20 Cara Cerdas Mendapatkan Banyak Pelanggan/Subscribe Youtube Channel
20 Cara Cerdas Mendapatkan Banyak Pelanggan/Subscribe Youtube Channel

20 Cara Cerdas Mendapatkan Banyak Pelanggan/Subscribe Youtube Channel

cara mendapatkan subscribe atau pelanggan youtube channel yang banyak

saat ini suatu konten tulis agak kalah bersaing dengan konten video, ini kenyataan, dimana kebanyakan pengguna internet lebih suka untuk menonton video ketimbang membaca sebuah artikel yang panjang.

Mengapa seperti itu?

mudah saja, sekarang ini jaman modern, jadi kebanyakan orang yang hidup dijaman modern ini, akan lebih meyukai segala hal yang berbau praktis, termasuk juga dalam wawasan.

contohnya, seberapa besar penurunan minat baca masyarakat yang disebabkan oleh kemajuan teknologi ini?, Jelas SANGAT besar.

jadi tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya, video akan lebih berpengaruh dibandingkan dengan artikel.

untuk youtube sendiri telah menjadi salah satu website tersibuk saat ini, bayangkan saja, dalam sebulan situs ini bisa mendatangkan lebih dari 1 milyar pengunjung organik.

oleh sebab itu jangan salah banyak dari masyarakat indonesia yang saat ini menjadi artis dadakan melalui situs dibawah nama besar Google ini, atau dalam hal ini biasa dikenal dengan artis youtube.

sebagai situs besar, sangatlah wajar apabila youtube sendiri memiliki peraturan yang ketat dan tidak segan - segan untuk membanned channel yang melanggar kebijakan tersebut.

mungkin banyak dari anda yang menyukai situs yang satu ini, termasuk juga saya, sebab karena memang pengaruhnya yang luar biasa, dimana kita bisa mendapatkan banyak informasi, edukasi, serta apapun yang menjadi masalah anda saat ini sudah bisa dicari di youtube.

itulah mengapa saya katakan, sangatlah mungkin apabila video akan berpengaruh lebih besar ketimbang artikel untuk nantinya.

nah, bagi anda yang sudah memiliki channel sendiri, pastinya pernah menghadapi masalah pelanggan yang masih sedikit, entah itu saat baru mulai ataupun sudah lama .

untuk itu mari melanjutkan membaca dan cari tahu tentang bagaimana.


Cara Mendapatkan Banyak Pelanggan/Subscribe Youtube


1.  Gunakan Tools Yang Tepat
sebuah tools entah itu di blog maupun channel youtube akan sangat membatu anda dalam mengelola akun yang anda miliki.

tools yang tepat, untuk anda bisa manfaatkan adalah Tubebuddy.

untuk panduannya silahkan anda simak video berikut


2. Fokus Pada Niche
yang kedua adalah, topik yang anda angkat dalam channel itu sendiri,mulailah dari bakat yang anda miliki, ini akan membuat anda nyaman dalam mengelolanya, serta agar tidak terbengkalai saat sudah ditengah jalan.

dengan membuat konten sesuai topik yang anda sukai, maka perasaan bosan, karena faktor yang tidak sesuai dengan ekspetasi akan banyak datang, jadi upayakan diri anda untuk lebih konsisten dalam hal ini, termasuk ini juga bermanfaat bagi pelanggan yang akan mengikuti anda, sebab karena memang anda sudah konsisten membuat video di channel yang anda miliki.

ada beberapa Ide Kreatif Membangun Channel Youtube, contohnya video tutorial, cover, konten unik, dan masih banyak lagi, sekarang tergantung anda, carilah yang memang cocok dengan minat anda.

atau cara mudah yang berpotensi seperti hanya dengan merekam keseharian anda, dan mendapatkan lebih untuk itu, seperti kisah dari Paul Wallace yang sukses dengan youtube, hingga dapat membeli mobil dengan jerih payahnya sendiri.


3. Membuat Video Dengan Topik Yang Sedang Viral
sebuah topik, apalagi yang sedang populer, maka akan sangat berpotensi untuk mendapatkan banyak kunjungan saat topik tersebut masih viral.

walaupun jumlah penonton akan berkurang seiring berjalannya waktu, tapi itu tidak masalah, sebab anda bisa membuat konten dengan topik yang sedang populer lagi, dan terus begitu agar traffic anda terus stabil.

untuk hubungannya dengan meningkatkan jumlah pelanggan/suscribe youtube, membuat konten yang sedang viral akan bisa berpengaruh pada peningkatan jumlah suscribe, sebab para pelanggan akan berpotensi untuk mengikuti channel yang sering update, ditambah lagi konten - konten yang anda buat didasarkan pada topik yang sedang populer.


4. Meningkatkan Frekuensi Upload Anda
ini lebih mengarah ke seberapa konsisten anda dalam membua video, jika hanya setengah hati, maka peningkatan pelanggan pun akan sangat jauh dari anda.

jadi berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan anda, konsisten dalam mengupload video bisa berdampak pada meningkatnya tingkat kepercayaan pengunjung, serta potensi anda menjadi populer juga akan lebih besar.


5. Selalu Isi Kata Kunci Di Setiap Judul
sama seperti di blog, dalam pemilihan judul tidak boleh sembarangan, dalam hal ini adalah mendapatkan peringkat di search engine.

misalnya anda membuat video tentang cover lagu, lagu yang anda cover adalah Maroon 5 - She Will Be Loved.

jadi judul yang baik dan mengandung kata kunci ada sebagai berikut :

Maroon 5 - She Will Be Loved(Cover)

tidak perlu panjang, cukup hanya sesimple itu sudah sangat baik, juga yang perlu anda ketahui kata kunci yang diletakan pada awal judul akan lebih bagus dalam hal SEO, dibandingkan kata kunci yang diletakan ditempat lain.

juga penempatan keyword ini sangat perlu untuk anda pelajari agar tidak salah dalam mengoptimasi nantinya..


6. Membuat Jaringan Anda Lebih Besar
banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendatangkan suscribe, dimana cara tersebut bisa anda lakukan dengan, misalnya membuat blog.

jadi diblog anda tersebut nantinya adalah tempat berinteraksi anda dengan pelanggan channel youtube anda, hal ini akan berdampak pada meningkatnya tingkat kepercayaan pelanggan terhadap anda, serta mereka akan mengingat anda, dan kemungkanan akan lebih sering mengunjung saluran youtube anda.

untuk panduan tentang cara yang satu ini, maka silahkan lanjutkan menonton video berikut


7. Berikan Gambar Dan Deskripsi Yang Relevan
cara ini termasuk cara yang unik, tapi hal inilah yang menarik, coba anda perhatikan




manakah yang lebih menarik?

tentu video dengan gambar yang memiliki sedikit diskripsi tersebutlah yang lebih berpeluang untuk ditonton, jadi mulailah untuk manambahkan diskripsi yang relevan tentunya.

walaupun akan lebih memakan sedikit waktu, tapi bayangkan saja dampaknya, maka semangat anda untuk membuat konten yang lebih berkualitas pun akan membantu.


8.  Memberikan Cuplikan Yang Menarik
memberkan sedikit cuplikan yang dapat membuat pengunjung mengenal anda, ataupun cuplikan yang mengajak pengunjung untuk mejadi pelanggan channel anda.

asalkan tidak berlebihan, serta sampai menggangu pengunjung, maka cara ini cocok untuk anda terapkan di konten yang anda buat.

untuk panduannya bisa anda tonton di video berikut


9. Pasang Iklan Pop Up
sama seperti poin nomor 8 tadi, bedanya sekarang akan dapat langsung terarah.

di iklan ini bisa anda pasang saat video sedang diputar, dan agar tidak menggangu pengunjung, maka gunakan seperlunya saja.

iklan isi bisa berisi kata ucapan terima kasih, mengaja mereka utuk mengikuti saluran anda, dan lain - lain.

potensi meningkatkan pelanggan atau suscribe dengan cara ini terbilang efektif, sudah banyak yang membuktikannya.

jadi jika youtubers lain saja bisa, maka anda pun bisa melakukannya.


10. Pasang Tombol Suscribe Di Blog Anda
jika anda mengerti yang saya jelaskan pada poin nomor 6, maka saat ini saya anggap anda sudah memiliki blog sebagai sarana promosi tersebut.

pertama yang terpenting dari pengelolaan sebuah blog adalah konten dan traffic, jika kedua elemen tersebut sudah seimbang, maka barulah sebuah blog bisa memberikan pengaruh pada channel youtube anda.

untuk itu sebagai dasar, maka saya memberikan beberapa artikel yang dapat membantu anda mengotimalkan fungsi media yang satu ini.
  1. Cara Membuat Konten Berkualitas
  2. Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
  3. Optimasi SEO Onpage Dan Offpage(Lengkap) 
setelah anda memiliki blog yang sudah mempunyai audience, atau pembaca, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang widget suscribe youtube channel di blog.

letakan pada tempat yang strategis agar menarik perhatian pengunjung. 


11. Batasi Durasi Video Maksimal 5 Menit
durasi sebuah konten, ada baiknya anda minimalisir semaksimal mungkin adalah 5 menit, sebab karena kebanyakan pengguna youtube terbilang lebih malas menonton video berdurasi panjang.

kecuali video tersebut adalah complication, tapi bagi konten - konten biasa, seperti cover, tutorial, vilog, dan lain sebagainya.

video berdurasi pendek ini juga bisa memberi reaksi yang positif dari pengunjung, dimana pengunjung tidak cukup hanya menonton 1 video saja, ditambah lagi video ini berdurasi pendek, jadi pengunjung akan mencari refrensi lain, yang tentunya bisa dari channel anda.


12. Gunakan Intro Dan Outro
intro adalah musik pembuka, dimana jika anda menggunakannya dengan baik, maka hal ini akan membuat pengunjung penasaran untuk tetap menonton video tersebut.

lalu outro adalah penutupnya, jika di intro adalah musik yang mengawali video, maka sekarang adalah outro, ini bisa anda kembangkan dengan membuat outro yang menarik.

contohnya seperti membuat, nama - nama orang yang terlibat dalam video, atau proses daripada video tersebut dibuat.


13. Edit Video Anda Sebelum Di Publish
ini yang terpenting, sebelum mempublish video ada baiknya untuk melakukan pengeditan terlebih dahulu, misalnya memeriksa kekurangan video tersebut, melihat apakah video tersebut layak dipublish atau tidak.

yang perlu anda ingat  adalah situs youtube adalah situs global, atau bukan milik indonesia saja.

jadi mengedit video sebelum dipublish merupakan hal yang wajib, sebab jika salah sedikit saja, maka akan dapat berakibat fatal.


14. Optimalkan Deskripsi Video
sebuah deskripsi akan membantu mesin pencari untuk menerjemahkan kata kunci yang diincar oleh pengguna youtube.

jadi sebuah deskripsi akan berguna agar mesin pencari lebih mudah mengenali konten yang anda buat, untuk mengoptimalkannya, caranya adalah dengan mengisi deskripsi sesuai dengan kata kunci yang anda incar.

deskripsi yang anda buat boleh panjang, tapi jangan telalu panjang juga, intinya buatlah sebaik mungkin, dan terarah.


