-->
10 Cara Mengobati Sariawan di Mulut, Kenali Penyebabnya
10 Cara Mengobati Sariawan di Mulut, Kenali Penyebabnya

10 Cara Mengobati Sariawan di Mulut, Kenali Penyebabnya

Ada banyak solusi alami untuk sariawan berikut adalah cara mengobati sariawan serta mengatasi rasa sakit yang mengganggu

Sariawan sering membuat penderitanya sulit makan dan minum. Saat keadaan mendesak dan Anda belum menemukan obat sariawan, Anda bisa menggunakan obat fungisida alami. Ada banyak solusi alami untuk sariawan untuk mengatasi rasa sakit yang mengganggu sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan

Apa itu Sariawan?

Stomatitis sariawan atau aphthous adalah infeksi yang terjadi pada bibir dan mulut. Sariawan biasanya muncul di bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, lidah, dan gusi. Sariawan dapat muncul hanya sebagai satu atau beberapa yang menyebar langsung ke rongga mulut dan menyebabkan rasa perih yang tidak menyenangkan.

Meski sering dianggap sepele, sariawan sangat mengganggu bagi penderitanya, terutama saat makan, minum, atau berbicara. Sariawan tidak menular, tetapi semua orang bisa menderita karenanya. Sariawan umumnya menyerang wanita, anak-anak, dan remaja.

Sariawan bisa berbentuk oval atau bulat, putih atau kuning dengan tepi merah. Sedangkan ukuran dan jumlah sariawan yang muncul bervariasi. Sebagai salah satu penyakit mulut yang paling umum diderita orang, sariawan harus segera diobati.

Penyebab sariawan

tanda sariawan akan sembuh

Dengan mengacu pada Healthline, penyebab paling umum dari sariawan adalah pertumbuhan berlebih dari infeksi jamur jenis Candida albicans.

Jamur Candida albicans hidup di dalam mulut. Namun, ketika sistem kekebalan tubuh Anda tidak seimbang, jumlah jamur ini meningkat dan menyebabkan sariawan.

Selain itu, penyebab sariawan lainnya dapat disebabkan oleh efek pengobatan kanker termasuk kemoterapi yang mempengaruhi sel-sel sehat sehingga rentan terhadap sariawan.

Demikian juga, orang dengan HIV dan diabetes yang umumnya memiliki sistem kekebalan yang lemah mendapat manfaat dari pertumbuhan berlebih Clostridium albicans.

Tidak hanya itu, sariawan juga bisa muncul karena kesalahan sederhana lainnya seperti menyikat gigi terlalu keras melukai gusi atau memakan makanan begitu cepat sehingga area lidah atau dinding mulut tergigit.

Jenis Sariawan

Tipe Minor

Jenis sariawan yang pertama adalah tipe sekunder atau maag kecil. Jenis sariawan ini adalah yang paling umum dalam banyak kasus. Jika sariawan atau sariawan di rongga mulut tergolong minor, maka termasuk dalam kategori tipe sekunder.

Pada umumnya diameter luka kurang dari 1 cm atau sekitar 8-10 mm. Sariawan jenis ini sembuh dengan sendirinya dalam 10-14 hari tanpa menimbulkan bekas.

Tipe Mayor

Sebaliknya, jenis sariawan besar lebih parah daripada kondisi luka sariawan kecil. Diameter luka mungkin tidak jauh berbeda, tetapi sariawan jenis utama akan bertahan lebih dari 6 minggu dan menimbulkan bekas. Rasa sakitnya jelas lebih hebat.

Tipe Herpetiform

Akhirnya, ada jenis sariawan kompleks yang disebut herpetiform. Hal ini terlihat dari luka yang muncul di seluruh mulut dengan diameter luka kecil sekitar 2-3 mm. Bentuknya yang tidak beraturan dan lebih menyakitkan membuat sariawan jenis ini akan sembuh dalam waktu sekitar 1-2 minggu. Namun, sariawan jenis ini tidak disebabkan oleh virus herpes.

18 Obat Sariawan yang Ampuh untuk Dewasa dan Anak

obat sariawan paling ampuh di apotik

10 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri

Larutan Garam

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat dan berkumur dengan larutan tersebut selama 15-30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai obat alami sariawan.

Teh Chamomile 

Chamomile mengandung senyawa antiseptik dan anti inflamasi yaitu azulene dan phenol yang dipercaya dapat melembutkan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk mengobati sariawan, Anda bisa merendam teh celup chamomile dalam air hangat. Kemudian kompres bagian yang sakit menggunakan teh celup selama kurang lebih 5 menit 3-4 kali sehari.

Madu

Selain chamomile, madu juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, yang menjadikannya obat yang baik untuk sariawan. Anda bisa mengoleskan madu pada luka 3-4 kali sehari sampai maag sembuh.

Madu terbaik untuk mengobati sariawan adalah madu murni yang tidak melalui proses pasteurisasi.

sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan cepat sembuh, juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, seng, zat besi, dan asam folat. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Tak hanya sayur dan buah, banyak nutrisi untuk mengobati sariawan juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan.

Juga, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini karena sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih agar luka Anda cepat sembuh.

minum yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang mengandung biakan bakteri baik yang berguna untuk menghentikan pertumbuhan jamur C. albicans yang berlebih.

Bila Anda menderita sariawan, Anda cukup makan yogurt setiap hari sampai bakteri baik menyeimbangkan kembali asupan C. albicans Anda.

Minyak cengkih

Cara mengobati sariawan di mulut bisa dengan minyak cengkeh. Minyak ini sering digunakan sebagai obat tradisional karena sifat antiseptiknya.

