Pelatihan dan Pengembangan Usaha untuk Ekspansi UKM
Pelatihan dan Pengembangan Usaha untuk Ekspansi UKM

Pelatihan dan Pengembangan Usaha untuk Ekspansi UKM

Berikut adalah beberapa hal yang diperlukan dalam Pelatihan dan Pengembangan Usaha untuk Ekspansi UKM

loading...
Salah satu impian para wirausahawan ketika usaha yang dijalankan sudah berdiri adalah, mengembangkan usahanya. Pelatihan dan pengembangan usaha tentu sangat dibutuhkan agar usaha semakin berkembang.
Pelatihan dan Pengembangan Usaha untuk Ekspansi UKM

Salah satu hambatan untuk mengembangkan usaha, apalagi jika ingin membuka cabang baru adalah masalah sumber daya manusia. Tidak adanya sosok yang bisa dipercaya oleh pemilik bisnis, kerap menjadi penghambat berkembangnya usaha.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengembangkan usaha, termasuk membuka cabang dari usaha Anda:



  • Kuasai secara penuh operasional usaha Anda. Mulai dari sisi keuangan, operasional, manajemen, dan SDM. Dengan menguasai operasional, maka Anda bisa menemui banyak pengetahuan dan juga mengetahui celah-celah kebocoran pada usaha Anda. Selain itu, dengan menguasai secara penuh usaha Anda, kemungkinan Anda ‘ditipu’ sangat kecil.
  • Buat SOP (standard operational procedure) dan skema alur kerja dengan penjelasannya yang dapat diberikan kepada tim kerja anda. Hal ini supaya saat tiba waktunya Anda membuka cabang baru, misalnya, SOP yang dijalankan tetap sama di mana pun usaha Anda berada.
  • Jadi contoh bagi tim kerja Anda. Mereka akan mengikuti cara kerja Anda dan disiplin sehari-hari yang Anda lakukan. 
  • Adakan pelatihan dan pengembangan usaha agar usaha yang Anda jalani terus berkembang dan melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang bisa dipercaya
  • Lakukan pertemuan rutin untuk membantu para tim kerja bekerja lebih baik untuk mencapai target capaian pekerjaannya dan terciptanya jalur komunikasi yang efektif dan terbuka.
  • Manfaatkan teknologi untuk efisiensi dan efektivitas usaha Anda di cabang baru. Penerapan  sistem komputerisasi untuk keuangan, stok barang, absensi, dan sebagainya, serta sistem komunikasi via telepon /email/internet untuk memudahkan komunikasi antar tim kendati beda lokasi, dan lain-lain.

Dengan menerapkan poin-poin di atas, mendapatkan sosok yang bisa Anda percaya dan sesuai dengan nilai usaha yang telah Anda rintis akan lebih mudah didapat. Usaha Anda bisa lebih berkembang, penyerapan pekerja juga lebih luas.

Baca juga:

Your Reactions: