Bedanya Pemain Biasa Dengan Pro Player Bermain Mobile Legend
Bedanya Pemain Biasa Dengan Pro Player Bermain Mobile Legend

Bedanya Pemain Biasa Dengan Pro Player Bermain Mobile Legend

Dari ciri - ciri berikut ini, apakah kamu termasuk pamain pro atau noob?

Sudah sampai manakah tier akun kamu saat ini?

Warrior?

Legend?

Atau sudah Mythic?

Setiap divisi di Mobile Legend memang memberikan gaya permainan yang berbeda - beda.

Seperti contohnya bila di tier Warrior, gaya bermain para playernya sungguh sangat kebangetan. Jauh dari kata ngerti, suka - suka dia main pokoknya, hehe..

Hal tersebut memang wajar saja, sebab pada divisi tersebut, para playernya masih berada dalam tahap belajar, jika dinilai dari segi para pemain divisi epic, mungkin permainan mereka sangatlah berbeda.

Tapi bukan hanya itu saja, masih terdapat beberapa perbedaan dari para pemain pro dengan pemain biasa Game Mobile Legend.

Termasuk kategori pemain apakah kamu...


PEMAIN BIASA(Noob)


1. Buta Map

Sering kali, karena keasikan bunuh minion atau monster di hutan, ada pemain yang jadi lupa sama keadaan di jalur lainnya.

Selain itu sering-sering liat map juga bisa membantu kita bisa menebak gerakan musuk. Kalau kita lagi solo menghancurkan turret terus di map nggak terlihat musuh satu pun, kamu jangan kesenangan, karena itu bisa jadi tanda musuh sedang bergerak ke arahmu.


2. Cuma Pake Item Rekomendasi

Mobile Legends adalah game strategi, bro! Dan kita nggak cuma berantem dengan tangan kosong aja kayak main Street Fighter. Ada banyak item yang bisa kita beli dan pakai. Beda racikan item, beda pula efek pada permainmu.

Mobile Legends memang menyediakan rekomendasi item yang mesti kita beli. Tapi, kita juga bisa merancangnya sendiri sebelum main. So, coba-cobalah gear lain. Dan nggak ada salahnya juga bereksperimen. Nana tapi pakai build item untuk Miya biar jadi marksman bisa banget, lho.


3. Memilih Hero Tanpa Memperhitungkan Tim

Memang ini bukanlah pemilu buat memilih Presiden yang menentukan nasib kehidupan bernegaramu. Kamu juga akan merasa kesal yang tidak pernah bisa dinilai dengan uang begitu sadar bahwa teman timmu tidak perduli dengan komposisi tim dan kerjasama untuk menang.

Role model seenak udel ini ga bakalan mau gotong-royong bantuin kamu ketika kamu sulit dan gagal move-on, dan pas kamu lagi enak-enaknya akan menghabisi lawanmu, tiba-tiba sebersit bayangan temanmu sudah ada disitu dan mencuri kill point dari tanganmu.


4. Berisik dan selalu menulis kata kasar

Guys, kita cuma lagi main game ya. Jadi tidak perlu berkata kasar di chat, apalagi sama satu tim. Tunjukin kalau kamu bukan noob player. Yang diperlukan di sini itu skill buat menghancurkan turret dan membunuh musuh, bukan mengeluarkan kata yang tak pantas.

Itulah beberapa ciri-ciri pemain noob di Mobile Legend. Semoga kamu bukan termasuk di dalamnya ya. Tips dari penulis, jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama sampai berulang-ulang.

Setidaknya jika kamu selalu kalah, coba diingat-ingat kesalahanmu. Benerin lagi gear yang kamu pakai dan pelajari strategi musuh. Selamat bermain ya.


5. Maju Nyerang Cuma Ngandelin Nafsu Tanpa Perhitungan

Dan ujung-ujungnya kamu mati begitu aja, bikin skor tim kamu jelek. Jadi, ada sebaiknya kamu memperhitungkan dengan baik dulu sebelum maju nyerang musuh.

Inget-inget apakah skill andalannya musuh udah dipakai atau belum, lihat map dulu, apakah musuh lainnya ada kemungkinan menyergapmu, dan seberapa jauh jarakmu dari turret.


6. Terlalu asyik jungling

Saat turret kamu lagi sekarat, dan masih asyik reunian bareng monster-monster hutan yang akhirnya hanya menjadikan timmu kalah, apalagi kalau udah di late game, segera singkirkan kebiasaanmu itu ya. Selalu lihat mini maps, apakah musuh sudah mendekat atau belum.

Kalau masih ada kemungkinan bisa jungling, langsung lakukan dengan cepat dan kembali fokus ke turret. Tipsnya lakukan jungling pada awal permainan.


PEMAIN PRO


1. Menguasai Semua jenis hero minimal satu dalam setiap jenisnya

Kebanyakan pemain mobile legends hanya mampu menguasaia beberapa jenis hero saja, hal ini berbeda bagi mereka yang sudah pro karena biasanya mereka mampu menguasai semua jenis hero minimal satu dari setiap jenisnya.

Hal ini sangat berguna karena terkadang anggota dari team kita akan egois dan memikirkan dirinya sendiri sehingga ketika dalam pemilihan hero mereka akan sesuka hati memilih hero kesukaan mereka tanpa perduli kebutuhan team, nah kalau bisa menggunakan semua jenis hero akan bisa menutupi kekosongan di dalam team.


2. Memilih hero yang tepat & Kerja sama tim

Sebelum pertandingan dimulai, kita diberikan waktu untuk memilih hero untuk dimainkan di match tersebut. Kunci untuk memenangkan sebuah pertandingan adalah kalian harus memiliki kerja sama yang baik dan peka akan situasi.

Komposisi team yang ideal adalah:

  • 1 Marksman,
  • 1 Tanker,
  • 1 Fighter,
  • 1 Assasin / Fighter,
  • 1 Mage / Support.


Di region SEA biasanya banyak pemain yang pick Marksman paling pertama, kalian cukup memilih hero dengan role yang berbeda sehingga tidak terjadi flaming di awal permainan. Ketika kalian dapat menggunakan hero yang kalian pilih maka kalian dapat mengendalikan permainan itu sendiri, apalagi jika teman satu team kalian memiliki map awareness yang tinggi. Sehingga jika salah satu lane dari team kalian selalu di push maka kalian akan sangat cepat mem-backup teman kalian dan meng-counter serangan musuh.


3. Fokus ke Turet dan Nggak Gila Kill

Kebanyakan para player mobile legends sangat suka kills musuh, hal ini terbilang wajar karena sensasi tersendiri ketika kita berhasil melakukan hal tersebut, namun yang dilarang adalah meninggalkan area penjagaan yang berujung pada jebolnya turet.

Salah satu ciri yang membedakan antara player pro dan player noob, adalah fokus player pro bukan ke seberapa banyak angka kill yang bisa ia dapatkan dalam suatu pertandingan melainkan bagaimana caranya untuk menjebol pertahanan lawan dan menghancurkan turret satu persatu.


4. Hero positioning

Positioning hero sangatlah penting untuk melakukan inisiasi war, maupun mencari posisi yang aman bagi Mage atau Marksman, karena hero yang memiliki damage besar biasanya memiliki jumlah HP yang sedikit dan armor tipis. Sehingga membutuhkan positioning hero yang tepat untuk tidak diserang oleh musuh dan membunuh mereka secara perlahan dengan tepat. Sangat tidak disarankan bagi kalian yang memilih hero seperti moskov namun berdiri paling depan saat terjadi war, karena kamu akan sangat mudah di bunuh oleh musuh dan team kalian tidak memiliki damage dealer dan berakhir dengan "rata". Untuk mempelajari hal ini kalian dapat menonton pertandingan pro player dengan sudut pandang mereka, sehingga kalian akan sangat mudah memahami bagaimana memposisikan hero kalian pada saat war.


5. Mobilitas

Untuk hero-hero yang memiliki mobilitas tinggi seperti assasin atau fighter, pada fase awal sampai mid game biasanya akan sedikit agresif untuk berpindah-pindah lane. Maka kalian harus lebih sering untuk memperhatikan map, apabila map terlihat kosong maka kalian harus siaga untuk meng-cover team kalian, sehingga kalian tidak selalu berada di lane kalian sendiri, tetapi kita harus pandai untuk melakukan tindakan yang dapat menyelamatkan team kita sendiri. Sebaliknya apabila kalian merasa team kalian sudah menguasai permainan, kalian dapat melakukan hal yang serupa, yaitu roaming ke top, mid, bottom untuk melakukan gank ke lawan, sehingga lawan tidak diberikan celah untuk farming dan ini merupakan kesempatan besar bagi kalian untuk mendapatkan kemenangan.

Baca juga:

Your Reactions: