Cari Tahu Yuk Mums Tes Apa Saja Yang Harus Dilakukan Di Masa Kehamilan!
Cari Tahu Yuk Mums Tes Apa Saja Yang Harus Dilakukan Di Masa Kehamilan!

Cari Tahu Yuk Mums Tes Apa Saja Yang Harus Dilakukan Di Masa Kehamilan!

Berikut adalah 5 tes yang harus dilakukan oleh calon Ibu pada masa kehamilan agar calon buah hati sehat saat lahir nanti

Kehamilan adalah moment yang sangat dinanti-nanti oleh wanita di dunia ini, karena saat hamil perempuan akan merasa bahagia. Berbagai macam cara pun dilakukan untuk menjaga dan selalu memantau tumbuh kembang pada janin saat kehamilan. Tidak ada satupun ibu di dunia ini yang ingin anaknya lahir dengan keadaan yang kurang. Terkecuali kalau hal tersebut memang sudah menjadi kehendak Tuhan. Tapi, tidak ada salahnya bila Mums menjaga dan merawat janin di awal kehamilan. Agar dapat dihindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bayi lahir nanti.

Untuk dapat menjaga dan merawat janin dengan sangat baik, ada baiknya bila Mums melakukan beberapa https://www.guesehat.com/serangkaian-tes-untuk-ibu-hamil agar dapat segera berindak apabila sudah ada hal-hal aneh pada janin. Dan berikut ini adalah beberapa rangkaian tes yang dapat Mums lakukan selama masa kehamilan, diantaranya adalah:

1. Tes Hematologi lengkap

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya kelainan pada komponen darah secara keseluruhan. Tes ini bisa dilakukan selama masa kehamilan, baik pada trimester 1, trimester 2, atau bahkan saat persalinan. Selain itu untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan pada organ hati dan ginjal pada ibu hamil, termasuk jika ada gangguan pada pembekuan darah, juga risiko hipertensi pada ibu hamil.

2. Tes Golongan darah

Ibu hamil yang belum mengetahui golongan darahnya sangat disarankan untuk melakukan tes ini untuk mengetahui golongan darah.

3. Tes Rhesus pada Ibu dan Janin

Rhesus pada ibu dan janin perlu dicek untuk mengetahui apakah rhesus keduanya cocok atau tidak. Apabila di antara ibu dan janin tidak cocok, maka, akan muncul penyakit rhesus pada bayi dimana sel-sel darah merah pada janin bisa dirusak oleh antibodinya sendiri.

4. Tes Glukosa

Tes ini untuk mendeteksi kemungkinan adanya diabetes gestasional pada ibu hamil. Hal ini juga perlu diketahui, karena kehamilan dan diabetes itu sendiri adalah dua hal yang akan saling mempengaruhi.

5. Tes Virus hepatitis

Tes ini dilakukan dengan melakukan beberapa tes seperti GbsAg (untuk mendeteksi virus hepatitis B), tes Anti HBs (untuk mendeteksi antibodi pada hepatitis), dan Anti HCV (untuk mendeteksi virus hepatitis C).

Baca juga:

Your Reactions: