-->
Sempat Pesimis Kejar Mimpi, Penerima Beasiswa Ini Akui BTS Ubah Hidupnya
Sempat Pesimis Kejar Mimpi, Penerima Beasiswa Ini Akui BTS Ubah Hidupnya

Sempat Pesimis Kejar Mimpi, Penerima Beasiswa Ini Akui BTS Ubah Hidupnya

Monda sempat pesimis untuk menggeluti bidang teater musikal. Namun ia mengaku BTS menginspirasi dirinya untuk mendapatkan beasiswa.

Menjadi penggemar K-Pop memberi Anda banyak pengalaman positif. Hal ini diakui oleh Desmonda Cataple yang lebih dikenal dengan Munda. Munda adalah orang Indonesia pertama yang menerima beasiswa Royal Academy of Music (RAM) di bidang Musical Theatre.



Dia adalah mahasiswa pascasarjana yang berspesialisasi dalam Teater Musikal di RAM. Namanya sempat viral di Twitter beberapa waktu lalu berkat utas yang ditulis oleh @salshaindr untuk beasiswa yang sukses.

“Saya telah berada di militer selama 4 tahun, dan BTS telah memainkan peran besar dalam mengubah jalan hidup saya,” kata Munda.

“Sebelumnya, saya depresi karena saya tidak melihat ada celah dalam mengejar impian saya dan melakukan apa yang ingin saya lakukan, saya merasa terjebak dalam dunia dan pekerjaan yang tidak terhubung,” tambah Munda.

Munda mengaku setelah mengenal BTS dan mengetahui kerja keras mereka, ia menjadi inspirasi. Hal ini terutama terjadi ketika BTS menciptakan bisnis mereka dan bangga serta senang dengan pekerjaan mereka sendiri.

“Mereka (BTS) terus berjalan dan tidak peduli apa keadaan industri atau lingkungan yang tidak memungkinkan mereka untuk sukses, mereka tetap fokus pada seni mereka dan dengan cara itu mereka dapat membuat jalan mereka sendiri tanpa harus berkompromi dengan diri mereka sendiri,” kata Munda.

Menurut Monda, selain dari posisi yang dimiliki setiap anggota BTS, lagu-lagu tersebut juga banyak meningkatkan Monda dan membantunya untuk lebih percaya diri dengan pilihan lagunya.

Kecintaannya pada dunia teater musikal juga mengantarkan Munda mendirikan Jakarta Society for the Performing Arts.

“Saya senang ini awalnya hanya komunitas kecil dan telah berhasil menjadi komunitas yang dapat menampilkan musik dengan lisensi internasional dengan orkestra langsung,” kata Munda.

Munda juga menuturkan, sebelum menerima beasiswa dari RAM, Munda mendapatkan beasiswa untuk mengikuti workshop pelatihan di Broadway.

"Saya mendapat beasiswa dari Indonesia ke program Broadway. Selama pandemi, saya berpartisipasi dalam musik online Malin Kundang oleh Indonesia Kaya dan klip audio musik itu viral di tiktok," kata Munda.

Meski baru delapan bulan berada di Inggris, ia mengaku telah bekerja sama dengan banyak legenda musik panggung.

"Saya bisa bertemu dan bekerja dengan banyak legenda teater musikal, misalnya di konser Sondheim's Old Friends dan banyak lagi," kata Munda.

Baca juga: