13 Aplikasi Milik Google Yang Sangat Bermanfaat, Namun Jarang Digunakan
13 Aplikasi Milik Google Yang Sangat Bermanfaat, Namun Jarang Digunakan

13 Aplikasi Milik Google Yang Sangat Bermanfaat, Namun Jarang Digunakan

Aplikasi Google ternyata bukan hanya itu-itu saja, sebenarnya masih terdapat beberapa aplikasi lain lagi yang dimiliki oleh perusahaan raksasa tersebut

Siapa diantara kamu yang tidak mengetahui Google?

Entah kamu merasakannya atau tidak, sebenarnya Google ini sudah masuk ke hampir 60% segala hal yang berkaitan dengan kegiatan manusia.

Mulai dari sistem Androidnya, search engine, email, dan produk-produk yang mampu memberi kemudahan atau mengatasi masalah pengguna dari Google.

Dan yang paling signifikan saat ini adalah sistem operasi andorid yang sangat mengeliar dengan aplikasinya ke berbagai bidang.

Namun dari saking banyaknya terdapat aplikasi di Play Store, taukah kamu ternyata Google memiliki beberapa aplikasi khusus yang dibuat atau diakusisi oleh pihak Google sendiri.

Google pada dasarnya memang mengharuskan semua pabrikan smartphone yang menggunakan OS Android di perangkatnya untuk mengisi sejumlah aplikasi milik Google ke dalam smartphone mereka.
13 Aplikasi Milik Google Yang Sangat Bermanfaat, Namun Jarang Digunakan

Jika memakai handphone Android, pastinya kamu menggunakan banyak aplikasi serta layanan dari Google.

Contohnya seperti aplikasi Google adalah  Maps, Gmail, Chrome, YouTube, Photos, serta Translate merupakan beberapa contoh apps Google yang paling dominan ada di smartphone, bahkan telah dipakai oleh ratusan juta orang serta telah di download  hingga 1 miliar di seluruh dunia.

Nah ternyata selain beberapa aplikasi Google wajib diatas, nyatanya Google juga masih memiliki beberapa list apps yang sebenarnya sangat bermanfaat, namun jarang digunakan oleh kebanyakan pengguna smartphone dengan OS Android.

Apa saja Aplikasi yang jarang diketahui tersebut?, berikut adalah daftarnya:

1. Arts & Culture


Arts & Culture atau Seni & Budaya merupakan salah satu aplikasi Android terbaru besutan Google. Muncul dengan menampilakan desain yang bagus serta intuitif, aplikasi ini bisa membuat kamu menemukan karya-karya seni dari hampir 1.000 museum dan landmark di seluruh dunia.

Menariknya lagi, dimana kamu juga dapat melihat preview foto dalam panorama 360 derajat, sehingga kamu seolah-olah sedang berada langsung di tempat-tempat bersejarah tersebut.

2. Device Assist


Device Assist dapat membantu kamu menemukan berbagai masalah yang mengganggu pada smartphone atau tablet, lalu memberikan solusinya.

Kamu juga bisa menguji koneksi internet atau bahkan membuat daftar untuk tips mingguan tentang cara untuk menemukan fitur-fitur baru dan meningkatkan kinerja perangkat Android.

3. Gesture Search


Gesture Search merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu mencari kontak, pengaturan, aplikasi, musik, bahkan bookmark  di dalam perangkat Android, caranya cukup dengan menggambar huruf atau angka di layar. Mudah dan membantu kan?, hehe

4. Snapseed


Snapseed merupakan sebuah aplikasi yang diakuisisi Google di tahun 2012,sebelumnya Snapseed hanya tersedia di iOS saja.  Snapseed ini adalah aplikasi editing serta retouching foto.

5. Google Spotlight Stories


Spotlight Stories memberikan cerita animasi bagi layar ponsel Android dengan cara yang menarik didalam tampilan 360 derajat. Bila ingin menggunakan aplikasi ini secara keseluruhan, maka setelah mendownload Spotlight Stories, kamu juga harus mengunduh setiap cerita yang ingin dinikmati.

6. Datally


Tidak perlu jaringan internet, kamu dapat mengontrol lebih luas terhadap penggunaan data jaringan seluler di smartphone. Datally ini bisa digunakan untuk menghemat penggunaan data.

7. Files Go


Files Go adalah pengelola penyimpanan yang smart dari Google. Selain menawarkan alat kelola berkas, Files Go juga punya beberapa fitur yang dirancang untuk menghindarkan pengguna dari problema kepenuhan memori. Anda juga dapat mencari file dengan cepat dan membagikannya secara offline, dengan mudah dan aman.

8. Storyboard


Storyboard mampu merubah video jadi foto dengan template layaknya buku komik. dan secara otomatis memilih frame video yang paling menarik dan unik.

9. Selfissimo


Sensasi merasakan berfoto di photobox bisa kamu dapatkan menggunakan aplikasi Selfissimo ini, dimana ia akan mendorong kamu untuk bergaya dan memotret setiap kali kamu berhenti bergerak. Lalu, kamu dapat memilih menyimpan seluruh foto yang dihasilkan ataupun hanya foto tertentu saja..

10. Motion Still


Motion Still adalah aplikasi dari Google Research yang fungsinya untuk merekam video singkat serta mengubahnya jadi cinema graph yang memukau, dengan memanfaatkan teknologi stabilisasi dan perenderan yang canggih. kamu bisa membuat putaran GIF dengan durasi selama 3 detik, mode Fast Forward atau gabungkan klip menjadi film yang dapat dibagikan kepada teman.

11. YouTube Go


YouTube Go merupakan aplikasi dari Google, khususnya berkaitan dengan YouTube.

Jadi Youtube Go tersebut adalah versi ringan yang cuma bisa dipakai di berbagai negara. yang dimana Youtube Go memungkinkan kamu untuk mengunduh video ke memori,  untuk untuk selanjutnya ditonton lagi tanpa memerlukan Kuota.

Video yang disimpan tersebut, bahkan juga bisa dibagikan ke teman memanfaatkan koneksi Bluetooth.

12. PhotoScan


PhotoScan merupakan aplikasi pemindai terbaru dari Google yang dapat membantu kamu memindai serta menyimpan foto cetak favorit kamu dengan memanfaatkan kamera smartphone.

Lalu istimewanya PhotoScan ini adalah dilihat dari cara kerjanya. dimana saat posisi foto telah pas pada frame, maka akan muncul 4 buah titik di layar, selanjutnya, kamu hanya perlu mengarahkan kamera handphone dan menahannya sebentar pada masing-masing titik.

PhotoScan ini sebenarnya akan mengambil 4 gambar, terus menyatukannya jadi satu foto beresolusi tinggi memanfaatkan metode stitching.

13. Google Trips – Travel Planner


Seperti namanya, aplikasi ini dikembangkan untuk membantu siapa saja yang ingin merencanakan liburannya.

Google Trips ini memebrikan gabungan data dari Google Maps serta kontribusi dari wisatawan lain yang telah lebih dulu datang atau berkunjung kesana, demi memberikan pengguna informasi yang lengkap tentang tempat yang akan dituju.

Terdapat 2 keunggulan yang diberikan oleh Google Trips ini, yaitu ia dapat bekerja secara offline, lalu ia juga menjadi aplikasi pelengkap dari fungsi aplikasi lainnya seperti Google Maps.


Nah itulah 13 aplikasi milik Google yang mungkin buat kamu ada beberapa yang masih terdengar asing.

Baca juga:

Your Reactions:

close