15. Manfaatkan Meta Tag
memanfaatkan media yang satu ini bisa anda lakukan dengan cara memikirkan kata kunci yang relevan sebelum mulai untuk mempublish video tersebut.

tapi jangan berlebihan, gunakan kata kunci hanya yang relevan, karena dengan begitu meta data youtube dapat bekerja.

dimana metadata berperan utama dalam penempatan video yang ditampilkan di hasil pencarian, termasuk juga anda bisa melihat meta tag yang digunakan oleh video lain, gunanya untuk sebagai refrensi dan cobalah untuk anda kembangkan sendiri.

panduannya, silahkan simak video berikut

16. Berikan Boom Di Akhir Video
yang satu ini seperti memberikan kesan positif kepada pengunjung yang menonton video milik anda, tapi bukan hanya itu tujuannya.

ada lagi, seperti membuat pengunjung terkesan, maksud dari memberikan boom di akhir ini adalah seperti memberikan kesimpulan yang berkesan bagi pengunjung itu sendiri.

jadi mudahnya, mereka terkesan > mereka tidak ragu mengikuti anda


17. Berkolaborasi Dengan Sesama Youtubers
untuk yang satu ini, sangatlah baik dilakukan, sebab mari kita berfikir logis.

misalkan anda memiliki suscribe 100k dan youtubers lain yang anda ajak berkolaborasi juga begitu, maka dari kedua pelanggan channel tersebut, akan dapat terjadi saling mengikuti satu dengan lainnya, atau hanya saling mengunjungi  sesama artis yang diikutinya.

mudahnya suscribe anda + suscribe youtubers lain = SAMA

kemudian cara untuk mendapatkan pihak yang ingin diajak kolaborasi adalah dengan menghubungi mereka melalui komentar ataupun melalui email supaya lebih privasi.

pastikan juga saat melakukan kolaborasi, anda memahami tentang niche daripada teman yang anda ajak kerja sama tersebut, untuk nantinya agar tidak membuat video yang sia - sia.


18. Jalin Hubungan Baik Dengan Penggemar Anda
hubungan baik bisa anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial, caranya seperti membuat fanspage ataupun group.

lakukan interaksi seperti biasa > dapatkan hati mereka

manfaat dari hubungan baik ini juga bisa berdampak pada suscribe anda yang bertambah, sebab dari group yang anda buat mungkin saja akan terjaring orang - orang baru > untuk selanjutnya terus seperti itu.


19. Menantang Dan Mengambil Tantangan Youtubers Lain
masih dalam konteks menjalin hubungan, sekarang adalah dalam hal menjalin hubungan antar sesama youtubers lain.

misalkan dengan mencoba untuk memulai membuat video yang diarahkan ke salah satu youtubers, dan di akhir video anda bisa memberikan pernyataan kepada youtubers lain tersebut untuk menerima tantangan yang anda berikan.

jika ditanggapi, maka itu akan sangat berpengaruh baik, seperti hubungan yang sudah terjalin > dapat berbagi satu sama lain.

tapi jika tidak ditanggapi, maka hal ini juga tidak masalah, sebab itu artinya anda harus membuat konten yang lebih berkualitas lagi.


20. Promosi Juga Di Media Sosial
promosi yang bisa anda lakukan di media sosial, tentu adalah dengan cara membagikan link URL konten anda.

selain bisa mendapat pengunjung, cara ini juga bisa mendatangkan pelanggan(jika mereka tertarik)

tapi faktor utama yang harus anda siapkan pertama adalah audience anda di media sosial, agar tidak salah maka anda bisa melakukan teknik berikut :

pasang foto yang bagus > cari teman > buat mereka mengenali anda > lalu terakhir dapatkan perhatian mereka.


penutup, itulah sedikit tentang beberapa cara meningkatkan pelanggan/suscribe youtube channel, dari semua cara diatas, mungkin bisa anda manfaatkan salah satu, atau jika ingin semuanya, maka akan lebih baik. jadi intinya adalah terus bereksperimen dan carilah cara yang cocok dengan karakter anda, sebab bida prinsip beda pula nasibnya.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ada Aaaa Naksir Sama Dededede, Trus Dededede Laporan Sama Kakakaka, Aaaa Panik Liatin Video Lucu, Kakakaka Ketawa, Tiba - Tiba Muncul Cececece, Wewewewe, Aaaa Yeyeyeye. Makin Handsome Pakai Exit Gegegege