Mengenal Jenis-Jenis Luka Yang Perlu Anda Ketahui
Mengenal Jenis-Jenis Luka Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Jenis-Jenis Luka Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah 5 jenis luka yang paling lumrah dan wajib kamu tahu untuk bisa mengenali dan memberikan pertolongan pertama yang tepat

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya luka, entah itu luka ringan ataupun luka lecet. Seperti tersandung batu, jatuh dari pohon, jatuh dari sepeda, tersayat pisau atau terkena panas knalpot. Jika Anda atau teman Anda mengalami hal seperti itu, tak usah khawatir harus pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan atau perawatan khusus, karena Merawat Luka Kecil bisa dilakukan sendiri di rumah dengan perlengkapan luka yang tersedia.
Mengenal Jenis-Jenis Luka Yang Perlu Anda Ketahui

Luka pasti akan menimbulkan rasa sakit, tapi rasa sakit tersebut akan berbeda-beda sesuai tingkat luka dan jenis luka tersebut. Setidaknya ada 5 jenis luka yang mudah untuk dikenali berdasarkan penyebabnya:


  • Baret atau laserasi
Merupakan luka dalam yang bentuknya tidak teratur, yaitu kulit robek dan pendarahan yang luas dan cepat. Luka ini disebabkan oleh berbagai peralatan, seperti pisau, mesin dan lainnya.
  • Luka tusukan
Yaitu lubang kecil yang disebabkan oleh tusukan benda tajam, seperti paku, jarum atau yang lainnya. Meskipun tidak menyebabkan darah yang keluar banyak, namun luka ini bisa menembus bagian organ dalam tubuh lainnya. Disarankan untuk pergi ke dokter agar ditangani dengan baik dan benar dan mendapatkan vaksinasi untuk mencegah infeksi, tapi kalau tertusuk biasa bisa Anda tangani sendiri.
  • Avulsion
Yaitu robeknya sebagian ataupun seluruh kulit dan juga jaringannya. Biasanya dikarenakan luka tembakan, ledakan, kecelakaan berat ataupun perkelahian berat. Darah yang keluar dari luka ini biasanya cepat dan banyak keluar.
  • Abrasi
Yaitu ketika kulit bergesekan atau juga menggores permukaan kasar dank eras, seperti jalanan yang beraspal. Meskipun tidak mengeluarkan banyak darah, namun jenis luka ini harus dibersihkan dengan baik untuk menghindari infeksi.
  • Sayatan
Biasanya jenis luka ini disebabkan oleh pecahan kaca, silet, pisau ataupun benda tajam lainnya. Biasanya darah yang keluar cukup banyak dan cepat. Jika luka sayatan ini dalam, maka akan merusak lapisan ligament, tendon dan juga otot.

Jika Anda sudah mengetahui jenis-jenis luka tersebut, maka Anda harus melakukan Pertolongan Pertama Ketika Luka dengan baik dan benar, selalu sediakan plester Hansaplast di rumah atau kemana pun Anda pergi selalu sedia dalam tas untuk antisipasi jika terjadi luka ringan.

Baca juga:

Your Reactions: