Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Diabetes
Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Diabetes

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan untuk penderita diabetes tentunya adalah makanan sehat, yang tidak mengandung banyak gula. Berikut adalah 3 daftar makanan apa saja yang baik untuk para penderita diabetes

Makanan untuk diabetes dapat dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, jika Anda salah memilih makanan, kadar gula bisa naik dengan drastis. Sayangnya, tidak banyak yang tahu makanan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Tetapi jangan khawatir, karena Anda akan menemukan jawabannya disini.
Makanan Untuk Penderita Diabetes

3 Makanan untuk Para Penderita Diabetes


Diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme dalam waktu yang lama, yang mana menganggu pankreas dalam memproduksi insulin. Diabetes ditandai dengan kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi. Maka dari itu, jangan sampai Anda salah memilih makanan sehingga makanan tersebut tidak menyebabkan kadar gula Anda semakin tinggi. Rekomendasi makanan untuk diabetes antara lain:

1. Jagung

Jagung adalah bahan makanan yang mudah ditemukan dan diolah. Jagung sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes karena jagung memiliki nilai gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi. Bahkan penelitian menyebutkan, jika Anda rutin mengkonsumsi jagung maka ia akan membantu mengontrol gula darah Anda.

2. Sayuran hijau

Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran hijau memiliki segudang manfaat. Kandungannya yang kaya akan vitamin, mineral, dan sebagainya menjadikan ia baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya itu, sayuran hijau cenderung rendah kalori dan juga karbohidrat sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Sayuran hijau tersebut misalnya brokoli, sawi, bayam, bok choi, dan lain sebagainya. Anda bisa mengkreasikan masakan tersebut sesuai dengan kreatifitas Anda. Meskipun begitu, sebaiknya Anda memperhatikan prosesnya sehingga tidak menyebabkan gizinya hilang.

3. Kacang-kacangan

Selain sayuran hijau dan jagung, kacang-kacangan juga merupakan rekomenasi makanan untuk diabetes. Pasalnya, kacang-kacangan umumnya memiliki serat dan protein yang tinggi serta kandungan gula yang rendah. Kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi misalnya kacang almond, mete, kenari, dan lain sebagainya.

Jika Anda bingung dengan cara memvariasikan menu yang tepat untuk penderita diabetes, Anda bisa langganan catering yang khusus menyediakan menu untuk diabetes. Di Jakarta sendiri sudah banyak catering yang menyediakan menu khusus untuk penderita diabetes, misalnya catering Gorry.

Baca juga:

Your Reactions: