Cara Daftar, Tips, Serta Rahasia Google Adsense Blog Agar Mudah Diterima[Studi Kasus]
Cara Daftar, Tips, Serta Rahasia Google Adsense Blog Agar Mudah Diterima[Studi Kasus]

Cara Daftar, Tips, Serta Rahasia Google Adsense Blog Agar Mudah Diterima[Studi Kasus]

Adsense, bagi para Blogger, kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi, sebab tujuan dari kebanyakan Blogger lokal Indonesia adalah dimana blog mereka bisa dikaitkan dengan publisher iklan Google Adsense.

Adsense, bagi para Blogger, kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi, sebab tujuan dari kebanyakan Blogger lokal Indonesia adalah dimana blog mereka bisa dikaitkan dengan publisher iklan Google Adsense.

Tetapi memang dalam hal untuk mendapatkan akun Google Adsense tersebut, bukanlah perkara yang mudah, dimana para pemilik blogbiasanya akan menghadapi rintangan - rintangan sebelumnya. 

Nah berkaitan dengan tantangan - tantangan tersebut, jadi dalam artikel ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara mendaftar Google Adsense, serta tak lupa juga saya akan memberikan tips - tips, dan apa yang sudah saya pelajari mengenai kenyataan tentang Google Adsense.

Apabila kamu sudah pernah mencari referensi - referensi artikel lain tentang topik yang sama, maka kemungkinan besar poin - poin yang kamu dapatkan akan tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya. Termasuk juga dalam artikel ini, dimana kemungkinan juga poin - poin yang akan saya berikan tidak beda jauh juga.

Ingat ya itu baru kemungkinan..

Dan untuk membuat artikel ini memiliki poin lebih dibandingkan artikel - artikel yang lain dalam konsep topik yang sama, maka disini saya tak lupa juga akan menyisipi beberapa pengetahuan - pengetahuan baru yang mungkin tidak terdapat di kebanyakan artikel lain.

Pengetahuan - pengetahuan baru tersebut adalah merupakan pengalaman - pengalman saya selama ini belajar tentang Google Adsense.

Dalam artikel ini terdapat 3 poin utama yang akan saya bahas, yaitu :
  1. Cara Mendaftar Google Adsense Non Hosted
  2. Tips - Tips Agar Bisa Di Terima
  3. Poin Tambahan Berdasarkan Pengalaman

Tak perlu berlama - lama, oke langsung saja kita akan masuk dalam pembahasan materi poin yang pertama terlebih dahulu.


1. CARA MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE NON HOSTED

Dalam dunia Adsense, terdapat 2 buah jenis iklan yang ditawarkan, yaitu hosted dan non hosted. Dari kedua iklan tersebut, meskipun sama - sama berada dibawah naungan nama besar Google, tetapi hal tersebut tidak serta merta menjadikan keduanya bisa saling akur satu sama lain.

Adsense hosted biasa kita temui pada konten - konten yang ada kaitannya dengan video, dan Adsense non hosted tersebut adalah jenis iklan yang terdapat dalam konten berbentuk tulisan di sebuah blog.

Jadi mudahnya Adsense hosted adalah untuk Youtube, dan Adsense non hosted adalah untuk blog.

Banyak yang mengatakan untuk mendapatkan Adsense hosted tersebut jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan Adsense non hosted. Pernyataan tersebut memanglah benar adanya, sebab dari pengalaman yang saya pernah alami, mendaftar Adsense hosted dengan hanya bermodal 3 konten video saja sudah bisa diterima. 

Tetapi kemungkinan saat ini memang untuk mendapatkan amprove dari Adsense hosted agak mulai sulid, sebab dikarenakan adanya kebijakan baru dari Google Adsense sendiri.

Beda lagi apabila anda mengincar Adsense non hosted, dimana perjuangan yang anda butuhkan akan lebih mendapat kesulitan, atau saya bisa katakan untuk mendapatkannya memang tidak mudah, mungkin memang ada beberapa yang beruntung mudah diterima, tetapi apakan anda itu termasuk orang yang beruntung?.

Jika ya mungkin hanya dengan sekali mendaftar anda akan diterima, intinya tetap optimis saja.

Oke untuk cara mendaftarnya, disini saya menyarankan anda mendaftar melalui Blog, sebab dari kebanyakan blogger - blogger yang di amprove, mereka mengaku melakukan pendaftaran Adsense melalui blog(Blogspot).


Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Mudah Diterima[Studi Kasus]


Pertama pada dashboard blogger anda, silahkan pilih menu penghasilan yang terdapat di side bar. > daftar ke Adsense.

Note : Apabila ada dari anda yang tidak terdapat menu penghasilan di bagian sidebar, maka untuk mendapatkannya, anda diharuskan untuk mengubah bahasa yang awalnya Indonesia menjadi Inggris(Amerika Serikat), atau Inggris(Inggris Raya), pilih salah satu. Dengan cara tersebut maka menu penghasilan akan otomatis muncul pada bagian sidebar setelah anda merefresh halaman tersebut.

Menu pengubahan bahasa bisa anda temukan di Setelan > Bahasa dan Pemformatan > Bahasa.


Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Mudah Diterima[Studi Kasus]


Kemudian selanjutnya anda akan diarahkan menuju halaman seperti gambar diatas, ikuti saja petunjuknya sampai anda menyelessaikan langkah 3, maka dengan begitu permohonan anda untuk mendaftar akan sudah mulai ditinjau oleh tim Google Adsense.

Biasanya waktu yang dibutuhkan dalam hal ini adalah sekitar 3 hari, tetapi kadang ada banyak kasus keterlambatan atau pengunduran waktu review yang dibutuhkan oleh tim Adsense menjadi lebih lama, bahkan ada yang mencapai 1 bulan lebih belum juga mendapat pemberitahuan.



2. TIPS - TIPS AGAR BISA DITERIMA GOOGLE ADSENSE

Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Mudah Diterima[Studi Kasus]
Sumber Foto : https://weblizar.com/

Dalam kebanyakan artikel lain yang membahas Adsense, pasti akan pernah saja memberikan tips - tips agar bisa menerima amprove dari Google Adsense.

Termasuk juga dengan Blog ini, dimana secara keseluruhan tips - tips tersebut tidak beda jauh, hanya lebih bervariasi karena menggunakan penambahan bahasa - bahasa yang lebih memfokus pada satu titik.

Hal tersebut memang bagus, sebab dengan begitu orang - orang yang awam atau sudah pernah melakukan kesalahan, pasti akan lebih mudah mengerti.

Tetapi dalam artikel ini tidaklah akan menjabarkan banyak tips yang lebih tertarget, melainkan saya akan menggabungkannya dan mereviewnya secara lebih mendetail satu per satu secara lebih meyeluruh.

Okte, tak perlu waktu lama, langsung saja kita membahas tips - tipsnya berikut ini :
  1. Pastikan Platform Anda Bisa Connect Dengan Adsense
  2. Domain TLD(penting)
  3. Maksimalkan SEO
  4. Artikel Jangan Hasil Dari Copy Paste
  5. Jumlah Artikel Setidaknya 60
  6. Umur Blog Sudah Mencapai 6 Bulan
  7. Blog Rapi Dilengkapi Dengan Komponen - Komponen Yang Memadai


1. Pastikan Platform Anda Bisa Connect Dengan Adsense

Anda tau platform?

Jika tidak, maka saya juga begitu(dulu). Bagi sebagian blogger kemungkinan arti dari kata platform tersebut belumlah diketahui, padahal, apabila dikaitkan dengan yang namanya ingin mendaftar Adsense, maka peran sebuah platform tersebut sangatlah penting, sebab ia bisa menentukan apakan blog anda bisa didaftarkan Adsense atau tidak.

Untuk artie dari platform sendiri adalah tempat dimana anda membuat blog tersebut.

Misal, anda membuat blog di Blogger.com, maka dengan begitu platform yang kamu ikuti adalah platform blogger, contoh lain lagi, apabila anda membuat blog di wordpress, maka platform yang kamu ikuti adalah platform wordpress.

Hingga kini, jenis platform yang saya ketahui bisa dikaitkan dengan Google Adsense adalah platform Blogger.com, Wordpress.prg, serta Joomla.

Jadi sebelum memutuskan untuk medaftar Adsense, ada baiknya anda perhatikan terlebih dahulu dimana tempat atauplatform blog anda bernaung.



2. Domain TLD(penting)

Mengapa saya katakan yang satu ini penting?

Alasannya adalah karena banyak terdapat keuntung yang sangat membantu saat mendaftar Adsense apabila dimain anda sudah TLD.

TLD sendiri merupakan Tops Level Domain, yang dimana untuk mendapatkannya anda diharuskan membayar biaya pembelian di penyedia - penyedia jasa yang menjual domain TLD.

Jenis - jenis domain TLD tersebut ada banyak, seperti Com, Net, Id, Co.id, dan lain sebagainya, intinya adalah domain yang anda dapatkan dengan cara membayar kepada penyedia domain.

Memang kadang terdapat beberapa situs - situs yang menawarkan anda domain TLD gratis, akan tetapi jangan juga terlalu percaya dengan yang gratis - gratis tersebut, sebab yang awalnya gratis tidak akan selamanya bisa menjadi gratis.

Keunggulan dari pada domain TLD dibandingkan dengan domain - domain gratisan(blogspot,wordpress.com) adalah :

  1. Blog Lebih Terlihat Profesional
  2. Ada Tanggungan Yang Membuat Kita Bersemangat Negblog
  3. Tambahan Keunggulan Lain Yang Akan Saya Berikan Pada Poin Pengalaman Nanti

Blog Lebih Terlihat Profesional

Dengan menggunakan domain yang sudah TLD, maka blog anda akan dianggap atau anda sudah dianggap serius dalam mengelola sebuah blog.

Dianggap serius tersebut adalah bisa dari sesama blogger lain, pembaca, pengiklan, dan yang pasti adalah Goolge Adsense sendiri.

 Ada Tanggungan Yang Membuat Kita Bersemangat Ngeblog

Dalam mengelola sebuah blog, memang akan sempat saja terkena pengaruh masa - masa malas menulis. Jadi dalam hal ini penggunaan domain TLD akan berpengaruh karena kita akan ingat bahwa kita sudah mengeluarkan biaya untuk membuat blog ini, jadi karena sudah keluar biaya masak tega kita hanya membiarkannya terbengkalai..

Tambahan Keunggulan Lain Yang Akan Saya Berikan Pada Poin Pengalaman Nanti

Sesuai judul, terus kebawah yah, hehe..


Tetapi meskipun kadang juga terdapat blog yang tidak berdomain TLD alias gratisan bisa diterima oleh Google adsense, hal tersebut memang tak mengherankan, sebab memang bisa terjadi, nah sekarang tergantung dari anda saja, mau menggunakan yang gratis atau berbayar.



3. Maksimalkan SEO

SEO atau search engine optizimation merupakan sebuah cara mengoptimasi blog agar lebih friendly dengan mesin pencari(google).

Dalam pembahasan tentang SEO, saya sudah pernah membuat artikel yang membahas tentang hal itu di 2 artikel berikut :

Nah untuk selengkapnya tentang SEO ini bisa anda temukan di dalam kedua artikel yang saya rekomendasikan tersebut.


4. Artikel Jangan Hasil Copy Paste

Google sangat membenci plagiat, memang mungkin ada beberapa yang lolos, akan tetapi hal tersebut akan percuma saja, karena ujung - ujungnya akan ke banned juga.

Oleh sebab itu lebih baik kita main jujur saja, dengan kemampuan yang kita miliki, serta juga artikel yang dibuat oleh orang lain belum tentu lebih baik dari artikel yang kita buat. Jadi intinya adalah tetap percaya diri saja, berusaha, terima masukan dengan sabar, dan terus belajar dan membaca.

Dalam hal membuat artikel, saya juga akan memberikan anda sedikit pembelajaran tentang artikel - artikel yang kemungkinan bisa dinilai bagus dimata para pembaca blog anda.

Pembelajaran yang saya rekomendasikan dalam poin ini adalah :


5. Jumlah Artikel Setidaknya 60

Patoaknn jumlah artikel yang dimiliki blog anda adalah sebuah cara yang dapat memperbesar kemungkinan blog anda dapat diamprove oleh Google Adsense.

Jumlah tersebut adalah jumlah yang paling pas, dimana dengan jumlah artikel sebanyak itu, mejadikan blog anda dinilai konsiten dan serius dalam hal memberikan informasi - informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Juga berdasarkan ketentuan dari Google sendiri, dimana untuk blog berbahasa Indonesia, jumlah artikel 60lah yang direkomendasikan untuk bisa mendaftar Googlr Adsense.


6. Umur Blog Sudah Mencapai 6 Bulan

 Mengelola sebuah blog itu memang membutuhkan waktu yang lama, apalagi buat anda yang baru - baru mengelola sebuah blog, tetapi langsung terfokus untuk mengejar Google Adsense.

Saya tidak meyalahkan rasa optimis dan semangat anda ngeblog diawal mengenal Adsense, tetapi harapan saya nantinya anda tetap menjaga konsisten optimis, serta semangat di awal tersebut untuk seterusnya.

Sebab dikarenakan dalam dunia blogging yang ada di dalam ekspetasi mungkin tidak akan sejalan dengan realita yang dapat terjadi, termasuk dalam mendaftar Adsense, demana dengan hanya membaca banyak tip, serta belajar masalah Adsense tidak akan serta - merta bisa menjadikan akun anda mudah diamprove oleh Google.

Nah sekedar tips, ada baiknya anda bersabar dalam hal ingin mendaftar Adsense, sebab rasanya ditolak itu menyakitkan sob..

Menunggu hingga umur blog mencapai 6 bulan itu juga sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan blog berbahasa Indonesia bisa diterima Google Adsense.


7. Blog Rapi Dilengkapi Dengan Komponen - Komponen Yang Memadai

Bagaimanakah definisi blog yang rapi menurut anda?

Pastinya jawaban satu akan memiliki perbedaan dengan jawaban yang lainnya.

Hal tersebut memanglah wajar, sebab pada dasarnya seorang manusia tersebut memiliki karakter serta pemikirannya sendiri.

Jadi karakter dan pemikirannya itulah yang menjadikan dari hanya satu pertanyaan saja bisa menimbulkan beragam jawaban apabila di tanyakan kepada banyak orang.

Jadi dalam mendefinisikan blog yang rapi tersebut, saya menyerahkannya kepada anda saja, jadi dimana anda bebas menghias blog anda dengan beragam komponen yang bisa menjadikan blog tersebut rapi.

Dan yang akan saya berikan dalam poin ini adalah komponen - komponen yang memadai.

Komponen - komponen tersebut adalah seperti : Disclaimer, Sitemap, Privacy Policy, About Me, TOS, Laman Kontak.

Serta juga untuk sekedar mengingatkan, dimaan bahwa pada dasarnya pengunjung datang ke blog anda tersebut karena membutuhkan infomasi, maka dengan begitu jangan sampai anda menghalangi informasi yang dibutuhkan oleh pembaca tersebut dengan mengisi blog anda dengan sesuatu yang tidak perlu. Seperti widget - widget yang tidak berguna atau sesuatu yang menghalangi artikel itu sendiri.


3. POIN TAMBAHAN BERDASARKAN PENGALAMAN

Oke terakhir, masuk kedalam poin pengalaman saya, pertama yang harus saya jelaskan dulu adalah tempat dimana saya mendapatkan informasi - informasi tentang Google Adsense tersebut.

Jadi awalnya saya hanya membaca dari beberapa artikel - artikel lain dalam topik Adsense yang banyak bertebaran di Google. Lalu semakin berkembang, kemudian saya mulai untuk mengikuti beberapa forum dan komunitas - komunitas yang membahas tentang Adsense juga.

Dari komunitas dan forum tersebut saya banyak mendapatkan pengetahuan baru tentang kenyataan Google Adsense diluar ekspetasi saya bahwa Google Adsense itu sangat ketat dalam penilaiannya terhadap blog yang ingin menjadi publishernya.

Ketatnya memang masih, tetapi terdapat beberapa rahasia tentang atau cara agar bisa diterima oleh Google Adsense.

Apa saja rahasia - rahasianya?

Oke langsung saja simak beberapa diantaranya berikut ini :
  1. Blog Dengan Domain TLD Bisa Berpengaruh Pada Pengurangan Batas Awal Mendaftar Adsense Indonesia
  2. Orang Bilang Konten Adalah Raja
  3. Penggunaan Sumber Gambar Saat Ini Sangatlah Penting
  4. Solusi Setelah Ditolak Adalah Mengganti Email Baru Dalam Blog Yang Sama
  5. Semakin Sering Mendaftar Adsense, Maka Kemungkinan Diterima Akan Semakin Besar


1. Blog Dengan Domain TLD Bisa Berpengaruh Pada Pengurangan Batas Awal Mendaftar Adsense Indonesia

Seperti yang sudah sempat yang sebutkan diatas, bahwa blog berbahasa Indonesia memiliki limit awal untuk besar harapan di amprove oleh Google Adsense, limit tersebut adalah jumlah artikel adalah 60 buah, dan umur blog sudah mencapai 6 bulan.

Tetapi apabila blog anda sudah menggunakan domain TLD, maka kedua limit yang berlaku untuk blog berbahasa Indonesia tersebut sudah tidak berpengaruh lagi.

Berdasarkan informasi serta saya juga sudah mengecek blognya sendiri, dimana ada sebuah blog yang hanya memiliki jumlah artikel sebanyak 12 buah dengan umur blog kurang dari 1 bulan sudah bisa menayangkan iklanAdsense.

Tentunya dengan menggunakan domain yang sudah TLD.

Hal tersebut memang sedikit mematahkan espetasi saya, bahwa kesulitan mendaftar adsense yang pernah saya alami bisa dipatahkan oleh hal kecil seperti itu.


2. Orang Bilang Konten Adalah Raja

Konten adalah raja, benarkah?

Menurut saya sih memang benar, sebab karena memang tujuan pengunjung datang ke blog kita adalah untuk membaca konten itu sendiri.

Apa kaitannya dengan Adsense?

Adsense sendiri juga memiliki ketentuan tentang konten ini, yang dimaan konten yang kemungkinan besar bisa diterima oleh Adsense adalah konten yang unik, dibuat secara natural, dan bukan hasil copy paste.

Kadang memang kita melihat blog yang memiliki konten biasa saja tetapi sudah bisa menyangkan iklanAdsense. hal tersebut memang bukanlah hal yang tidak mungkin, sebab ada banyak faktor yang berpengaruh juga, termasuk seperti yang sudah saya jelaskan pada poin domain TLD diatas.


3. Penggunaan Sumber Gambar saat Ini Sangatlah Penting

Sekarang plagiat bukan hanya berasal dari mengcopy artikel saja, melainkan sudah sampai pada penggunaan gambar yang tidak berisikan sumber dari pemiliknya bisa menjadi atau termasuk pelanggaran hak copyright.

Google sangat menghargai tentang hak cipta tersebut, oleh sebab itu apabila anda menemukan gambar yang bagus, tetapi milik orag lain, maka akan lebih baik anda menggunakan gambar tersebut, tetapi diserta dengan sumber dari pemilik aslinya.

Cara penambahan sumber dari pemilik aslinya, sebenarnya sudah bisa dilakukan di dalam membuat artikel. Caranya adalah dengan mengupload gambar terlebih dahulu > klik gambar > pilih Add Caption > masukan sumber > selesai.


4. Solusi Setelah Ditolak Adalah Mengganti Email Email Baru Dalam Blog Yang Sama

Ini juga termasuk salah satu tips yang disarankan oleh banyak master - master yang bergelud di bidang Adsense.

Dikarenakan biasanya email yang sudah pernah di daftarkan Adsense lalu ditolak, akan mendapat waktu peninjauan yang tergolong lebih lama dibandingkan dengan email baru, apabila melakukan pendaftaran ulang setelah mendapat penolakan. 

Jadi untuk meminimalisir waktu tunggu review blog anda tersebut, maka solusinya adalah dengan membuat email baru yang nantinya menjadi email pengganti baru yang akan digunakan mendaftar Adsense.

Blognya masih sama, hanya emailnya saja yang diganti.



5. Semakin Sering Mendaftar Adsense, Maka Kemungkinan Diterima Akan Semakin Besar

Memang kemungkinan anda pasti akan ragu dengan tips pada poin ini, ya itu hak anda, hehe...

Rahasia daripada poin yang satu ini adalah jumlah penolakan Adsense akan membuat blog anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima nantinya, setidaknya jumlah penolakan yang mencapai 10 kali sudah menjadikan peluang diterima blog anda akan sangat besar pada kali mendaftar selanjutnya, yaitu yang ke 11 hingga 15.

Setelah 15?

setelah 15 anda masih bisa tetap mendaftar, tetapi dengan catatan, apabila sudah sampai ditolak begitu banyak, maka kesalahan tersebut mungkin terdapat di dalam blog anda, cobalah untuk menemukan kesalahan tersebut terlebih dahulu, untuk kemudian melakukan pendaftaran lagi.



PENUTUP

blog ini sendiri sebenarnya pernah ditolak beberapa kali, saya sempat vakum ngeblog selama berbulan - bulan dikarenakan sudah malas..

Tetapi lama - kelamaan saya kasihan juga dengan blog ini, dan kasihan juga dengan karya - karya yang sudah saya buat.

Jadi dengan rasa yang ga enak tersebut, saya pun memutuskan untuk mengelolanya kembali.

Dan sampai kina mungkin memang dalam hal membuat artikel memang tidak bisa rutin, tetapi setidaknya blog ini masih terurus dan menyimpan karya - karya saya. hehe...

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ada Aaaa Naksir Sama Dededede, Trus Dededede Laporan Sama Kakakaka, Aaaa Panik Liatin Video Lucu, Kakakaka Ketawa, Tiba - Tiba Muncul Cececece, Wewewewe, Aaaa Yeyeyeye. Makin Handsome Pakai Exit Gegegege