9 Asuransi Mobil Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia
9 Asuransi Mobil Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia

9 Asuransi Mobil Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia

Sayangilah kendaraan anda dengan mengasuransikannya melalui beberapa pilihan asuransi terbaik Indonesia berikut ini

Asuransi itu sendiri merupakan istilah yang sering dipakai untuk mengambarkan tindakan, system, atau bisnis, yang dimana perlindungan daripada finansial atau biasa disebut sebagai ganti rugi secara finansial bagi jiwa, properti, kesehatan serta lain sebagainya.

Mendapatkan pengganti dari kejadian yang tak terduga, contohnya seperti kematian, kehilangan, kerusakan bahkan sakit, dimana dalam hal ini melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu yang ditentukan sebagai ganti polis agar menjamin perlindungan tersebut.

9 Asuransi Mobil Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia

Daftar asuransi kendaraan memang banyak terdapat di Indonesia, khususnya asuransi untuk mobil, yang dimana merupakan jenis asuransi khusus bagi kendaraan, dimana resiko yang bisa terjadi kepada kendaraan anda dialihkan ke perusahaan asuransi yang anda ikuti. Di dalam pemilihan asuransi kendaraan banyak hal yang wajib anda perhatikan sebelumnya, seperti kekuatan keuangan (security), jasa (service) serta biaya atau beban.

Terdapat 2 jenis asuransi mobil yang mungkin perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai untuk menanam modal di jasa asuransi tertentu.

Jenisnya adalah sebagai berikut :
  1. Komprehensif (Comprehensive)Untuk jenis yang pertama ini adalah kategori jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian bahkan keseluruhan pada kendaraan akibat terkena jatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencuri*n, perampas*n, bertabrakan, berbenturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.
  2. Total Loss Only (TLO)Jaminan yang kedua ini adalah ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total untuk kendaraan akibat dari terkena benda jatuh, kebakaran, perbuatan jahat, pencuri*n, perampas*n, tabrakan, benturan hingga kecelakaan lalu lintas lainnya.
Mudahnya, asuransi kendaraan All Risk atau Comprehensive dapat memberikan perlindungan serta pembayaran penuh ketika mobil yang anda punya mengalami kerusakan besar maupun kecil. Bahkan layanan asuransi mobil terbaik ini juga memberikan perlindungan ketika mobil anda hilang dicuri, tapi tentunya harus dibarengi dengan syarat - syarat tertentu pastinya. Nah kekurangan daripada jenis ini adalah biaya premi yang ditangguhkan setiap bulannya lebih besar jika dilakukan perbandingan dengan asuransi jenis TLO. 

Selanjutnya yang kedua adalah asuransi mobil jenis Total Loss Only (TLO), dimana asuransi ini memberikan jaminan ketika kendaraan anda hilang dicuri, serta bisa juga dengan terjadi kerusakan apabila nilai perbaikan sama bahkan lebih dari 75 persen dari harga kendaraan saat itu. Jadi bila kerusakan mobil lebih kecil dari 75%  total harga mobil sebelum kerusakan terjadi, maka pengajuan klaim asuransi yang anda lakukan akan ditolak. Contoh mudahnya adalah apabila harga mobil yang anda miliki 100 Juta lalu biaya kerusakan yang dialami mencapai 80 Juta, jadi biaya perbaikan dapat dilimpahkan ke pihak asuransi. Tetapi bila biaya perbaikan cuma 60 Juta, maka anda tidak bisa melakukan klaim asuransi jenis ini.

Nah setelah anda paham akan 2 kategori pilihan jenis asuransi diatas, maka pembahasan selanjutnya akan langsung masuk ke :

DAFTAR ASURANSI MOBIL TERBAIK DI INDONESIA



  • 1. Jasaraharja Putera
Jasaraharja memang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia sebagai penyedia asuransi kecelakaan, dikarenakan layanan asuransi ini sangat familiar dengan asuransi yang berfokus ketika anda menaiki kendaraan umum, seperti bus, kereta api, maupun pesawat. Dan bukan hanya itu, perusahaan Jasaraharja juga menyediakan layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia dengan menawarkan layanan JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor). Pada asuransi JP-ASTOR tersebut memberikan pilihan kepada calon pengangsur dua jenis pertanggung jawaban, yaitu TLO dan All Risk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, seperti yang telah saya jelaskan di atas tadi.

Keunggulan lain dari asuransi JP-ASTOR ini adalah memiliki biaya premi yang tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya, jadi untuk asuransi dari perusahaan Jasaraharja ini mungkin bisa anda coba dan buktikan kualitasnya.


  • 2. Asuransi Mobil Sinar Mas
Selanjutnya adalah asuransi mobil yang dimiliki oleh perusahaan Sinarmas, dengan produk unggulannya yang diberi nama Simasnet. keuntungan yang nantinya bisa anda dapat bila mengikuti asuransi Simasnet adalah anda dapat melakukan klaim langsung ke bengkel authorized jika terjadi kerusakaan pada mobil yang anda daftarkan asuransi ini. Dan, tersedia juga cicilan 0% untuk pemegang Kartu Kredit BCA serta layanan 24 Jam ke semua pelanggan asiuransi Simasnet. lalu, Sinarmas juga memberikan layanan asuransi mobil Simas Mobil yang merupakan Gabungan dari beberapa jenis angsuran yaitu ( Comprehensive) + TPL, Total Loss Only + TPL, serta Simas Mobil TPL ( TPL Only).


  • 3. Asuransi Mobil Adira Autocillin
Asuransi yang ketiga ini merupakan salah satu perusahaan bagian dari gabungan Danamon Group, dimana perusahaan itu sendiri bergerak di bidang usaha asuransi umum.

Adira Autocillin adalah nama merk dagang untuk asuransi mobil mereka. Yang menjadikan Adira Insurance ini terpercaya adalah dikarenakan perusahaan asuransi ini sudah berdiri sejak tanggal 24 Januari 2002 dan telah memiliki aset sebesar Rp 4,9 triliun serta modal sebesar Rp 1,6 triliun sampai dengan akhir tahun 2015.


  • 4. Asuransi Mobil MAG

Ini yang lebih tua lagi, dimana Asuransi Multi Artha Guna atau yang lebih dikenal sebagai asuransi MAG mulai berkiprah sejak 14 November 1980. Namun perusahaan ini awalnya bergerak di bidang asuransi umum dan lalu mulai mengeluarkan produk asuransi kesehatan setelah bekerja sama dengan he RedShield Co. Ltd, Singapore pada rentan waktu 1982-1983.

MAG memang tidak langsung mengeluarkan produk asuransi mobil, akan tetapi dalam rentan waktu yang cukup panjang berdirinya perusahaan tersebut asuransi mobil MAG mungkin bisa menjadi sangat terpercaya.


  • 5. Asuransi Mobil Malacca
Mungkin bagi masyarakat Indonesia terdengar asing dengan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance, hal tersebut memang wajar, sebab perusahaan ini memang bukan berasal dari Indonesia. Namun jika di luar perusahaan asuransi ini sudah lumayan terkenal, dikarenakan berdiri pada tahun 1952.

Perusahaan asuransi ini awalnya memiliki nama PT Asuransi Wuwungan sebelum berubah menjadi Malacca, lalu semenjak tahun 2011 PT Malacca Trust Wuwungan Insurance mulai manawarkan layanan asuransinya di negara Indonesia


  • 6. Asuransi Mobil ACA
Nah yang selanjutnya ini sudah sangat terpercaya di Indonesia, dimana PT Asuransi Central Asia (ACA) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang asuransi umum awalnya. PT Asuransi Central Asia sendiri didirikan pada tanggal 29 Agustus 1956 dengan nama Maskapai Asuransi Oriental NV sebelum berubah nama menjadi PT Asuransi Central Asia pada tanggal 5 Agustus 1958. Saat ini ACA telah melayani masyarakat Indonesia selama 58 tahun dan telah mempunyai  42 kantor cabang serta 23 perwakilan yang tersebar di banyak kota besar di Indonesia.


  • 7. Asuransi Garda Oto
Asuransi Garda Oto telah terbukti jadi salah satu layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia. alasannya adalah karena pada tahun 2013, perusahaan ini berhasil meraih gelar sebagai asuransi mobil terbaik melalui lembaga survey Indonesia. Dan hingga kini Garda Oto tetap memberikan pelayanan terbaiknya dengan menghadirkan dua jenis asuransi mobil untuk memudahkan anda memilih sesuai kebutuhan nantinya, 2 kategori tersebut tentu saja adalah All Risk, TLO, tanggung jawab pihak ketiga, serta perluasan huru - hara dan bencana alam.

Dan perusahaan ini terbilang cukup terpercaya, sebab Garda OTO juga diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi anda tak perlu takut memilih Garda Oto sebagai asuransi mobil terbaik untuk kendaaran yang anda miliki.


  • 8. Asuransi Allianz Utama Indonesia
Ini merupakan perusahaan asuransi yang sudah diakui dunia. Jika di Indonesia mereka menawarkan produk Asuransi Allianz MobilKu memberikan 3 paket yang komprehensif, bisa anda pilih sesuai kebutuhan nantinya. yang dimana paket pertama adalah Allianz MobilKu Grand, memberikan solusi perlindungan kendaraan paling lengkap terhadap kerusakan maupun pencurian. kedua terdapat juga  Allianz MobilKu ECO yang menawarkan keunggulan tangguhan biaya premi lebih ekonomis, dan yang terakhir adalah Allianz MobilKu Suka - suka, dimana menawarkan produk sesuai dengan keinginan anda.


  • 9. AXA Auto Insurance
Terakhir adalah AXA Auto Insurance yang dimana perusahaan ini menawarkan produk asuransi unggulan mereka bernama Smartdrive. pelayanan asuransi ini akan memberi jaminan terhadap hilang kunci kendaraan serta perlindungan terhadap kerugian total disaat mobil mengalami kecelakaan meupun dicuri oleh supir pribadi. lalu anda  juga akan mendapat pertanggung jawaban hukum melalui pihak ketiga dan banyak manfaat lainnya.  Hasilnya asuransi mobil terbaik dari Axa akan memberikan anda rasa aman serta nyaman dengan perlindungan yang mereka berikan.


TIPS MEMILIH ASURANSI YANG BAGUS


Dewasa ini memang banyak terdapat perusahaan asuransi yang memberikan promo layanan asuransi kendaraan, hal tersebut tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi anda selaku calon pelanggan yang saat ini mungkin sedang binggung menentukan mau melakukan asuransi di perusahaan mana. 

Nah dengan adanya banyak pilihan perusahaan asuransi yang terdapat di Indonesia maka anda akan memiliki banyak pilihan yang dapat dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan pilihan. tapi jumlah yang banyak tersebut juga seringkali menjadi bumerang tersendiri bahkan tergolong bisa menyesatkan.

Nah anda tentunya tidak ingin mengalami kesulitan serta kerugian di kemudian hari, bukan?, Lalu untuk memudahkan anda dalam menentukan pilihan nantinya maka anda bisa membaca beberapa tips di bawah ini sebelum nantinya memutuskan untuk memilih dan menggunakan jasa layanan asuransi mobil yang saya rekomendasikan diatas.
  • Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan
Sebelum akan memutuskan untuk membeli sesuatu, maka alangkah baiknya untuk mengetahui kebutuhan apa anda perlukan terlebih dahulu. Hal tersebut berlaku juga pada saat anda akan memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi mobil yang ada. Lalu pastikan juga anda paham mengenai layanan serta jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi itu sendiri, sehingga anda bisa dengan mudah memilih satu yang terbaik dari yang bagus dan tentunya paling sesuai dengan kebutuhan mobil anda itu sendiri.
  • Pertimbangkan Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Ini sangat penting, karena menyangkut dengan perusahaan yang nantinya anda percayakan untuk mengamalkan keinginan anda memiliki asuransi kendaraan. Jangan sampai memilih perusahaan asuransi mobil dengan cara sembarangan, sebab hal ini akan melibatkan aset anda yang pastinya memiliki nilai ekonomi senilai mobil yang tentunya cukup tinggi dan anda juga tidak ingin mengalami kerugian akibat memilih perusahaan asuransi yang tidak profesional.
  • Bandingkan Besaran Premi yang Ditetapkan
Dalam hal memilih jasa asuransi terbaik, ada baiknya anda lebih kritis untuk membandingkan perusahaan mana yang paling baik dari yang bagus, jangan cuma tergiur pada jumlah premi kecil yang berikan oleh satu perusahaan asuransi saja. Masih terdapat banyak perusahaan asuransi lain yang mungkin memiliki angsuran lebih ringan, terjangkau, serta cocok dengan kebutuhan anda nantinya.

