau mandi air dingin sebaiknya dihindari saat sedang demam atau panas. Cara terbaik adalah mengompres dengan air hangat.

Rendam kaki dalam air hangat

Salah satu cara untuk menurunkan demam dan panas tubuh adalah dengan mencoba merendam kaki di air biasa atau hangat. Rendam kaki setidaknya selama 20 menit.

Kiat-kiat ini dapat membantu mendinginkan dan merilekskan tubuh Anda. Untuk perasaan ekstra menenangkan, Anda dapat mencampur beberapa tetes minyak esensial favorit Anda, seperti minyak peppermint.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi

Untuk mengurangi panas, Anda juga bisa makan beberapa makanan yang banyak mengandung air.

Anda bisa memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus buah dan sayuran.

Tambahkan beberapa es batu agar tetap dingin. Beberapa contoh makanan dengan kandungan air yang tinggi adalah: semangka, strawberry, jeruk, seledri

Minum air kelapa

cara menurunkan demam secara alami


Air kelapa mengandung berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit. Bahan-bahan ini membantu Anda menjadi lebih segar dan energik, terutama ketika Anda merasa lemah karena suhu tubuh yang tinggi.

Air kelapa segar adalah pilihan yang baik untuk menurunkan demam secara alami dibandingkan dengan air kelapa kemasan.

Saat membeli produk kemasan, perhatikan baik-baik label formulanya, terutama kandungan gulanya. Sebagai alternatif, Anda bisa minum teh herbal hangat buatan sendiri untuk menurunkan demam secara alami. Seduh teh tawar dengan potongan jahe, lemon, atau irisan lemon dan madu untuk rasa yang lezat.

Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Jika Anda merasa kepanasan karena demam atau suhu tinggi namun tetap harus beraktivitas, coba kenakan pakaian biasa sebagai cara untuk mengurangi panas tersebut.

Misalnya pakaian yang terbuat dari bahan katun dan linen. Pasalnya, panas lebih mudah keluar dari tubuh dengan bahan alami tersebut, dibandingkan pakaian dengan bahan sintetis seperti akrilik dan nilon.

makan makanan pedas

Makan cabai bisa membuat Anda merasa hangat. Padahal, mengonsumsi tanaman ini juga bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Karena kandungan capsaicin dalam cabai dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa suhu tubuh sedang meningkat. Akibatnya, tubuh bisa berkeringat lebih banyak dari biasanya, dan suhu tubuh turun.

Penuhi asupan makanan Anda

Terkadang, demam yang disebabkan oleh infeksi bisa membuat seseorang merasa mual dan kehilangan nafsu makan. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin, antioksidan, dan mineral untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tidak perlu makan dalam jumlah banyak, cukup makan dalam porsi kecil tapi sering. Sup ayam hangat bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan energi tanpa menimbulkan rasa mual.

Jika makanan masih membuat Anda merasa mual, gantilah dengan jus buah dan sayuran agar tubuh tetap ternutrisi secara optimal.

Setelah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi demam tinggi, demam umumnya mereda, sampai hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika Anda telah mencoba semua cara untuk menurunkan suhu tinggi tetapi demam tidak membaik selama lebih dari 3 hari atau disertai gejala lain, seperti diare, muntah terus-menerus, kejang, atau pingsan.

Posting Komentar untuk "10 Cara Menurunkan Demam Tinggi secara Cepat"