Anda cukup berkumur dengan minyak cengkeh yang dicampur dengan air hangat sebentar, lalu bilas kembali dengan air hangat biasa untuk menghilangkan rasa baal di mulut.

Minum Lemon

Jus lemon murni hangat atau dingin, difermentasi tanpa gula, diklaim memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang kuat terhadap jamur atau bakteri penyebab sariawan.

Sebuah studi kecil tahun 2009 menemukan jus lemon sangat efektif dalam mengobati sariawan bila dibandingkan dengan gentian violet karena risiko kankernya.

Kunyit

Kunyit, termasuk rempah-rempah, mengandung kurkumin dan volatil yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi.

Untuk mengobati sariawan, kunyit bisa dijadikan minuman hangat kemudian dikumur selama beberapa detik dan dilakukan seperlunya sampai kondisi sariawan membaik.

Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mendorong produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Saat Anda menderita sariawan, Anda perlu meningkatkan asupan harian berupa suplemen atau makanan kaya vitamin C dengan buah dan sayuran untuk mempercepat penyembuhan luka.

cuka sari apel

Sariawan juga bisa diobati dengan mengonsumsi cuka sari apel. Sebuah studi tahun 2015 melaporkan bahwa cuka sari apel adalah antijamur terhadap bakteri Clostridium albicans.

Cukup campurkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air hangat, berkumurlah selama 15 detik dan lakukan prosedur ini setidaknya dua kali sehari sampai maag sembuh.

8 Obat Sariawan yang Ampuh untuk Dewasa dan Anak

Pereda nyeri

Sebagai pereda nyeri sariawan, Anda bisa menggunakan parasetamol yang mudah didapat di kios atau apotek tanpa perlu resep dokter.

Parasetamol juga cenderung aman dikonsumsi, baik untuk anak-anak, dewasa maupun orang tua.

Untuk efek yang lebih kuat, ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri sekaligus mengurangi peradangan akibat sariawan.

Ibuprofen sendiri termasuk dalam golongan obat anti inflamasi non steroid (NSAID).

Saat mengonsumsi ibuprofen, sebaiknya lihat petunjuk penggunaan atau ikuti resep dokter terlebih dahulu. Apalagi jika ibuprofen digunakan untuk mengobati sariawan pada anak.

obat antivirus

Jika sariawan disebabkan oleh virus, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat yang efektif melawan virus. Herpes simplex virus 1 (HSV-1) merupakan salah satu virus yang dapat menyebabkan sariawan.

obat kortikosteroid

Obat kortikosteroid untuk mengobati sariawan umumnya tersedia dalam bentuk tablet hisap, oles dan oral. Obat ini bekerja dengan menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Sebelum mengonsumsi atau menggunakan obat-obatan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab sariawan yang Anda alami.

Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan jenis pengobatan yang tepat untuk mengobati sariawan.

obat antijamur

Sariawan di mulut dan gusi bisa disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa mengonsumsi obat antijamur sesuai resep dokter.

Antibiotik

Metode ini digunakan untuk mengobati sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan dan harus disesuaikan dengan resep dokter.

obat kumur

Selain obat kumur biasa dengan larutan garam atau soda kue, Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis obat kumur. Namun, tidak semua jenis obat kumur bisa digunakan sebagai obat sariawan.

Sebagian besar produk obat kumur yang tersedia di pasaran hanya dapat mengobati sariawan yang ringan dan dangkal, misalnya akibat menggaruk makanan atau menggigit lidah saat mengunyah. Beberapa sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri masih terdaftar juga.

Peneliti dari University of Pennsylvania mengatakan sampai saat ini belum ada obat kumur yang benar-benar efektif sebagai sariawan.

Namun, Anda bisa memilih obat kumur dengan kandungan antiseptik, antijamur, antihistamin, dan kortikosteroid untuk mengobati sariawan.

Kauterisasi

Jika sariawan tidak kunjung hilang, Anda bisa mencoba kauterisasi dengan bahan kimia seperti debakterol atau perak nitrat.

Kedua bahan kimia yang dioleskan (dioleskan) membakar dan menghancurkan luka.

Seperti yang dilaporkan Mayo Clinic, penggunaan debacterol diketahui membantu mempercepat penyembuhan sariawan dalam satu minggu.

Sementara itu, perak nitrat belum terbukti mempercepat penyembuhan, tetapi dapat membantu meredakan rasa sakit akibat sariawan.

Suplemen 

Untuk mengobati sariawan, Anda bisa mengonsumsi suplemen nutrisi sesuai resep dokter. Suplemen biasanya diberikan kepada mereka yang kekurangan nutrisi seperti vitamin B6, vitamin B12, seng dan asam folat.

Hal-hal yang harus diwaspadai agar sariawan Anda tidak bertambah parah

Selain obat sariawan alami di atas, Anda bisa melakukan hal-hal berikut agar sariawan tidak semakin parah, yaitu:
  • Makan makanan lunak yang mudah ditelan.
  • Hindari makanan pedas, asam, dan sangat keras, seperti keripik dan kerupuk.
  • Hindari juga minuman manis dan berkafein, seperti kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol.
  • berhenti merokok.
  • Hindari menyentuh sariawan karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Gunakan obat kumur secara teratur.
  • Gunakan sedotan saat minum, jika maag sangat nyeri.

Bagaimana mencegah kembalinya sariawan

Jika Anda sudah terbebas dari sariawan, lakukan hal-hal berikut agar sariawan Anda tidak kembali:
  • Hindari makan banyak makanan yang dapat mengiritasi mulut, seperti makanan asam, pedas, atau pedas.
  • Selalu jaga kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi secara teratur dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu lembut.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  • Makan makanan bergizi.

Baca juga:

Next
This Is The Current Newest Page