Cara Optimasi SEO Onpage Mudah Dan Lengkap
Cara Optimasi SEO Onpage Mudah Dan Lengkap

Cara Optimasi SEO Onpage Mudah Dan Lengkap

Cara Optimasi SEO Onpage yang cocok anda terapkan pada blog dan artikel itu sendiri

Cara Optimasi SEO Onpage
Apa itu SEO?

bahasa programing yang artinya search engine optimization, ini merupakan faktor yang sangat vital bagi mesin pencari untuk menilai kualitas sebuah blog, dimana di setiap mesin pencari pasti memiliki robot untuk mengindeks kualitas dari blog tersebut berdasarkan SEO. Contohnya mesin pencari google memiliki robot yang diberi nama google bot.

nah, google bot itulah yang nantinya menilai setiap konten yang dibuat oleh blog - blog di dunia, dan dari penilaian tersebut nantinya akan mempengaruhi perangkingan sebuah konten di search engine.

inti dari SEO sendiri adalah cara blog mengoptimasi kontennya agar dapat berada di peringkat atas untuk selanjutnya mendapatkan banyak pengunjung.

SEO ini dapat dibagi lagi menjadi 2 yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage, untuk saat ini yang akan saya jelaskan adalah SEO Onpage.

SEO Onpage merupakan cara optimasi mesin pencari dari dalam blog itu sendiri, caranya adalah dengan :


Cara Optimasi SEO Onpage 


1. Pahami Masalah Penargetan Judul
sebuah judul dapat menjadi sedikit deskripsi yang membuat konten tersebut layak untuk dibaca atau tidak, contohnya ada dua artikel, artikel A dengan judul Cara Mendapatkan Uang Dari Blog[Panduan Dari Awal Sampai Dapat Menghasilkan], dan artikel B dengan judul Cara Mencari Uang Dari Blog.

dari kedua artikel tersebut manakah yang menarik perhatian yang membuat anda ingin membacanya, jika anda memilih artikel yang A, maka anda sejalan dengan saya.

jadi artikel A tersebut menggunakan penargetan long tail keyword agar judul artikel tersebut lebih menarik dan layak untuk dibaca.

long tail keyword sendiri merupakan kata kunci ekor panjang yang fokus pada kata kunci yang diincar dan ditambah dengan sedikit deskripsi yang masih relevan dengan isi artikel.

contohnya seperti judul artikel berikut :

Cara Membuat Konten Berkualitas Yang Cocok Untuk SEO Modern.

tulisan yang berwarna biru merupakan kata kunci yang ditargetkan, dan tulisan yang bewarna merah adalah deskripsi tambahan agar menarik minat baca, lalu digabungkan, maka jadilah long tail keyword.

dengan memanfaatkan kata kunci ekor panjang ini, maka akan membuat konten anda menarik dan menjadikannya lebih dibandingkan konten - konten lainnya dalam kata kunci yang sama, seperti contoh artikel A dan artikel B diatas.

juga dalam penargetan judul anda harus memahami yang namanya volume pencarian, dimana kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi berpotensi memiliki persaingan yang tinggi pula, tapi itu tidak masalah, walaupun persaingannya sulit bukan berarti anda tidak bisa menembusnya.

anda bisa mengalahkan konten - konten yang sudah lama berada di peringkat atas mesin pencari dengan kata kunci yang anda pakai, tapi tentunya dengan banyak faktor pendukung lainnya, salah satu faktornya adalah Optimasi SEO Onpage ini.

sekarang dalam hal ingin mengalahkannya sebaiknya jangan berfikir bahwa konten pesaingan anda sulit dikalahkan.

memang sulit, tapi sebaiknya anda lebih berfikir kearah traffic pengunjung blog yang meningkat secara drastis, sebab karena memang pada dasarnya konten - konten yang berhasil berada di peringkat atas search engine dengan keyword yang sulit, akan sangat berpengaruh dalam hal mendatangkan pengunjung blog yang lebih banyak, serta dengan pola pikir tersebut dapat membuat keyakinan dan semangat untuk menang akan bertambah.


2. Nama Domain
nama domain juga masuk dalam SEO onpage ini, dimana nama domain yang relevan dengan kata kunci yang diincar akan memiliki poin plus dimata mesin pencari, sebab dengan nama domain tersebut sudah memiliki tingkat pengaruh SEO yang lumayan dimata search engine.

contohnya terdapat nama domain : Cara-Blogger.com.

jadi dari nama domain tersebut, kata cara merupakan optimasi SEO seperti yang kita bahas dalam poin ini..

dengan menerapkan teknik ini, maka konten anda sudah berada satu langkah dari lainnya yang bersaing dengan konten milik anda, sebab karena memang sudah didukung dengan nama domain yang memiliki pengaruh.


3. Menambahkan Deskripsi Penelusuran
sebuah deskripsi merupakan sedikit penjelasan tentang apa yang ada, misalnya sebuah artikel yang diisi dengan deskripsi, maka deskripsi itu berpengaruh dalam hal memberikan pambaca sedikit penjelasan yang sesuai dengan artikel tersebut.

begitupun dengan deskripsi penelusuran, dimana deskripsi ini akan berpengaruh untuk bot mesin pencari lebih mudah membaca isi dari konten anda.

jadi jika ada pengguna internet yang melakukan pencarian, misalkan pencarian yang dilakukan dengan kata kunci, Cara Menghilangkan Jerawat.

lalu yang muncul adalah konten dengan judul yang sama dan kualitas yang sama pula, maka saat inilah deskripsi penelusuran yang akan berguna dalam perangkingan.

dimana penjelasan yang banyak terdapat dalam kolom deskripsi, tentunya yang relevan dengan judul itu sendiri akan lebih baik dan dapat memenangkan persaingan.


4. Penekanan Kata Kunci
menekan kata kunci untuk bisa membuat mesin pencari memberi perhatian lebih terhadap kata kunci yang ditekan tersebut, penekanan ini bisa berupa menambahkan Bold pada kata kunci dalam artikel.

contohnya dalam artikel ini, kata kunci yang saya incar adalah Cara Optimasi SEO Onpage, jadi di setiap kata yang relevan dengan keyword yang saya incar tersebut, maka saya tambahkan Bold untuk lebih mengoptimalkan SEO Onpage ini.


5. Optimalkan Internal Link
internal link merupakan link aktif yang ditanamkan pada kata tertentu, yang mengarah ke artikel lain dalam blog yang sama.

dalam penggunaan internal link ini akan lebih baik, apabila anda menerapkan cara yang sesuai dengan alur artikel, contohnya seperti situs wikipedia.


Cara Optimasi SEO Onpage

warnal tulisan selain warna hitam tersebut adalah internal link, ini adalah internal link yang ditanamkan sesuai dengan alur artikel itu berjalan.

mudahnya internal link yang seperti diatas lebih baik daripada internal link yang disisipkan di kata yang tidak sesuai dengan judul konten refrensi tersebut, contohnya seperti kata ''klik disini, berikut, dan lain - lain''.

serta internal link ini dapat berpengaruh pada penurunan angka bounce rate, yang merupakan salah satu faktor SEO lainnya.


6.  Optimalkan Juga Fungsi Gambar
sebuah gambar dapat membuat artikel anda menjadi lebih menarik, tapi bukan hanya itu fungsi utamanya, ada juga pengaruhnya terhadap SEO, terutama SEO Onpage.

pengaruh tersebut akan berfungsi apabila anda menambahkan title dan alt, caranya adalah dengan :

klik pada gambar saat anda membuat artikel > pilih properties > selanjutnya tambahkan title text dan alt text, bisa anda gunakan sesuai dengan judul, ataupun sesuai pembahasan yang sedang dijelaskan dengan gambar tersebut.

maksud dari gambar sebagai penjelas pembahasan tersebut adalah, contohnya seperti gambar situs wikipedia dalam artikel ini, dimana saya memperjelas pembahasan saya dengan menggunakan gambar agar lebih mudah dimengerti.


7. Perhatikan Jumlah Eksternal Link
jumlah link keluar sendiri harus mendapatkan perhatian yang lebih, memang anda bebas memasang eksternal link sebanyak - banyaknya, tapi perhatikan pula dampaknya.
Jadi berapakah sebaiknya?
dari jumlahnya juga tidak pasti, tapi asalkan tidak berlebihan maka ini tidak akan menjadi masalah, sebab mari kita berfikir logis, dimana artikel yang terlalu banyak memberikan refrensi eksternal link dari blognya tersebut, dapat menjadikan artikel tersebut kurang bagus, karena terlalu banyak memberikan refrensi lain, dan membuat artikel tersebut kurang bermanfaat dan tidak dapat menyelesaikan masalah pengunjung.

seperti yang saya ketahui, mungkin juga anda mengetahuinya, bahwa mesin pencari(google) pernah memberikan pernyataan melalui Pandu Nayak(Pencipta Update Algoritma Panda), dimana :
pengguna sering kembali ke google untuk menjawab pertanyaan singkat, tetapi penelitian menyebutkan hingga 10% dari kebutuhan harian pengguna 'melibatkan belajar tentang topik yang luas'. itu sebabnya hari ini kami memperkenalkan hasil pencarian baru untuk membantu pengguna menemukan artikle yang lebih mendalam.
artinya artikel yang dianggap berkuaitas oleh google sendiri adalah artikel yang dapat menyelesaikan permasalahan pengunjung hanya dengan membaca satu artikel saja, dan google pun akan membantu artikel tersebut dengan memberikannya posisi yang bagus di search engine.


8. Kecepatan Loading Blog
prioritas utama pemilik blog adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung, entah untuk membuat mereka betah berlama - lama di blog anda, ataupun agar pengunjung tidak lari sebelum membaca artikel, karena mereka sudah bosan terlalu lama menunggu loading blog yang lambat, jadi mereka akan lebih memilih pergi mencari refrensi yang lain.

cara mengatasinya adalah dengan menggunakan template yang memang sudah fast loading, boleh template modifikasi ataupun template bawaan dari platform.

selain itu, penting juga anda mengetahui widget - widget yang memang berguna dan yang tidak, dengan begitu maka anda dapat memilah widget mana yang cocok untuk dipasang dan mana yang tidak cocok, ini berguna tentunya untuk mempercepat loading blog yang tadinya mungkin diperlambat oleh widget yang kurang penting.


9. Pakai Template Yang Responsive
jaman sudah berubah, cara pengguna internetpun juga lebih berkembang, dimana saat ini dan mungkin kedepannya akan lebih meningkat, pengguna dari internet itu sendiri lebih memilih menggunakan smartphone mereka untuk mencari informasi di internet itu sendiri.

jadi manfaat dari template yang responsive sendiri adalah untuk menjadikan layar blog pada tampilan dekstop, bisa sesuai jika ditampilkan pada layar smartphone, dengan begitu maka pengunjung tidak perlu lagi meng zoom in zoom out untuk membaca setiap kata dalam artikel anda.


10 Penempatan Title Tag
penempatan title tag ini bisa anda letakan dimana saja, tapi menurut saya lebih baik apabila penempatannya sendiri berada di header konten, atau bisa juga pada kalimat pertama.

walau saya kurang yakin dengan ini, tapi cara ini ternyata berhasil di artikel saya yang 4 Elemen Penting Sebuah Blog Dalam Hal SEO, dengan kata kunci elemen penting sebuah blog.


11. Membuat Navigasi Situs
membuat sebuah navigasi yang dapat memudahkan pengunjung untuk menjelajahi blog, merupakan hal yang wajib anda lakukan.

navigasi blog yang bisa anda pasang adalah sebagai berikut :
  1. Contact us
  2. Disclaimer
  3. Privacy policy
  4. Arsip Blog
  5. Sitemap
  6. Popular Post, Related Post, Random Post, Recent Post

penutup, itulah cara - cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi blog anda menggunakan teknik SEO Onpage.

jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin menambahkan, saya sangat menghargai apabila anda memberi tanggapan, sebagai refrensi saya nantinya.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ada Aaaa Naksir Sama Dededede, Trus Dededede Laporan Sama Kakakaka, Aaaa Panik Liatin Video Lucu, Kakakaka Ketawa, Tiba - Tiba Muncul Cececece, Wewewewe, Aaaa Yeyeyeye. Makin Handsome Pakai Exit Gegegege