Apa Itu Niqab, Serta Perbedaannya Dengan Hijab, Burka, Cadar Juga Khimar
Apa Itu Niqab, Serta Perbedaannya Dengan Hijab, Burka, Cadar Juga Khimar

Apa Itu Niqab, Serta Perbedaannya Dengan Hijab, Burka, Cadar Juga Khimar

niqab adalah jilbab yang menutupi kepala, leher dan muka namun tetap memperlihatkan mata. Biasanya penutup mukanya terpisah dengan jilbab yang dikenakan

Niqab merupakan tutup kepala yang menutupi bagian wajah, tapi masih memperlihatkan bagian mata terbuka. Niqab ini pada dasarnya menutupi sampai bagian tengah punggung serta menyembunyikan bagian tengah dada.
Apa Itu Niqab, Serta Perbedaannya Dengan Hijab, Burka, Cadar Juga Khimar
Sumber Gambar: http://torontosun.com/

Di Indonesia dan Negara Barat sendiri, Nijab masih kalah populer dari Hijab, sebab penutup kepala ini lebih populer dipakai oleh wanita Arab.

  • Apa itu Hijab?


Hijab adalah istilah bagi wanita muslim yang berpakian modest. Scarf dalam jenis ini digunakan untuk menutupi kepala serta leher, tapi memperlihatkan bagian wajah. 1 Februari adalah hari Hijab Sedunia, pada hari perayaan tersebut, banyak orang dari agama lain menggunakan Hijab untuk memperlihatkan solidaritas mereka untuk kaum Muslim.

Hari Hijab Sedunia ini memiliki tujuan untuk membuat dunia lebih damai, dimana semua orang saling menghormati antara satu dengan lainnya, dan juga berfokus dalam melawan fanatisme, diskriminasi, serta sangkaan terhadap wanita Muslim khususnya.

  • Apa itu Burka? 
Sumber Gambar : http://poskotanews.com/


Burka adalah baju islami yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh, diawali dari seluruh wajah sampai tubuh. Wajah daripada perempuan yang memakai burka akan sungguh ditutupi, pada umunya hanya melihat lewat jaring-jaring yang menutupi wajah mereka. Jaring tersebut membuat siapa yang memakainya dapat melihat, tetapi mata mereka selalu tertutupi dari orang lain yang melihatnya. Burka ini biasanya dipakai oleh perempuan di Afganistan, sebab kaum Taliban disana dipaksa menggunakan Burka setiap berpergian.

  • Apa itu Cadar?
Sumber Gambar : https://geotimes.co.id/


Cadar adalah jubah yang menutupi full body, dimana tampilannya disesuaikan untuk perempuan apabila ingin pergi keluar rumah. Cadar pada umunya memiliki warna hitam dan siapapun yang menggunakannya harus siap memegang erat cadar di bagian depan tubuh mereka, sebab pada dasarnya Carar tidaklah memiliki pengikat ataupun desain untuk ikat pinggang. Cadar ini biasanya dipakai oleh perempuan di Iran.

  • Apa itu Khimar?
Sumber Gambar  : https://www.muslimarket.com/


Khimar merupakan jubah yang panjangnya sampai pinggang. jadi ia hanya menutupi setengah bagian tubuh, mulai dari rambut, leher, dan bahu, namun membiarkan bagian wajah terbuka.


Secara garis besarnya, wanita muslim dunia, seberapa telah memilih untuk menutupi aurat dengan jilbab. Jilbab dapat diartikan sebagai simbol kerendahan hati serta keimanan. Cara memakainya pun sangat beragam.

Selain hijab, niqab, cadar, khimar dan burka, sebenarnya masih terdapat juga bentuk jilbab  yang disebut Al-amira.

Almira memakai dua potong jilbab, dimana terdiri dari penutup kepala yang seperti topi dan juga syal.

KESIMPULAN

Nah pada dasarnya mau menggunakan jenis pakian islami yang mana saja, semua itu tergantung dari kemauan, kemampuan, konsistensi pada diri kamu sendiri ya ladies..

Dan sekarang sudah tahu dong, apa bedanya pakian - pakian muslim tersebut?, hehe...

Baca juga:

Your Reactions:

close