Apa Itu KTA?, Pengertian, Serta Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Kredit Tanpa Agunan
Apa Itu KTA?, Pengertian, Serta Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Kredit Tanpa Agunan

Apa Itu KTA?, Pengertian, Serta Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Kredit Tanpa Agunan

Pengertian tentang kredit tanpa agunan yang mudah didapat tapi memiliki resiko yang lumayan tinggi bila tidak bijak memanfaatkannya

Kredit Tanpa Agunan atau biasa disingkat KTA merupakan sebuah produk dari bank, yang dimana nasabah bisa meminjam sejumlah dana atau uang dari bank dengan atau tanpa ketentuan jaminan(tergantung pihak bank) yang harus anda serahkan ke pihak bank, jaminan yang saya maksud disini adalah seperti sertifikat rumah, BPKB, SK, dan lain sebagainya. Kredit tanpa agunan ini juga sering disebut dengan nama Personal Loan ( PL ).

KTA biasanya khusus diberikan bagi karyawan serta wiraswasta yang berusia 21 sampai 60 tahun, dengan ketentuan plafond kredit yang diberikan oleh bank berkisar antara Rp.10.000.000 hingga Rp.250.000.000 dengan bunga variatif berkisar antara 1,55% sampai dengan 2,2% Flat per bulan.

Apa Itu KTA?, Pengertian, Serta Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Kredit Tanpa Agunan

Meski awalnya saya mengatakan bahwa untuk mendapatkan fasilitas ini tidaklah memerlukan dokumen berat seperti yang telah saya sebutkan diatas. Namun sebenarnya ada beberapa persyratan tersendiri yang harus anda serahkan agar bisa mendapatkan produk KTA ini. Nah jika ingin mendapatkan fasilitas pinjaman melalui Kredit Tanpa Agunan, maka anda bisa menyertakan beberapa persyaratan. yaitu seperti foto copy kartu kredit serta Foto copy KTP atau tambahan beberapa persyaratan lainnya jika diperlukan.

Memiliki kartu kredit merupakan hal yang paling utama jika ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan ( KTA ). Sebab dengan kartu kredit, pihak bank selaku penyedia produk KTA bisa memantau bagaimana pola pembayaran calon nasabahnya. apakah baik, tepat waktu, bisa mengelola penveluarkan dengan baik, atau buruk, sering terlambat, dan sering over limit pemakaian kartu. Nah oleh sebab itu, maka dibutuhkan setidaknya kartu kredit yang digunakan untuk pengajuan KTA sudah berusia sekitar 1 tahun dari awal masa terbit.

Fasilitas yang diberikan jika anda memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan ( KTA ) adalah dapat digunakan untuk banyak keperluan seperti modal usaha, modal pernikahan, renovasi rumah, biaya pendidikan, liburan atau keperluan lainnya yang membutuhkan dana ttunai.

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN KREDIT TANPA AGUNAN (KTA)


  • Keunggulan
1. Syarat Lebih Mudah Dibanding Kredit Multiguna

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa KTA ini bisa didapatkan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Oleh sebab itu, Tentunya keunggulan ini sangat membantu kita yang belum memiliki aset seperti rumah atau mobil. Dan seperti yang telah saya jelaskan diatas juga bahwa dalam hal KTA ini tidaklah cuma - cuma tanpa syarat, melainkan anda masih harus menyerahkan fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, serta mengisi formulir, sebagai kelengkapan dokumen untuk pertanggung jawaban anda dengan pihak bank.

Saat ini untuk mengajukan kredit tanpa agunan bisa lebih simple, hanya dari rumah, secara online anda dapat mengisi formulir pengajuan KTA di setiap website bank penyedia.

2. Masa Pencairan Cepat, Bisa Kurang Dari 3 Hari

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan adalah dapat digunakan sebagai dana darurat serta kebutuhan lain yang sifatnya mendesak.

Hal ini tentunya bisa terjadi asalkan syarat - syarat yang diperlukan oleh pihak bank sudah anda penuhi. Jika anda saat ini sedang membutuhkan pinjaman cepat, pastinya hal tersebut akan sangat membantu.

3. Hampir Tiap Bank Menawarkan Kredit Tanpa Agunan

Dewasa ini sudah banyak bank - bank yang menyediakan fasilitas KTA sebagai fitur unggulan mereka untuk anda yang ingin mendapat pinjaman cepat. Oleh sebab itu pastinya anda sudah tidak perlu bingung lagi mencari produk KTA. bahkan beberapa bank sangat gencar dalam memasarkan produk ini mengingat masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan fasilitas ini.
  • Kekurangan
1. Bunga KTA Relatif Tinggi

Kekurangan yang paling utama dari Kredit Tanpa Agunan ini adalah bunganya yang lumayan tinggi. penyebabnya adalah karena KTA ini tidak menyertakan jaminan dokumen berat sebagai syaratnya pengajuannya. Jadi hal tersebut, tentu membuat bunga yang dibebankan menjadi tinggi.

2. Harus Punya Kartu Kredit Lebih Dulu

Kebijakan yang satu ini kadang sangatlah memberatkan bagi calon debitur yang ingin mengajukan KTA, sebab masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki kartu kredit tetapi membutuhkan dana pinjaman yang mudah seperti Kredit Tanpa Agunan ini. 

3. Limit Kecil, Sehingga Masa Tenor Relatif Pendek

Kekurangan yang terakhir adalah, pihak bank biasanya hanya menawarkan produk kredit tanpa agunan dengan limit sampai Rp 200.000.000. Batas pemberian limit KTA tersebut biasanya dilihat dari limit kartu kredit yang dimiliki oleh calon debitur.

Dikarenakan limit yang kecil itu, maka menjadikan masa tenor juga ikut pendek. Alhasil jumlah cicilan yang wajib dibayar menjadi sedikit lebih besar.


Nah kenyataannya penggunaan daripada KTA tersebut memang memiliki keunggulan dalam hal mempermudah anda memperoleh dana dalam keadaan yang mendesak sewaktu - waktu, namun dibalik kelebihannya tersebut, tentunya KTA juga memiliki kekurangan yang dapat timbul jika anda tidak bijak dalam memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan tersebut.

Untuk itu sebagai bahan pertimbangan selanjutnya apakah anda ingin memiliki KTA atau tidak, berikut saya akan berikan poin - poin penting dari fakta tentang Kredit Tanpa Agunan ini.

Berikut adalah faktanya:



  • Kredit Tanpa Agunan tidak membutuhkan jaminan
Seperti namanya, produk KTA tidak mewajibkan si debitur menyerahkan jaminan apapun ke bank. Jadi untuk itu, KTA juga bisa disebut unsecured loan, karena bagi bank, produk ini termasuk produk kredit berisiko tinggi akibat tidak adanya agunan atau jaminan atas pinjaman yang diberikan.

  • Bunga pinjaman tanpa agunan  tergolong mahal
Seperti yang sudah saya sebutkan pada poin kekurangan yang dimiliki oleh KTA adalah bunga pinjaman. Jika tadi diatas saya menjelaskan tentang mengapa bisa menjadi mahal, maka kali ini saya akan menilainya dari rata - rata bunga KTA tergantung bank, adalah di atas 20% per tahun. Bahkan bisa mencapai 40% per tahun. 

  • Persyaratan apply Kredit Tanpa Agunan tidak sulit
Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa untuk apply KTA ini tidaklah terlalu sulit, hanya menyerahkan fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir.

  • Kredit Tanpa Agunan lebih mudah didapatkan pemegang kartu kredit
Walau tidak semua, kebanyakan bank penyedia produk kredit tanpa agunan (KTA) mensyaratkan calon nasabah sebagai pemegang kartu kredit dalam jangka waktu tertentu, rata-rata setahun.

Maka itu, kebanyakan penyedia KTA mengharuskan calon debitur melampirkan fotokopi tampak depan kartu kredit, sebagai bagian dari dokumen apply KTA yang harus dipenuhi.

Mengapa bank lebih senang debitur KTA memiliki kartu kredit? Hal ini terkait dua alasan. Pertama, dari data kartu kredit calon debitur, bank penyedia kredit tanpa agunan bisa melihat rekam jejak si calon debitur. Apakah termasuk debitur yang berkualitas atau tergolong debitur yang senang menunggak cicilan.

Memang, rekam jejak tersebut dapat dicek dengan mudah oleh bank ke Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia, tapi dengan mendapati calon debitur sebagai pemegang kartu kredit, bank penyedia KTA biasanya lebih senang. Hal ini juga terkait dengan alasan berikutnya. Kedua, kepemilikan kartu kredit oleh debitur KTA bisa membantu bank maupun si nasabah ketika dalam perjalanan cicilan, terdapat permasalahan. Misalnya, terjadi tunggakan cicilan.

  • Nilai plafon Kredit Tanpa Agunan bisa mencapai ratusan juta rupiah
Faktor ini yang menjadikan KTA produk pinjaman bank yang populer diminati banyak orang. Jumlah pinjaman sebuah produk KTA dapat mencapai ratusan juta rupiah. Ketentuan ini tentu istimewa, mengingat debitur tidak diwajibkan untuk menyetorkan agunan pada bank. meskipun untuk mengajukan KTA dengan jumlah dana yang besar.

  • Nasabah KTA bebas memanfaatkan dana sesuai keperluan
Seperti namanya, KTA adalah unsecured loan yang masuk dalam kategori kredit konsumtif. Bank menyerahkan penggunaan dana kepada debitur. entah digunakan untuk investasi, biaya pernikahan, modal usaha, renovasi rumah, biaya sekolah, dan lain sebagainya.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang apa itu KTA dan ruang lingkupnya sebagai pinjaman yang akan membantu anda disaat mendesak dengan keperluan dana dalam jumlah besar.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Neraktir Makan Cuma Wacana Forevah