Mempertimbangkan serta membandingan tersebut memang sangat penting, dikarekan pengeluaran angsuran ini akan ada di dalam anggaran keuangan anda dalam jangka waktu yang cukup lama atau berkepanjangan, Jadi intinya anda wajib memperhatikan kemampuan serta jumlah dana yang anda miliki dalam hal ini. gunanya adalah agar anda tidak mengalami kesulitan dalam membayar premi di kemudian hari.
  • Layanan dan Kredibilitas Bengkel Rekanan
Ini kedengarannya sangat simple, sebab ada banyak bisa kita temukan layanan bengkel diluar sana. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga apabila anda mempertimbangkan mengenai bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut, hal tersebut dikarenakan anda akan langsung berhubungan dengan mereka jika di waktu tertentu sesuatu menimpa mobil yang anda miliki. Nah kuncinya adalah pastikan bengkel tersebut memiliki infrastruktur yang memadai juga layanan yang baik serta memuaskan, gunanya tentu agar anda merasa nyaman dan tenang saat berurusan dengan mereka nantinya.
  • Fitur Layanan yang Ditawarkan
Meskipun sekilas terlihat sama, tapi pada kenyataannya setiap perusahaan asuransi akan mempunyai fitur layanan yang berbeda satu sama lainnya, juga memiliki keunggulannya tersendiri. kenyataan ini mungkin akan dapat mempengaruhi jumlah premi yang harus anda bayarkan, jadi dalam pemilihan fitur ini, anda wajib memilih mana fitur-fitur hanya yang memang sangat Anda butuhkan saja.


Dan terakhir hal yang perlu anda pahami sebelum memutuskan untuk mulai membuka asuransi adalah :


PRINSIP DASAR ASURANSI

Didalam dunia asuransi umumnya, secara garis besar terdapat 6 macam prinsip dasar yang harus dipenuhi, yaitu:
  • Insurable interest
Hak yang didapat untuk mengasuransikan, apapun dari suatu hubungan keuangan, antara tertanggung dengan yang diasuransikan serta pastinya diakui secara hukum.
  • Utmost good faith
Sebuah perlakukan yang diterapkan untuk menjelaskan semua fakta secara akurat dan lengkap mengenai sesuatu yang akan diberikan asuransi baik secara diminta ataupun tidak.
  • Proximate cause
Implementasi efisien yang menimbulkan kangkaian kejadian, dimana dapat menimbulkan sebuah akibat tanpa adanya intervensi suatu yang dimulai dan secara aktif berlangsung melalui sumber yang baru serta independen.
  • Indemnity
Satu sistem dimana penanggung memberikan kompensasi finansial dalam upaya untuk menempatkan tertanggung ke dalam posisi keuangan yang dia miliki sebelum terjadinya kerugian (KUHD pasal 252, 253 serta dipertegas dalam pasal 278).
  • Subrogation
Mengalihkan hak tuntutan dari tertanggung ke penanggung sesudah klaim dibayar.
  • Contribution
Terakhir adalah hak si penanggung untuk menyarankan para penanggung lainnya yang sama-sama bertanggung jawab, tapi tidak harus sama kewajibannya terhadap tanggungan untuk ikut memberikan indemnity.

Baca juga:

Your Reactions: