window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-ZVV8CB482S'); Inilah Orang Yang Diduga Pelaku Kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo - PAMERANATA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Orang Yang Diduga Pelaku Kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo

Kebakaran menghantam lahan hutan di Gili Lawa Darat, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Meski tidak mengganggu habitat satwa liar di Komodo, tetapi apinya memiliki dampak bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah di daerah tersebut.

Kepala Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan, mengatakan, di Gili Lawa Darat, itu bukan habitat untuk Komodo tetapi lebih dominan di savana.

"Dampak yang ditimbulkan oleh api, tentu saja karena itu adalah spot track dan untuk foto, maka di masa depan, potensi itu tidak bisa dinikmati oleh pengunjung," kata Budi kepada Kompas.com, Kamis (2/8 / 2018).

Budi menyebutkan, Gili Lawa Darat adalah salah satu tempat wisata favorit di Taman Nasional Komodo yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan setelah menyelam.

Para wisatawan baik domestik maupun asing, dapat menikmati matahari terbenam atau matahari terbit di Gili Lawa Darat.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 10 hektar lahan hutan terbakar.

Penyebab kebakaran itu diduga berasal dari api rokok yang dibuang oleh pengunjung yang tidak bermoral di puncak Gili Lawa Darat.

Hasil pemeriksaan sementara, diduga kapal penumpang "Indonesia Champion" sebagai pelaku api.

"Yang namanya perilaku tingkah lakunya, ya, kadang-kadang diperlukan kesadaraan oleh semua pihak," kata Budi.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, petugas menyita Kartu Identitas (KTP) dari pemandu wisata dan kapten kapal serta dokumen kapal.
Inilah Orang Yang Diduga Pelaku Kebakaran Gili Lawa Taman Nasional Komodo
Image by: Tribunnews.com

Api terus Budi, dimulai dari laporan publik, Rabu (1/8/2018) sekitar pukul 20.00 WIB.

Dikutip dari Kompas.com,

Gili Lawa menjadi tempat favorit bagi wisatawan domestik untuk melihat pemandangan ketika mereka melakukan perjalanan ke Labuan Bajo.

Berbagai kegiatan dapat dilakukan oleh wisatawan saat mengunjungi Gili Lawa.

"Bagi wisatawan Indonesia yang suka pergi ke Gili Lawa. Wisatawan Indonesia biasanya suka pemandangan," kata seorang pemandu wisata di Labuan Bajo, Krisna Soemarsono Adi Broto kepada KompasTravel setelah Media Sosialisasi Media India 2015 di Manggarai Barat.

Dia menyebutkan turis di sana terbiasa mendaki bukit untuk melihat pemandangan pulau-pulau yang terletak di dekat Gili Lawa.

"Dari Gili Lawa bisa dilihat Pulau Komodo, Kanawa, Sebayur," tambahnya.

Kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh para wisatawan di Gili Lawa adalah menikmati momen-momen matahari terbit dan terbenam.

Menurut Kris, salah satu kelebihan Gili Lawa adalah berada di samping untuk melihat kedua momen tersebut.

"Kalau untuk trekking lihat matahari terbenam dan matahari terbit biasanya rata-rata 30 menit," kata Kris.

Gili Lawa memang menjadi salah satu tujuan wisata wisatawan Indonesia dan asing.

Kris menyebutkan Gili Lawa telah dikunjungi oleh banyak wisatawan sejak 2012.