4 Hidangan Legendaris Solo yang Bikin kamu Nostalgia!
4 Hidangan Legendaris Solo yang Bikin kamu Nostalgia!

4 Hidangan Legendaris Solo yang Bikin kamu Nostalgia!

Berikut adalah daftar 4 Hidangan Legendaris Solo yang Bikin kamu Nostalgia!, Sekali makan pasti rindu terus.

Bicara soal nostalgia, semua hal pasti punya porsi tersendiri untuk membangkitkan kenangan dari dalam diri seseorang. Entah itu, lagu, tempat, barang, atau makanan. Solo termasuk salah satu kota yang punya banyak hidangan legendaris yang sudah eksis sejak puluhan tahun lalu. Jauh sebelum kamu lahir! Kalau orangtua mu berasal dari Solo, coba lihat-lihat tiket pesawat online untuk tujuan Solo dan beri kejutan untuk mereka. Jangan lupa mampir makan di tempat-tempat legendaris di bawah ini!

Tengkleng Bu Edi

Sumber foto: http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/tengkleng_20160316_113140.jpg

Tengkleng langganan Pakdhe Jokowi ini punya cita rasa yang tiada duanya, kalau kamu kangen dengan rasanya yang khas, kamu harus cari tiket pesawat online dan langsung menikmatinya di Solo. Menikmati tengkleng di dalam pincuk sambil duduk bawah pohon rindang, syahdu.... Bagi yang belum tau, tengkleng adalah hidangan khas Solo, mirip gulai tapi kuahnya lebih encer, biasanya berisi jeroan dan tulang kambing. 

Tengkleng Bu Edi sendiri sudah memulai usahanya sejak tahun 1971, jadi wajar kalau kehadirannya di masa milenial ini dianggap sebagai mesin waktu untuk para pelanggannya. Lokasi warungnya di Pasar Klewer, kalau kamu kesusahan nyari lapaknya, tanya aja sama orang sekitar, demi menikmati tengkleng ikonik. Buka mulai pukul 12 siang, kalau bisa datang sebelum pukul 12, biar gak kehabisan!

Serabi Notosuman

Sumber foto: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0b/e3/f4/7c/serabi-notosuman-ny-lidia.jpg

Keberadaan serabi ini sudah ada sebelum kemerdekaan negara kita, tepatnya sejak 1923. Serabi Notosuman dimasak dengan arang dan dibalut daun pisang, bisa dipastikan kalau rasanya sangat khas! Berlokasi di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo dan buka mulai pukul 7 pagi. Kamu gak perlu untuk repot-repot pesan tiket pesawat online, karena Serabi Notosuman sudah punya banyak cabang di luar Solo.

Selat Mbak Lies

Sumber foto: https://www.goodindonesianfood.com/story/file/2016/05/solo-heritage-selat-solo-mbak-lies1--1170x780.jpg

Hidangan legendaris lainnya adalah Selat Mbak Lies yang terketak di Jalan Veteran, Gang II No 42, Serengan, Solo. Tempatnya unik, menyerupai toko souvenir karena banyak barang-barang yang lucu dan antik. Nyetrik banget! Selat Mbak Lies gak buka cabang di manapun, satu-satunya hanya ada di Solo, jadi mau gak mau ya harus cari tiket pesawat online, deh.

Selat Mbak Lies sudah berdiri sejakl tahun 1985, pendirinya bernama Wulandari Kusmadyaningrum atau biasa dipanggil mbak Lies, nama panggilannya gak nyambung, ya? hehehe... Selat adalah salad tapi dalam versi kearifan lokal masyarakat Solo, dimodifikasi sedemikian rupa agar cocok dengan lidah kita.

Soto gading

ISumber foto: https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/03/Kelezatan-Soto-Gading.jpg

Salah satu hidangan yang jadi santapan favorit Pakdhe Jokowi, nih, Soto Gading. Memang gak bisa dipungkiri, sih, Soto Gading enak banget... Berlokasi di Jalan Bridhen Sudiarta 76, warung soto legendaris ini siap menghidangkan soto berkuah kental dengan isi soun, daging ayam dan taburan bawang goreng. Yang bikin bahagia adalah makanan pendampingnya, ada sate usus, empal, tahu tempe, perkedel, dan masih banyak lagi. Bisa kalap kalau makan di sini!

Baru 4, nih! Masih banyak hidangan legendaris yang lainnya! Persiapkan tiket pesawat online dari sekarang dan langsung berwisata kuliner di Solo. Sekali nyoba, pasti pengin datang lagi, lagi, lagi, dan lagi! Mau wisata kuliner kenyang, enak, dan murah? #gampang! Kulineran bareng Mister Aladin aja!

Baca juga:

Your Reactions: