-->
Cara Super Mudah Membuat NPWP
Cara Super Mudah Membuat NPWP

Cara Super Mudah Membuat NPWP

Berikut adalah cara mudah membuat NPWP secara online dimana dan kapanpun

Cara membuat NPWP online sama sekali tidak ribet dan sangat mudah dilakukan. Persyaratan yang harus dipersiapkan juga tidak banyak dan mudah didapat. Adanya layanan pembuatan NPWP online memudahkan warga negara yang wajib membayar pajak dapat membayar pajaknya dengan mudah dan anti ribet.

cara membuat npwp


Tata cara pembuatan NPWP Online



Cara membuat NPWP online dapat anda pelajari dengan mudah, sehingga anda dapat segera mengaplikasikannya setelah anda membaca artikel ini. Pendaftaran NPWP online adalah layanan yang disediakan pemerintah dengan tujuan agar pembayaran pajak semakin merata dan dilaksanakan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat yang berkewajiban.

Sebelum mendaftar, anda perlu menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan. Berkas pendaftaran yang dibutuhkan berbeda-beda antara satu wajib pajak dengan wajib pajak jenis yang lain. Misalnya wajib pajak bagi orang pribadi non usahawan dengan wajib pajak orang pribadi yang memiliki usaha. Apalagi jika wajib pajak yang didaftarkan adalah wajib pajak badan, bukan perorangan. Akan sangat berbeda berkas yang perlu dipersiapkan sebagai persyaratan. Hal ini juga bergantung pada jenis usaha yang didaftarkan.

Tata cara mendaftar NPWP secara online adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman dirjen pajak ereg.pajak.go.id/login
  2. Login atau sign in dengan mencantumkan alamat email yang masih aktif dan masukkan kode Captcha yang tertera. Isi data diri, alamat email, dan pasword yang akan digunakan nantinya untuk login.
  3. Isi formulir registrasi data NPWP sesuai intruksi yang diminta, setelah itu, upload berkas-berkas yang dipersyaratkan.
  4. Setelahnya, klik ‘simpan’, lalu klik ‘minta token’ dan masukkan kode captcha yang ada. Lalu klik ‘submit’. Token akan terkirim secara otomatis ke alamat email yang digunakan.
  5. Buka kembali email yang anda masukkan di awal, salin kode token yang telah dikirim, lalu tempel di halaman pendaftaran. Lalu klik kirim
  6. Akan diinformasikan melalui alamat email mengenai disetujui tidaknya permohonan anda. Jika ditolak, maka anda perlu mengulang semua proses tersebut dari awal dengan cara yang sama. Penolakan tersebut mungkin karena adanya beberapa data yang kurang lengkap. Jika disetujui, maka kartu NPWP anda akan segera dikirim ke alamat yang telah anda cantumkan melalui pos.

Sayangnya, bisnis-bisnis kecil maupun rumahan yang tidak mencatat laporan keuangannya dengan baik, kesulitan untuk membayar pajak ini. Itulah pentingnya membuat laporan keuangan yang sistematis dan jelas. Di era yang serba mudah ini, anda tidak perlu bingung untuk menyusun laporan keuangan secara sistematis. Telah terdapat aplikasi BukuKas yang dapat membantu anda dalam hal mencatat keuangan bisnis anda, terutama bagian pengeluaran dan pemasukan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh usaha kecil seperti warung atau bahkan usaha yang lebih besar dari itu. 

Cara membuat NPWP online sama sekali tidak ribet dan efisien. Hal ini tentu sangat memudahkan para wajib pajak, apalagi status kartu NPWP juga berlaku seumur hidup. Jadi tidak perlu melakukan perpanjangan Sebagai warga negara yang baik, setiap perorangan dan badan usaha wajib memiliki kartu NPWP ini. 


Baca juga:

Your Reactions: