Mulai Ngeblog Dari Mana? - Tanya Admin
Mulai Ngeblog Dari Mana? - Tanya Admin

Mulai Ngeblog Dari Mana? - Tanya Admin

artikel ini bukanlah artikel tentang tutorial yang sering saya buat, dimana saat ini saya ingin menulis yang ringan - ringan saja, jadi ya mulai lah terfikir untuk menulis sesuatu yang berbeda.

mulai ngeblog dari mana?

pertanyaan yang satu ini sebenarnya mudah untuk dijawab, ya jelas kita mulai ngeblog sesudah blog tersebut jadi.

dimana agar blog tersebut memiliki daya jual untuk pengunjung, maka anda diharuskan untuk menambahkan  elemen pelengkap lain.

contohnya..

seperti pada manusia, manusia memiliki organ - organ sebagai pelengkap untuk bisa melakukan segala aktifitasnya.

begitupun di blog sendiri, terdapat beberapa elemen pelengkap, contohnya seperti widget - widget, menu, sitemap, dan lain - lain.

intinya elemen yang membuat blog tersebut padat, tetapi tidak menggangu serta memberatkan pengunjung yang ingin membaca konten di blog anda.

nah sampai disini, saya anggap anda sudah mempunyai blog, dan untuk selanjutnya tinggal anda optimasi semaksimal mungkin.

tujuannya, tentu agar bisa bersaing dengan blog - blog pendahulu.

dengan optimasi yang yang baik, misalkan dari SEO onpage dan offpage yang seimbang, blog yang rapi, admin yang baik hati terhadap pengunjung.

tapi tidak semua blog bisa dengan sangat baik memaksimalkan optimasi seperti diatas, ada pula yang gagal > kemudian menyerah.

seperti dalam banyak kasus, disini saya membaginya menjadi 3 :
  1. SEO Onpage Dan Offpage Yang Seimbang
  2. Blog Yang Rapi
  3. Admin Yang Baik Hati


SEO Onpage Dan Offpage Yang Seimbang
pertama yang sering diacuhkan oleh blogger pemula, termasuk saya dulu.

yaitu adalah SEO, dimana kebanyakan daripada blogger baru lebih terfokus pada menghias blog mereka, dan kurang terlalu memikirkan tentang traffic.

intinya mereka berfikir, jika tampilan blognya bagus > maka pengunjungnya pun jadi banyak.

contohnya blog ini, 1 bulan pertama ngeblog saya lebih fokus untuk menghias tampilan blog ini dengan menambahkan hal - hal yang tidak perlu, sering mengganti template, dan lain - lain.

dan setelah menginjak 1 bulan lebih, mulailah timbul rasa bosan ngeblog.

penyebabnya, seperti yang saya jelaskan tadi, mindset blogger pemula yang menggangap tampilan > banyak pengunjung.

untuk itu, mari rubah mindset anda dan mulai membuat blog bukan untuk diri sendiri saja, berikan juga pengunjung untuk ikut terlibat.

kembali lagi ke topik, dimana dalam hal menyeimbangkan SEO onpage dan offpage ini diperlukan pengetahuan yang tidak asal - asalan.

sekarang kita pakai prinsip orang eropa, dimana segala sesuatu yang akan di gunakan oleh masyarakat, haruslah di barengi dengan riset yang amat niat.

dimana mereka bisa melakukan riset tersebut dari 3 tahun sebelum produk itu diluncurkan, jadi tidak salah memang produk - produk barat memiliki produk yang sudah teruji kualitasnya.

nah saya anggap itu adalah mindset yang dimiliki oleh para master blog, dimana mereka tidak segan melakukan perombakan di blognya, tapi tentunya jika sudah terbukti memberi perubahan, atau sudah dilakukan riset terlebih dahulu.

untuk SEOnya sendiri, bisa anda pahami dasar terlebih dahulu sambil mengoptimalkannya, berikut saya berikan panduan.
  1. Optimasi SEO Onpage Dan Offpage Untuk Blogger Pemula
dengan anda mengenal SEO tersebut, maka untuk selanjutnya anda akan bisa lebih menghargai blog itu sendiri.

mudahnya, anda akan lebih mengerti sebenarnya betapa susahnya mengelola sebuah blog.


Blog Yang Rapi
untuk yang satu ini, mungkin kita bisa mulai dari karakter setiap orang.

pasti berbeda.

begitupun jika ditanya rapi, dimana rapi menurut saya belum tentu sama dengan rapi menurut dia.

rapi menurut saya dalam hal blog tentunya, adalah ya seperti blog ini, begitulah.

inti daripada rapi itu adalah bersih, bersih disini bukan berarti blog anda putih bersih tidak isi apa - apa, melainkan bersih disini adalah lebih kepada penempatan yang rapi.

muter - muter kan? saya juga bingung.

dalam hal tampilan sebuah blog, perlu adanya sistem navigasi yang cukup, contohnya sitemap, privaci policy, popular post, dan masih banyak lagi.

banyak terdapat elemen yang harus anda masukan kedalam blog itu sendiri, dimana dalam hal mencari kerapian dan kebersihan tersebut memiliki persentase yang kecil.

contohnya seperti sebuah warung, jika diisi dengan banyak barang, apakah warung tersebut akan terlihat rapi atau bersih?

jika tidak, maka jangan menyerah, cobalah untuk mencari jalan keluar, sebab prinsip ini akan anda butuhkan saat mengelola sebuah blog.

solusi dari permasalahan warung tadi adalah, dalam hal mengatasi barang yang banyak, solusinya bisa anda lakukan perluasan warung itu sendiri.

jika di blog, bisa anda pilih template yang memang bisa menampung, atau template yang memang bisa banyak dipasangi gedget.


Admin Yang Baik Hati
yang satu ini ada banyak hal bisa anda lakukan agar dapat dikatakan baik hati, contohnya seperti membalas komentar pengunjung, memberikan gratisan, dan lain - lain.

manfaat daripada admin yang baik ini, tentunya akan berdampak pada audience anda, atau penggemar dari blog yang anda kelola.

dimana blog anda bisa mendapatkan penggemar, jika memaksimalkan prinsip baik hati ini.

bandingkan dengan blog yang kaku, jelas ini akan berbanding terbalik.

jadi intinya adalah, ada baiknya anda meluangkan sedikit waktu untuk pengunjung blog yang anda kelola, biarpun sedikit itu sudah sangat berarti.

berarti bagi mereka, dan juga berarti bagi blog anda untuk mengembangkan traffic pengunjung.


itulah sedikit pembahasan saya tentang blogging, jadi apabila anda memiliki pertanyaan seputaran blogging, maka bisa anda ajukan melalui email ataupun komtentar di bawah nanti.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ada Aaaa Naksir Sama Dededede, Trus Dededede Laporan Sama Kakakaka, Aaaa Panik Liatin Video Lucu, Kakakaka Ketawa, Tiba - Tiba Muncul Cececece, Wewewewe, Aaaa Yeyeyeye. Makin Handsome Pakai Exit Gegegege