10 Game Coding Terbaik untuk Anak Mempelajari Bahasa Programming
10 Game Coding Terbaik untuk Anak Mempelajari Bahasa Programming

10 Game Coding Terbaik untuk Anak Mempelajari Bahasa Programming

Berikut adalah 10 rekomendasi game coding terbaik untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa pemprogaman

Anak-anak sangat suka bermain game, tetapi tidak semua dari mereka bermanfaat untuk gaya hidup mereka atau bahkan - mari kita lihat melampaui saat ini - masa depan mereka. Namun, ada yang! Tahukah Anda bahwa permainan pemrograman untuk anak-anak dapat membuat permainan menjadi waktu yang berkualitas dan mengajari anak-anak Anda beberapa keterampilan tingkat lanjut seperti coding?
Game Coding Terbaik

Hari ini, mereka mengkonsumsi produk digital yang siap pakai, tetapi saatnya akan tiba (mari kita hadapi itu) ketika kemampuan untuk kode akan sangat penting di pasar kerja. Apakah anak-anak kita akan kompetitif atau tidak tergantung pada seberapa pandainya mereka memahami kode saat ini. Semua orang tua setuju bahwa hasrat bermain game harus memiliki outlet kreatif, bukan yang destruktif.

10 Game Coding untuk Anak-Anak Belajar Pemrograman


Sangat menyenangkan melihat anak-anak membangun situs mereka sendiri menggunakan pembuat situs game. Pemrograman adalah outlet keren lainnya yang membantu mereka membuat bukan hanya kode, tetapi masa depan yang cerah. Dalam daftar ini, kami telah mengumpulkan sepuluh game pengkodean menyenangkan terbaik untuk anak-anak untuk membantu mereka memulai awal dalam pemrograman.

1. Code Master (browser)

Berdasarkan permainan papan yang terkenal, versi online desktop dari ThinkFun ini memiliki level pemula dan lanjutan. Seorang anak bermain Avatar yang harus melakukan perjalanan ke kuil dan mengumpulkan kristal saat bepergian. Jangan tertipu oleh grafik biasa dan pengontrolan sederhana. Gim ini cukup menantang bahkan untuk orang dewasa karena membutuhkan pemikiran logis dan menggunakan berbagai puzzle arah untuk mencapai tujuan. Ini mengajarkan coding secara implisit membuat Anda berpikir sebagai komputer pemrograman.

2.  Scratch (browser)

Scratch, produk MIT, adalah antarmuka pembelajaran online tempat anak-anak dapat membuat cerita, game, dan animasi mereka sendiri hanya dengan menyeret dan menjatuhkan blok pemrograman. Setelah mereka menguasai dasar-dasar sistem, pemrograman dengan Scratch menjadi sesederhana bermain dengan blok Lego dan sama menariknya dengan membuat kartun Anda sendiri. Juga, Scratch adalah sebuah komunitas di mana anak Anda dapat berbagi keahlian pemrograman mereka dan memainkan permainan gratis yang dibuat oleh anak-anak lain.

3. CodeCombat (browser)

CodeCombat adalah lingkungan pemrograman yang mengingatkan permainan role-playing fantasi dengan grafis keren di mana seorang anak perlu mengetikkan kode untuk membuat karakter melakukan apa yang mereka inginkan. Bahasa program yang tersedia adalah JavaScript, CoffeeScript (menggunakan sintaksis JavaScript yang disederhanakan), Python, dan Lua. Platform ini menyediakan tutorial yang diperlukan untuk membantu anak-anak menguasai sintaksis kode yang baik. Gim ini dapat dimainkan online secara gratis tanpa masuk.

4. CodinGame (browser)

Dikembangkan untuk orang dewasa, game pengkodean online ini dapat digunakan oleh anak-anak dan remaja dewasa sebelum waktunya untuk memompa diri mereka sendiri untuk karier coding yang akan datang. Komunitas game ini adalah peluang besar bagi anak muda yang berbakat untuk diperhatikan. CodinGame mendukung banyak bahasa pengkodean termasuk JavaScript, PHP, Lua, Swift, dan Ruby.

5. Blockly Games: Maze and Blockly Games (browser)

Blockly Games: Maze adalah game 10 level online pendek yang memperkenalkan anak-anak muda untuk membebaskan Blockly Games Google dengan mengajarkan mereka untuk menggunakan elemen pemrograman drag-and-drop. Selain Labirin, Blockly Game terdiri dari Puzzle (permainan pendahuluan), Bird (mengajarkan conditional), dan Turtle (mengajarkan loop).

6. Code Karts (iOS, Android)

Game ini untuk coders termuda mengajarkan cara menggunakan teka-teki logis (directional bricks) untuk membantu mobil balap mencapai garis finish. Gim ini memiliki lebih dari 70 level berbeda dengan berbagai mode, mendukung 20 bahasa, dan menyediakan lingkungan yang menyenangkan untuk mempelajari konsep kode.

7. Bee-Bot (iOS)

Game interaktif ini dirancang untuk anak-anak berusia empat tahun ke atas mengajarkan keterampilan pengarahan arah dan urutan serta berhitung dan melek huruf. Aplikasi ini memiliki 12 level berbeda dengan aktivitas serba guna yang berkembang dalam kesulitan memberikan ruang bagi coders termuda untuk tumbuh.

8. CodeSpark Academy (iOS, Android)

Aplikasi pemenang penghargaan, yang populer di kalangan anak-anak di 200 negara, mengajarkan dasar-dasar pemrograman dalam bentuk permainan dan teka-teki menggunakan batu bata pengodean grafis. Saat keterampilan pengkodean anak Anda diasah, aplikasi ini menawarkan aktivitas dan konten koding pribadi harian (memerlukan berlangganan) yang dikembangkan oleh para peneliti dari Princeton, MIT, dan Carnegie Mellon.

9. Code Monkey (browser)

Sebuah permainan yang mengajarkan kode saat bermain, Code Monkey mempromosikan kreativitas anak dan keterampilan pemrograman dasar yang diperlukan untuk membantu monyet mendapatkan pisang. Permainan sederhana ini, yang awalnya dikembangkan sebagai sumber bagi guru sekolah, akan bermanfaat bagi setiap pembuat kode kecil karena dengan sempurna memelihara logika, keterampilan memecahkan masalah, dan kreativitas.

10. Lightbot (browser, iOS, Android)

Game puzzle pemrograman pemenang penghargaan yang telah disertakan dalam kurikulum banyak sekolah mengajarkan logika pemrograman (prosedur, urutan, loop, persyaratan, pengujian, debugging, dll.) Sementara anak-anak bersenang-senang membantu robot mereka menerangi ubin biru. Retasan ini untuk memprogram robot dengan urutan perintah untuk membuatnya lulus level dalam satu kali run. Lightbot adalah tempat yang menakjubkan di mana seorang anak dapat bersenang-senang dan belajar kode nyata secara bersamaan.

Baca juga:

Your Reactions: