Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Tools
Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Tools

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Tools

Cara Riset Kata Kunci menggunakan google keyword tools atau lebih dikenal denga sebutan google keyword planner

keyword tools atau biasa dikenal dengan google keyword planner, dimana tools ini digunakan untuk melakukan riset kata kunci oleh kebanyakan blogger, yang memang ingin mengincar keyword dengan volume pencarian tinggi.


tujuannya, sudah tentu agar traffic blog meningkat, meningkat apabila konten yang anda buat bisa menembus halaman satu.

Tapi jika tidak?

ini yang jadi kesalahan oleh kebanyakan blogger, mereka berfikir dengan mengincar kata kunci yang memiliki volume tinggi, maka nantinya traffic pengunjung blog akan meningkat, secara logisnya hal tersebut memang bisa, tetapi terdapat faktor yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

contohnya, kita berfikir secara menyeluruh, dimana bukan hanya kita saja yang mengincar kata kunci bervolume tinggi tersebut, tentu terdapat ratusan blogger lain yang juga melakukannya, sekarang permasalahannya adalah bagaimana cara anda agar dapat lebih unggul dibandingkan blogger lain tersebut..

hal utama yang dapat menjadikan anda unggul tersebut adalah kualitas dari konten yang anda buat, jika anda sudah membuat konten yang berkualitas, maka dengan begitu persaingan dengan keyword tersebut sangatlah mungkin untuk anda menangkan.

konten berkualitas tersebut seperti apa?

banyak persepsi tentang hal ini, menurut saya konten bekualitas adalah konten yang dapat menembus halaman satu search engine, dengan kata kunci apapun, maksudnya adalah jika konten yang anda buat bisa masuk halaman satu mesin pencari, maka konten tersebut sudah dinggap berkualitas oleh bot mesin pencari maupun pengguna internet, sebab sebuah konten yang dibuat, tentunya sudah dinilai oleh bot search engine yang kemudian mendapatkan peringkat yang sesuai nantinya.

hal ini sudah diperkuat dengan pernyataan dari Pandu Nayak(pencipta update algoritma panda), dimana
pengguna sering kembali ke google untuk menjawab pertanyaan singkat, tetapi penelitian menyebutkan hingga 10% dari kebutuhan harian pengguna 'melibatkan belajar tentang topik yang luas'. itu sebabnya hari ini kami memperkenalkan hasil pencarian baru untuk membantu pengguna menemukan artikle yang lebih mendalam.
jadi konten yang paling bagus adalah konten yang cocok diberikan kepada pengguna internet.

inti dari konten yang baik adalah konten yang memperhatikan tentang SEO, tetapi tidak sampai melupakan pembaca.

memperhatikan SEO maksudnya adalah bagaimana cara anda untuk mengoptimasi SEO Onpage pada artikel tesebut, dengan begitu, maka artikel anda akan lebih mudah dikenal oleh search engine, yang pada hakekatnya adalah mesin, serta ada pula agar tidak melupakan pembaca, dimana jangan sampai terlalu fokus dengan mesin tadi, dalam membuat artikel kita juga perlu memperhatikan pembaca, sebab mereka juga memiliki peran untuk menilai artikel yang anda buat, serta interaksinya akan lebih terasa dengan pembaca dibandingkan dengan mesin.

nah, setelah anda mengetahui tentang cara agar artikel anda dapat bersaing dalam kata kunci yang sulit, maka sekarang kembali lagi pada topik, yaitu  

melakukan riset kata kunci menggunakan google keyword tools/keyword planner.




Cara Riset Keyword


pertama buka dulu situs google keyword planner > kemudian pilih buat akun



pilih abaikan penyiapan terpadu



selanjutnya masukan email > pilih negara > zona waktu > mata uang > simpan dan lanjutkan



kemudian pilih alat > perencanaan kata kunci



pilih telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori



pada gambar
  1. masukan keyword yang diincar
  2. kosongkan
  3. kosongkan
  4. terakhir dapatkan ide
note : perhatikan penargetan, bisa disamakan dengan pengaturan pada gambar




pilih unduh untuk mendapatkan data volume pencarian



unduh menggunakan excel > selesai..



buka data yang telah diunduh tadi, kemudian dapatkan kata kunci yang memang memiliki volume pencarian tinggi, tapi bukan hanya sekedar tinggi, bahkan bisa sampai tinggi sekali, maksudnya adalah anda bisa menggabungkan 2 keyword menjadi satu judul, dengan begitu volume pencarian yang dicangkup tentu akan lebih banyak.

contohnya seperti judul artikel ini, dimana saya menggabungkan Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Tools.

serta dalam pemilihan kata kunci yang harus anda ketahui adalah :


  1. Long Tail Keyword
  2. Short Tail Keyword
  3. Keyword Abadi
  4. Keyword Yang Berpotensi Populer

Long Tail Keyword


merupakan kata kunci ekor panjang, seperti contoh judul yang saya gunakan, dimana dalam penggunaannya long tail keyword biasanya berisikan kata kunci yang diincar, serta ditambah dengan sedikit deskripsi agar lebih spesifik dan menarik.

long tail keyword ini akan sangat berguna apabila anda gunakan sebagai judul, pada dasarnya ini akan kalah dari short keyword, jika dilihat dari segi SEO, tapi ini akan menang dalam hal peminat, serta pencarian yang dilakukan secara spesifik.

misalnya si A melakukan pencarian dengan kata kunci android, dan artikel yang muncul adalah 
  1. Android Terbaru
  2. Daftar Harga Android Terbaru Yang Berkualitas Serta Murah Meriah
kebanyakan orang tentunya akan lebih memilih untuk membaca artikel yang kedua, sebab karena memang lebih menarik, banyak macam, serta sudah diisi dengan harga pula.

juga yang perlu anda perhatikan, jangan hanya sekedar membuat judul tersebut menjadi menarik, tetapi alangkah baiknya apabila anda juga mengincar kata kunci di dalam deskripsi tambahan long tail keyword tersebut, contohnya seperti yang saya jelaskan tadi, menggabungkan 2 kata kunci menjadi satu.



Short Tail Keyword


merupakan kata kunci yang memang benar - benar diincar, artinya yang menggunakan short tail keyword ini memfokuskan artikel mereka untuk mengincar kata kunci yang memang mereka inginkan, misalnya.

kata kunci yang diincar adalah  Daftar Android Murah, jadi judul artikel mereka hanya sampai situ, tidak ada lagi penambahan deskripsi apapun.



Keyword Abadi


ini merupakan kata kunci yang dapat mengundang pembaca dalam jangka panjang, walaupun artikelnya sendiri sudah lama dibuat.

keyword abadi sendiri biasanya identik dengan yang namanya tutorial atau cara - cara, contohnya :

seperti artikel dalam blog ini yaitu 

''Cara Mendapatkan Uang Dari Blog'' 

siapa yang tidak ingin blog mereka menghasilkan uang?, kebanyakan orang - orang yang ingin  terjun kedalam dunia blogging pun tentunya memiliki niat yang satu ini, dan orang - orang yang ingin atau sudah terjun kedalam dunia blogging ini akan terus bertambah, maka dari itu judul - judul seperti artikel saya tersebut sangatlah berpotensi untuk jangka panjang.



Keyword Yang Berpotensi Populer


ingat ini yang baru berpotensi, belum yang sudah viral, disini anda diharuskan untuk bisa membaca situasi, dimana situasi tersebut bisa berpihak pada anda, tetapi bisa juga tidak.

untuk saat ini persentasi berpihak pada anda akan lebih besar, sebab memang dengan perkembangan teknologi saat ini, anda semakin dimudahkan dalam mencari informasi, jadi untuk memprediksi sesuatu yang akan populer bukanlah hal yang mustahil anda lakukan.

jika anda berhasil menerapkan keyword yang satu ini, jelas manfaatnya pun akan terasa di peningkatan traffic, serta anda mungkin orang pertama yang membuat materi tersebut, dengan begitu menjadi peringkat satu mesin pencari akan terasa sangat mudah.

penutup, itulah pembahasan tentang kata kunci serta cara untuk melakukan riset keyword di google keyword tools/keyword planner, intinya adalah jangan ragu untuk bereksperimen dengan judul, sebab judul perannya sangat vital untuk sebuah artikel, dimana sebuah judul dapat menjelaskan sedikit deskripsi tentang artikel itu sendiri, jadi usahakanlah untuk membuat deskripsi yang memiliki bobot SEO dan masih enak untuk dibaca oleh manusia.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ada Aaaa Naksir Sama Dededede, Trus Dededede Laporan Sama Kakakaka, Aaaa Panik Liatin Video Lucu, Kakakaka Ketawa, Tiba - Tiba Muncul Cececece, Wewewewe, Aaaa Yeyeyeye. Makin Handsome Pakai Exit Gegegege