Haruskah Kursus Untuk Menjadi Blogger Profesional? - Tanya Admin
Haruskah Kursus Untuk Menjadi Blogger Profesional? - Tanya Admin

Haruskah Kursus Untuk Menjadi Blogger Profesional? - Tanya Admin

mengenal bagaimana sih seorang blogger profesional tersebut, mulai dari dasar - dasarnya.

cara menjadi blogger profesional

cara menjadi blogger profesional memang banyak, dalam arti kata banyak jalan menuju roma.


seperti yang akan saya bahas saat ini.

apa sih itu blogger profesional itu?

blogger profesional itu adalah seorang blogger yang memang sudah paham dengan tujuan dan tata cara bagaimana ngeblog yang baik dan benar.

tata cara disini maksudnya adalah dimana apa bila anda seorang blogger, tentunya harus memahami, atau setidaknya tau dengan yang namanya HTML, CSS, widget -  widget, dan masih banyak lagi elemen yang ada di dalam dunia blogging.

karena begitu banyaknya, maka ada baiknya anda sembari belajar, juga sematkan mengelola blog, maksudnya adalah ya biar langsung praktek gitu...

dan juga mengetahui tata cara blogging yang baik dan benar itu juga berkaitan dengan cara anda promosi, entah itu promosi blog ataupun promosi artikel.

karna beda blog beda pula cara optimasinya.

jadi pahamilah jenis blog anda berdasarkan niche, serta perhitungkan juga masalah audience.

audience disini adalah banyaknya pengikut blog anda, itu masuk dalam konteks jenis blog berdasarkan niche, seperti yang saya sebutkan diatas.

dan ada juga yang masuk dalam konteks berapa banyak audience yang berkunjung ke blog setelah anda mempromosikan artikel anda, entah itu melalui media sosial, sosial bookmark, aplikasi, ataupun situs - situs yang menyediakan posting artikel gratis.

nah selanjutnya kita akan berbicara tentang bagaimana menjadi blogger profesional.

Cara Menjadi Blogger Profesional



mudah saja, kuncinya adalah mau belajar, mencoba, dan pantang menyerah.
  • pertama adalah mau belajar, seperti yang anda ketahui bahwa belajar adalah cara untuk menambah pengetahuan, jadi agar pengetahuan anda semakin banyak, maka tentunya anda harus belajar, khususnya karena kita bicara masalah blogging, jadi belajarnya juga haruslah berkaitan dengan dunia blogging itu sendiri.
  • kedua adalah mencoba, kalau tidak di coba, kita tidak akan tahu hasilnya, baik atau buruknya biarlah nanti, intinya anda sudah berusaha untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
  • ketiga adalah pantang menyerah, masih berkaitan dengan mencoba diatas, jika gagal coba lagi, belajarlah dari kegagalan anda sebelumnya, dan jadikan itu loncatan karena anda sudah punya pengalaman sebelumnya.
nah untuk menjadi blogger profesional itu haruskah anda belajar dari orang lain atau bisa otodidak?

sebenarnya saya menyarankan anda belajar dari orang yang sudah memiliki pengalaman terlebih dahulu, walaupun saya belajarnya otodidak, hehe..

dengan begitu, maka ilmu miliknya adaah milik anda, dan anda hanya tinggal mengembangkannya. 

beda lagi apabila anda belajar sendiri, dimana itu sama saja dengan anda mulai dari bawah,  bawah sekali...

tapi sih sebenarnya itu tidak masalah juga, sebab jika mulai dari dasar, maka anda akan mendapati tahap - demi tahap yang lebih pasti dan anda bisa memilih sesuai dengan keinginan nantinya.


penutup, mau anda mulai sendiri ataupun mulai dari pengalaman orang lain, Terserah.

anda punya pilihan..

jika kita mengaitkannya dengan peribahasa satu saksi bukanlah saksi, maka itu sama dengan dua orang lebih baik dari pada satu.

Baca juga:

Your Reactions: