Sebelum Melakukan Investasi Obligasi, Kenali Risikonya Terlebih Dahulu
Sebelum Melakukan Investasi Obligasi, Kenali Risikonya Terlebih Dahulu

Sebelum Melakukan Investasi Obligasi, Kenali Risikonya Terlebih Dahulu

Investasi Obligasi memang banyak diminati karena memberikan peluang untuk memperoleh ORI yang lumayan tinggi, namun dibalik itu semua tentu juga terdapat resiko yang menghantuinya. Apa saja?, berikut adalah ulasannya

Semua investasi sudah tentu memiliki risiko sendiri-sendiri, termasuk ORI atau yang dikenal dengan Obligasi Ritel Indonesia. Bagi Anda yang tertarik melakukan investasi ORI, Anda harus mengenal apa saja risiko dari investasi ORI ini sejak awal, sehingga Anda bisa tepat dalam mengambil langkah investasi kedepannya.
Investasi Obligasi

Mengenal Risiko Investasi ORI


Sebenarnya, risiko yang dimiliki ORI ini terbilang begitu kecil. Namun tetap saja tetap memiliki risiko kerugian. Salah satu risiko yang dimiliki ORI adalah risiko pasar. ORI memiliki risiko kerugian karena adanya penurunan harga pasar. Kerugian ini dapat muncul saat investor melakukan penjualan di pasar sekunder sebelum jatuh tempo, sehingga harga yang diperoleh bisa lebih rendah dibandingkan dengan harga beli.

Tetapi, risiko ini dapat dihindari jika Anda tak menjual ORI sebelum masa jatuh tempo tiba, atau bila ingin menjualnya, jual saat harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli, sehingga penjualan akan semakin menguntungkan.

Selain risiko pasar, ada pula risiko likuiditas. Risiko ini hampir sama dengan risiko pasar. Untuk risiko likuiditas ini, dapat terjadi akibat penjualan ORI sebelum jatuh tempo datang. Anda bisa mengalami kesulitan untuk melakukan penjualan ORI di pasar sekunder dengan harga yang layak

Apa Saja Keuntungan yang Diberikan ORI?

ORI memiliki keuntungan seperti adanya kupon ORI. Nantinya, Anda akan memperoleh kupon yang dibagikan setiap bulan dengan nilai yang tetap. Nilai ini tak berpengaruh pada fluktuasi harga pasar yang saat ini terjadi. Bila melihat di waktu pembagian kupon, sebenarnya hal tersebut seperti gajian bulanan untuk mereka yang menerimanya.

ORI adalah instrumen investasi yang bisa diperjualbelikan ke Bursa Efek Indonesia. Nantinya, proses ini dapat dilakukan bila investor ingin menjual ORI yang ia miliki sebelum jatuh tempo. Sehingga, bila nilai jual menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan nilai beli, Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan dari penjualan tersebut.

ORI adalah investasi yang cukup menggiurkan di masa depan, sebisa mungkin cari manajer investasi terbaik dalam hal ini.

Baca juga:

Your Reactions: