Apa itu Data Cache? Dan Cara Menghapus Cache di Android
Apa itu Data Cache? Dan Cara Menghapus Cache di Android

Apa itu Data Cache? Dan Cara Menghapus Cache di Android

Berikut adalah pengertian data cache dan Cara Menghapus Cache di Android

Apakah Anda menghadapi masalah penyimpanan dan perangkat meminta Anda menghapus cache atau data aplikasi? Jika ya, berarti Anda ada di halaman yang benar. Hari Ini Dalam posting ini, kami akan berbagi beberapa informasi tentang kata "cache" dengan pembaca kami sehingga mereka dapat menggunakannya untuk memecahkan beberapa masalah Android kecil. Tapi, sebelum itu, Anda pasti sudah tahu tentang apa arti kata cache dan kapan Anda membersihkan cache di android?
Apa itu Data Cache? Dan Cara Menghapus Cache di Android

Apa itu Data Cache?

Data cache adalah informasi yang berasal dari situs web atau forum tertentu yang Anda kunjungi. Setelah Anda mengunjungi situs web apa pun, perangkat Anda, perangkat Anda akan menyimpan data di komputer Anda, sehingga ketika Anda mengunjungi untuk waktu berikutnya akan ada di sana.

Misalnya, anggap saja Anda telah mengunjungi situs web amazon untuk membeli sesuatu dan otak Anda menyimpan rute dalam pikiran Anda bahwa ketika Anda berkunjung untuk waktu berikutnya, itu harus mudah dan sama. Beginilah cara kerja data tembolok. Perangkat Anda selalu menyimpan beberapa informasi tentang situs web tertentu yang Anda dan ketika Anda mengunjungi situs web untuk waktu berikutnya, akan lebih mudah bagi perangkat untuk mengaksesnya.

Kapan Anda Perlu Menghapus Data Cache dan Aplikasi Anda?

Mungkin ada banyak keadaan di mana Anda perlu menghapus cache dan data aplikasi Anda, tetapi beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: -

Yang pertama adalah menyimpan penyimpanan Anda. Terkadang, mungkin ada beberapa aplikasi yang mungkin terasa lamban bagi Anda, jadi Dalam hal ini, Anda mungkin ingin menghapus data mereka.

Alasan lainnya adalah Anda ingin mereset aplikasi ke status default-nya jika aplikasi tertentu bermasalah atau mulai berperilaku tidak semestinya dengan perangkat Anda.

Itu dia! Ini adalah beberapa alasan umum dan keadaan di mana seseorang mungkin ingin menghapus cache dan data aplikasi. Tapi, Sekarang muncul pertanyaan bahwa cara menghapus data aplikasi atau cache? Jika Anda mencari jawaban untuk pertanyaan itu, maka di sini kita pergi: -

Cara Menghapus Cache Semua Aplikasi dalam Satu Klik?

Jika Anda ingin menghapus cache semua aplikasi yang tersimpan dalam perangkat Anda sekaligus, maka di sini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menghapus data: -

Pertama-tama, buka menu pengaturan jika ponsel atau tablet Anda lalu gulir ke bawah ke tab penyimpanan.

Cara Menghapus Cache Semua Aplikasi dalam Satu Klik?

Setelah itu, buka tab penyimpanan dan cari opsi data cache.


Sebuah pop up akan muncul meminta Anda untuk konfirmasi untuk menghapus data.
Cukup Ketuk tombol Ok untuk menghapus data sepenuhnya.

Setelah menghapus cache telepon, beberapa aplikasi akan membutuhkan waktu untuk dimuat. Ini karena perlu waktu untuk membuat file cache lagi dan ketika Anda menggunakannya untuk kedua kalinya, Anda akan melihat sedikit perbedaan.

Bagaimana Cara Menghapus Data Cache Hanya untuk Aplikasi Tertentu?

Meskipun menghapus data cache ponsel Anda dapat membantu, tetapi terkadang Anda mungkin tidak ingin menghapus semuanya. Jadi, Dalam hal ini, Anda mungkin ingin menghapus data cache dari beberapa aplikasi tertentu saja. Oleh karena itu, Untuk menghapus data cache dari beberapa aplikasi tertentu, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini: -

Pertama, menuju ke menu pengaturan perangkat Anda.

Bagaimana Cara Menghapus Data Cache Hanya untuk Aplikasi Tertentu?

Setelah itu, cari aplikasi dan ketuk di atasnya.


Klik semua aplikasi.
Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus datanya.


Sekarang, Ketuk cache yang jelas untuk menghapus data cache dari aplikasi tertentu saja.


Kesimpulan

Itu dia! Di atas adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membersihkan data yang di-cache. Saya harap posting ini membantu Anda mendapatkan informasi yang diperlukan yang Anda cari. Jika ini membantu Anda, maka seperti komentar dan bagikan dengan teman, keluarga, atau kerabat Anda. Juga, jika Anda memiliki pertanyaan atau keraguan, silakan hubungi kami melalui bagian komentar di bawah ini.

Baca juga:

Your Reactions: