9 Ilmu Desain Grafis yang Penting untuk Dipelajari
9 Ilmu Desain Grafis yang Penting untuk Dipelajari

9 Ilmu Desain Grafis yang Penting untuk Dipelajari

Berikut adalah 9 Ilmu Desain Grafis yang Penting untuk Dipelajari bila kamu ingin sukses menjual karya desain

Desain grafis kini semakin banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, kini beragam konten perlu desainer grafis untuk membuat kontennya menjadi lebih menarik. Hal inilah yang membuat banyak orang untuk terus belajar mengenai desain grafis.
Ilmu Desain Grafis

Memang, ada beberapa orang yang belajar desain grafis dengan formal yaitu dengan mengikuti kelas khusus. Mulai dari les hingga dengan mempelajarinya di universitas atau sekolah tinggi. Jurusan desain grafis sendiri saat ini banyak dinikmati orang karena kebutuhan.

Sebenarnya, kita bisa mempelajari desain dengan otodidak, tapi paling tidak kita perlu untuk mempelajari berbagai ilmu desain grafis sehingga tidak asal-asalan ketika akan membuat desain. Dan kini pun membuat desain sendiri bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya platform desain berbasis Internet yang gratis.

Berikut adalah ilmu desain grafis yang penting untuk dipelajari sebelum membuat desain grafis.

9 Ilmu Desain Grafis yang Penting untuk Dipelajari

1. Dasar Desain


Dasar desain atau design fundamentals sangat penting untuk dipelajari. Mulai dari elemen hingga prinsip desain. Mulai dari titik, bentuk, warna, tekstur, hingga ruang dan garis perlu untuk dipelajari dan akan banyak dijumpai dalam desain. Dari sana kita juga akan belajar mengenai keseimbangan, kesatuan, pengulangan, kontras, proporsi, penekanan, hingga ritme. Hal ini harus dipelajari sehingga kita memiliki keahlian mendesain yang mampu menciptakan desain menarik dan mudah dipahami orang banyak.

2. Sejarah Desain dan Seni

Sejarah desain dan seni penting untuk dipelajari. Karena desain grafis sendiri memiliki gaya yang berbeda di setiap masanya. Hal ini tercermin dari adanya gaya pop, retro, klasik, modern, dan lainnya. Dengan mempelajari hal ini, desainer bisa membuat desain yang sesuai dengan konteks dan target pasar yang dituju.

3. Menggambar

Sedikit banyak, desain grafis adalah soal menggambar. Sehingga tidak heran ketika banyak desainer grafis yang juga ahli dalam menggambar. Mereka yang tidak ahli dalam menggambar pun biasanya akan bisa untuk membuat sketsa, sehingga mereka bisa memiliki visual akan apa yang akan mereka desain.

4. Fotografi


Jangan pikir dengan mendesain kita tidak perlu memahami apapun soal fotografi. Karena fotografi juga merupakan bagian tidak terpisahkan dalam mendesain. Desainer yang baik akan memahami teknis fotografi mulai dari framing, warna, pencahayaan, fokus, hingga beragam teori fotografi lainnya. Semua hal ini akan sangat berguna ketika kita membuat sebuah desain grafis yang medianya menggunakan foto.

5. Tipografi

Tipografi adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari desainer grafis. Bagaimana tidak, desain grafis biasanya akan memiliki tipografi untuk menyampaikan informasi. Teks sendiri juga penting bagi pembaca untuk memahami desain grafis. Karena desain grafis bukanlah lukisan yang bisa dinikmati hanya dengan gambar saja.

6. Desktop Publishing

Setelah Single Page Desain, kini desainer juga tampaknya perlu belajar mengenai desktop publishing. Di dalamnya termasuk mempelajari master page, style sheet, dan juga pewarnaan dan beragam hal lainnya. Layout juga merupakan hal penting yang perlu dipejalari dalam desktop publishing, sehingga pembaca akan bisa membaca dengan mudah pesan yang ada dalam desain.

7. User Interface

Kini, seiring berkembangnya zaman, user interface adalah hal yang penting untuk dipelajari. Apalagi jika bicara user interface digital. Proses ini akan bisa membuat desain visual berjalan secara beriringan dengan teknis dan sistem lainnya, sehingga pembaca tidak hanya mendapatkan pesan, tapi juga bisa berinteraksi langsung dengan desain.

8. Presentasi

Jangan salah, sebaiknya desainer juga bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa presentasi dengan lancar. Hal ini lebih kepada bagaimana desainer bisa menyampaikan ide. Desainer yang bisa menyampaikan idenya dengan artikulatif akan bisa hadir dengan konsep desain yang matang.

9. Single Page Desain

Digital Publishing akan bisa diekplor dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar desain dan mengaplikasikannya pada tata letak desain. Layouting dalam satu halaman bisa dijadikan keahlian yang penting untuk dipelajari desainer.


Nah itulah 9 Ilmu Desain Grafis yang Penting untuk Dipelajari khususnya buat kamu pemula yang ingin fokus dan lebih mendalami dunia desain.

Baca juga:

Your Reactions: