7 Tips Bermain Mobile Legend Standar Yang Paling Wajib Kamu Ketahui
7 Tips Bermain Mobile Legend Standar Yang Paling Wajib Kamu Ketahui

7 Tips Bermain Mobile Legend Standar Yang Paling Wajib Kamu Ketahui

Sering dikatakan Noob?, jangan meyerah, cobalah untuk pahami beberapa tips berikut, dan lihat nanti perbedaannya

Bermain game Moba memang bukanlah bisa kita menangkan secara hanya individu saja yang pro. Tetapi dalam game Moba, khususnya seperti yang kita bahas saat ini Mobile Legend, memerlukan strategi - strategi khusus setiap pemainnya agar mampu mendukung tim untuk meningkatkan persentase kemenangan.

Bagi kamu yang masih baru memulai bermain game Mobile Legend, atau biasa disebut pemula, ada beberapa tips dasar bermain Moba yang wajib kamu ketahui agar nantinya saat permainan tidak dikatakan Nuub.

Apa saja tipsnya, yuk langsung saja simak beberapa tipsnya berikut ini :

7 Tips Bermain Mobile Legend Standar Yang Paling Wajib Kamu Ketahui
Sumber Gambar : narutoprofile.wikia.com

1. Memilih Hero Dalam 1 Tim

Saat pemilihan hero usahakan untuk melihat hero yang di pilih teman satu timmu,karena kebanyakan pemain baru asal memilih hero tanpa melihat hero apa saja yang dipilih oleh teman setimmu,kalo teman setimmu memilih Tank, Mage, Fighter,Fighter, maka pilihlah tipe hero yang blm di pick antara marksman dan support. Sebaiknya pilih Marksman karena tanpa marksman tim agak kesulitan saat war nanti. Kalo timmu sudah memilih,Tank, Fighter, Marksman, Mage, kamu bebas memilih hero tipe apa yang mau di gunakan. Intinya untuk pemilihan hero harus saling support dan melihat tipe apa yang kurang didalam timmu,dan hero tipe apa yang dibutuhkan timmu.


2. Memahami Role Setiap Hero Mobile Legend

MOBA adalah game yang memerlukan team work dan strategi. Kamu tidak bermain melawan tim musuh sendirian, tetapi bermain sebagai tim. Berikut guide Mobile Legends setiap peran:

  • Carry : peran yang dimainkan sebagai damage dealer dalam sebuah pertandingan. Peran ini sangat perlu bantuan support untuk menjadikannya monster pembun*h! Carry biasanya adalah marksman atau mage yang berfokus pada damage.
  • Tank : inisiator di dalam tim yang juga sebagai front line dalam sebuah game. Peran Tank paling banyak menerima damage dalam sebuah team fight untuk men-support carry. Jika kamu bermain sebagai Tank, harus mempunyai keputusan yang tepat!
  • Support : peran yang tidak populer dan cenderung under rated. Peran kamu di sini adalah menjamin carry di tim bertahan lebih lama di dalam team fight. Peran support sangatlah penting di dalam sebuah team fight yang intens, jadi jangan anggap remeh!
  • Jungler : tidak seperti peran karakter lainnya yang bermain di lane, jungler bermain di hutan dan perlu sadar akan peta sepenuhnya! Jungler juga bisa bertindak sebagai inisiator dalam gank ataupun counter gank, biasanya yang memiliki peran sebagai jungler ini adalah hero role assassin.



3. Farming



Saat bermain menit-menit awal di Line jangan terpaku mencari gold di Line saja. Apalagi kondisi di Line kita menghadapi musuh tipe Mage dan marksman ( Range ), karena menit-menit awal bertemu di Line dengan hero tipe ini kita bakalan tersiksa untuk mencari Gold. Karena itu saat minion musuh mendekat ke tower habisi minion, tunggu minion kita menyerang sampe di tengah antara tower kita dan tower musuh lalu pergi ke hutan dan kill monster di hutan (istilahnya Jungling), saat minion musuh mendekati tower kita, kita kembali ke Line dan habisi kembali Minion musuh, jika monster di hutan sudah respawn kembali sebaiknya Jungling lagi supaya lebih cepat mendapatkan gold.


4. Cara Bermain Yang Baik

bermain Ingat ini hanyalah sebuah game jadi tidak usah takut mati saat bermain menghadapi lawan, kalo mati masih bisa respawn tenang saja, tapi usahakan jangan jadi ATM ( mati berkali-kali oleh musuh ). Jaga jarak, tau gerak gerik musuh, dan hafal skill yang dimiliki hero musuh saat berhadapan di Line akan membuat kita tahu kapan harus menyerang dan kapan harus menghindar/jaga jarak. Untuk tehnik menghadapi musuh dan mengatasi skill musuh akan dibahas mendalam di postingan berikutnya.

Gunakan tehnik maju mundur maju mundur cantik seperti syahrini hahahahha. Maksudnya maju untuk hit minion lalu mundur, maju hit minion lalu mundur ini dilakukan supaya kita aman dari serangan musuh. Jika kita hanya diam hit minion sementara ada musuh didepan kita bisa di serang langsung oleh musuh. Ingat harus sabar jangan langsung serang musuh, karena kita butuh gold untuk build item suaya cepat jadi.

Cicil hero musuh sesekali, bila menggunakan hero range lebih enak menyicil musuh apalagi saat menghadapi musuh tipe melee di line kita, hit minion bila musuh mendekat hit hero musuh dengan serangan biasa atau dengan skill lalu mundur untuk jaga jarak. Jika berhasil nyicil hero musuh sampe HP mereka sekarat ingat jangan terbawa nafsu untuk kill karena musuh pasti bakalan lari ke tower mereka jika HP kita masih Full dan HP mush benar2 sekarat dan juga masih dalam jangkauan hit kita lebih baik di kejar walaupun posisi sudah d tower. Tapi kalo HP kita setengah atau di bawah setengan sebaiknya jangan dipaksakan nanti malah kita yang tewas kena hit tower.


5. Sering - Sering Lihat Mini Map

Dengan kita sering melihat mini map, maka dengan begitu kamu bisa membaca situasi dan keadaan di dalam game untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan.

Sering melihat mini map ini juga akan memberikan kamu kewaspadaan akan terjadinya gank.

Jadi harap selalu waspada dan berhati - hati akan kemungkinan hero - hero musuh yang bersembunyi di semak - semak.


6. Kekompakan Tim Adalah Yang Utama

Yang perlu kamu ingat adalah Moba itu pertempuran yang mengandalkan kekompakan tim, bukannya individu.

Jadi jangan ragu untuk selalu berkomunikasi dengan rekan 1 tim kamu untuk sekedar mengingatkan, meminta bantuan, atau menyarankan untuk kebaikan tim.

Satu lagi, apabila terdapat pemain yang dianggap noob, ada baiknya kamu berikan ia saran bukan hujatan, dan karena seringan ia di kill tersebut, maka berarti pemain yang dianggap noob itu memerlukan perlindungan lebih.


7. Inti Dari Permainan Adalah Menghancurkan Tower

Untuk bisa menang kita harus bisa menghabiskan tower yang ada di Line (Tidak semua Line harus Hancur) sampai ke Tower pusat di base musuh. Ingat tujuan utama adalah menghancurkan base musuh Jangan terlalu bernafsu Kill musuh terus sampai-sampai lupa jagain Tower ( Sering kejadian gini pas main ). Ingat kerjasama Tim sangat penting di Game ini kalian tidak bisa pergi solo lawan 5 musuh sekaligus, walaupun item kalian sudah jadi tetap solo vs 5 pasti kalah jadi tetap bareng bersama teman tim yang lain. 

Baca juga:

Your Reactions: