Cara Memilih Perlindungan Antivirus Terbaik: Yang Perlu Anda Ketahui
Cara Memilih Perlindungan Antivirus Terbaik: Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Memilih Perlindungan Antivirus Terbaik: Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana memilih perlindungan antivirus terbaik bagi komputer atau laptop kamu

Dunia digital bisa menjadi tempat yang cukup berbahaya dengan kehadiran virus, ransomware, malware, dan phishing di dalamnya. Karena itu, perlu menggunakan perlindungan kualitas untuk melindungi perangkat dan data Anda dari semua jenis ancaman.
Cara Memilih Perlindungan Antivirus Terbaik

Selama seseorang terhubung ke internet, baik menggunakan smartphone, laptop, desktop atau tablet, ancaman terkena bahaya yang tidak diinginkan tidak hilang. Jelas, seseorang perlu menggunakan perlindungan antivirus.

Namun, dengan begitu banyak produk antivirus yang tersedia, mudah untuk menjadi bingung ketika mencoba untuk memilih antivirus terbaik secara keseluruhan.

Apa saja jenis ancaman terhadap antivirus yang baik yang akan memberikan perlindungan?

Bukan hanya virus yang perlu dikhawatirkan lagi. Istilah umum untuk e-ancaman adalah malware, dan menggunakan perangkat lunak antivirus yang berkualitas akan memberikan keamanan terhadap semuanya, terutama:

  • Virus - Ini adalah perangkat lunak berbahaya yang memiliki kemampuan untuk mereplikasi dirinya sendiri dan menginfeksi perangkat lain juga.
  • Ransomware - Ketika terinfeksi, pengguna tidak diberi akses ke file dan data pribadi mereka sampai dan kecuali mereka membayar jumlah sebagai tebusan untuk mengambil data yang diblokir.
  • Spyware dan Adware - Ini terutama ditemukan dalam perangkat lunak yang tersedia secara bebas, dan mereka menghasilkan iklan yang tidak perlu sambil mengganggu proses normal. Mereka juga dapat melacak pola kadang-kadang.
  • Phishing - Dalam kasus ini, beberapa situs web dimanipulasi secara luas sehingga mereka akan mengarahkan pencarian ke situs web berbahaya lainnya yang mencuri data pribadi pengguna, dan kadang-kadang bahkan mencuri kredensial info masuk akun rentan.
Bagi banyak pengguna, mereka menganggap keamanan apa pun yang ada di sistem mereka sebagai garis pertahanan utama melawan malware. Namun, malware terus meningkat setiap saat, dan semakin sulit setiap hari untuk melindungi perangkat Anda.

Oleh karena itu, orang perlu memiliki ide yang baik tentang fitur-fitur karakteristik yang hadir dalam antivirus terkemuka.

Fitur yang menjadikan produk antivirus terbaik

Banyak pilihan di luar sana jika seseorang mencari perlindungan antivirus terbaik. Beberapa dari mereka adalah:

  • Memberikan perlindungan dalam penelusuran yang dapat membantu menghilangkan ancaman saat menjelajahi internet.
  • Membantu melindungi perangkat terhadap tautan yang mencurigakan dan phishing di berbagai platform jaringan.
  • Firewall yang kuat yang benar-benar dapat memblokir ancaman lanjutan ke komputer.
  • Kontrol yang dapat disesuaikan sehingga aktivitas orang lain yang mengakses perangkat dapat dibatasi.
  • Prosedur identifikasi yang efektif dan canggih untuk virus serta penghapusan lengkapnya.
  • Keamanan tingkat tinggi dengan penggunaan memori sistem yang minimal, sehingga kinerja perangkat sangat terpengaruh.
  • Untuk memberikan perlindungan lengkap dari jenis ancaman baru dengan segera menyediakan pembaruan saat dan ketika diperlukan.
  • Ketersediaan mode di mana virus dihapus dari perangkat ke area yang aman dan sangat aman di mana tidak dapat membahayakan, sebelum penghapusan total virus dari sistem.
  • Menyediakan opsi cadangan yang memadai, yang dapat membantu seseorang dalam mengambil data yang hilang dan rusak pada perangkat jika terjadi kecelakaan.

Bagaimana cara memilih perlindungan antivirus terbaik?

Sebelum menyelesaikan pembelian antivirus, orang harus mempertimbangkan perangkat yang mereka coba lindungi. Juga, seseorang harus melihat apakah anggota keluarga lainnya memerlukan perlindungan yang sama atau tidak untuk perangkat mereka juga.

Kualitas adalah faktor yang paling penting, dan selanjutnya adalah anggaran. Produk antivirus dengan kualitas yang sama sering kali memiliki harga yang berbeda. Oleh karena itu, orang harus pergi ke tempat di mana tingkat perlindungan tinggi dan biayanya cukup rendah.

Sama pentingnya adalah untuk memeriksa antarmuka pengguna antivirus. Antivirus yang baik harus mudah digunakan. Secara keseluruhan, interaksi antivirus dengan perangkat lunak harus lancar.

Produk antivirus top seperti Bitdefender memberikan perlindungan pada banyak perangkat dengan sistem operasi yang berbeda juga.

Lapisan perlindungan antivirus yang berkualitas baik


  • Pencegahan intrusi dan Firewall - Solusi pencegahan intrusi atau IPS adalah teknologi yang menyediakan perlindungan jaringan saat memeriksa data yang masuk dan memblokir situs yang mencurigakan. Ini termasuk mencegah pembukaan situs web yang tidak tepercaya.
  • Perlindungan berdasarkan file - Antivirus yang baik juga akan memberikan keamanan berbasis file yang akan mengidentifikasi malware yang ada dalam file yang rusak saat ini dalam sistem dan mengisolasinya sehingga tidak ada file yang dapat terinfeksi atau rusak lebih lanjut.
  • Perlindungan berdasarkan reputasi - Ketika salah satu produk antivirus terbaik ikut bermain, sistem keamanan sangat canggih sehingga dapat menetapkan tingkat ancaman ke situs web tertentu berdasarkan perilaku atau reputasinya. Jelas, situs atau iklan yang memiliki reputasi buruk tertentu diblokir secara otomatis atau pemindaian berlangsung setiap kali situs tersebut diakses.
  • Perlindungan berdasarkan perilaku - Program antivirus tingkat lanjut juga memantau perilaku file yang berbeda menggunakan AI atau Kecerdasan Buatan. Dengan bantuan ini, risiko terinfeksi dari ancaman yang tidak diketahui berkurang secara substansial.
  • Kemampuan untuk memperbaiki - Bahkan dengan tingkat keamanan tertinggi, terkadang beberapa file menjadi rusak atau rusak. Dalam kasus inilah produk antivirus terbaik dapat membantu. Tidak hanya antivirus akan mengidentifikasi dan menghapus ancaman, tetapi juga dapat memperbaiki file yang rusak dan mengembalikan versi normal file itu pada perangkat.


Sebagai kesimpulan, kami telah melihat berbagai metode, fitur, dan cara kerja program antivirus top. Ketika seseorang perlu memilih perlindungan antivirus terbaik, mengingat hal-hal tertentu dalam pikiran akan sangat membantu dalam proses pemilihan.

Baca juga:

Your Reactions: