Cara Memulai Bisnis Online Shop Di Bidang Fashion, Serta Tips Agar Bisa Sukses Untuk Pemula
Cara Memulai Bisnis Online Shop Di Bidang Fashion, Serta Tips Agar Bisa Sukses Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Shop Di Bidang Fashion, Serta Tips Agar Bisa Sukses Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Shop Di Bidang Fashion, Serta Tips Agar Bisa Sukses Untuk Pemula

sebuah bisnis, terutama yang berfokus dibidang fashion, adalah sebuah bisnis yang menuntut pemliknya untuk terus berinovasi dan berkembang.

penyebabnya, karena di bisnis ini kita diharuskan untuk selalu mengikuti tren yang sedang banyak di minati dan tren mana yang akan berpotensi viral.

untuk saat ini, yang kita bicarakan adalah bisnis online shop, jadi menarik kepercayaan pembeli adalah hal yang utama.

seperti yang kita ketahui, dimana sudah banyak terjadi kasus permasalahan tentang onlie shop, entah itu dari barang yang tidak dikirim, ataupun barang yang tidak sesuai dengan gambar.

dalam hal untuk menarik kepercayaan pembeli atau pengunjung, dan membuat mereka menjadi pelanggan anda, maka ada beberapa cara yaitu.
  1. Fokus Pada Pelayanan
  2. Selalu Update
  3. Berikan Pengunjung Data Diri Anda
Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Laundry Dengan Modal Kecil

Fokus Pada Pelayanan
pertama dan terpenting adalah masalah pelayanan, jika pelayanan anda bagus, maka sudah pasti calom pembeli akan merasa senang dan tidak sungkan untuk membelanjakan uang mereka di online shop anda.

pelayanan yang saya maksud disini adalah pelayanan yang cepat, sopan, bertanggung jawab, dan jangan ragu untuk meminta maaf bila ada kesalahan.


Selalu Update
kedua adalah anda harus terus update dalam hal mempromosikan fashion yang akan dijual, ataupun anda mempromosikan testimoni dari pelanggan.

ingat dari pelanggan, jangan membodohi calon pembeli, sebab akibatnya bisa fatal.

jika anda sudah sering update, maka kepercayaan dari calon pembeli akan semakin bertambah, sebab persepsi mereka adalah bahwa bisnis online anda masih terurus dan dapat dihubungi dengan mudah, sebab anda akan terus berinteraksi dengan calon pembeli tersebut.


Berikan Pengunjung Data Diri Anda
sebuah data diri, misalnya nomor handphone, email, serta akun media sosial.

ini sangat beguna untuk dapat memudahkan pembeli menghubungi anda, dan keuntungan yang anda dapatkan adalah akun - akun anda akan mendapat pengikut yang lebih tertarget, sebab yang memang akan mengikuti anda adalah calon pembeli itu sendiri.

Baca Juga : Kemampuan Yang Diperlukan Untuk Sukses Menjadi Seorang Netpreneur

setelah anda mengetahui apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung, maka selanjutnya adalah cara memulai bisnis online fashion itu sendiri.


Cara Memulai Bisnis Online Shop

Cara Memulai Bisnis Online Shop Di Bidang Fashion, Serta Tips Agar Bisa Sukses Untuk Pemula

saat membuka sebuah bisnis..
Apa yang diperlukan?
Sebuah Barang, PASTINYA..

sebuah toko?, tentu tapi toko anda adalah online jadi berbasis pada internet.

tapi untuk pemasaran di dunia nyata, bisa juga anda lakukan dengan membuka toko, dengan begitu pelanggan yang kebetulan dekat dengan lokasi toko anda tersebut akan lebih memilih untuk berkunjung ke toko, sebab sudah dapat melihat barangnya langsung, dan juga pembuatan toko di dunia nyata akan lebih meningkatkan kepercayaan pembeli, karena persepsi anda serius dalam menjalani bisnis itu sendiri.

untuk yang berbasis online, toko atau bisa dibilang tempat promosi anda memiliki banyak peluang, berdasarkan metodenya digunakan.

maksudnya..

beda tempat promosi, beda pula peluangnya, jadi penting untuk anda mengetahui tempat - tempat promosi yang bisa anda manfaatkan di internet.
  1. Blog
  2. Membuka Toko Online Sendiri
  3. Promosi Di Toko Online Lainnya
  4. Iklan
  5. Media Sosial

Blog
promosi barang yang akan anda jual, sekarang bisa melalui blog, artinya anda membuat blog yang berisi review dari barang itu sendri, entah itu review bahan yang digunakan, kualitas barang tersebut, serta tidak lupa harga.

intinya adalah anda membuat blog > lalu membuat konten yang bisa masuk halaman satu mesin pencari > pengunjung berdatangan.

untuk panduanya bisa anda baca di artikel saya yang lain yaitu :
  1. Panduan Setelah Anda Memutuskan Mencari Penghasilan Dari Blog
  2. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog [Panduan Dari Awal]


Membuat Toko Online Sendiri
untuk yang satu ini adalah anda membuat toko anda sendiri, lalu promosi, agar calon pembeli mengetahui bisnis online anda.

membuat toko online ini bisa anda lakukan dengan atau melalui website di paltform Wordpress.org.

yang nantinya bisa anda edit tampilannya sesuka hati.

dengan anda memiliki toko online sendiri, maka akan membuat pelanggan lebih mudah mengetahui berita terupdate tentang bisnis online fashion anda.


Promosi Di Toko Online Lainnya
ada banyak toko online lain yang bisa anda gunakan sebagai tempat promosi, yang diamana toko online tersebut adalah sebagai dropshipper yang meyediakan informasi tentang barang milik anda.

fungsinya sama seperti iklan, yang akan kita bahas NANTI..

toko - toko seperti ini adalah bukalapak, tokopedia, dan lain - lain.

cara untuk promosi di toko online lain ini adalah dengan daftar, kemudian biasanya anda akan dikenakan biaya promosi.

tapi ada juga yang gratis, dan selanjtnya barulah anda mulai berpromosi barang yang akan anda jual dengan menyediakan informasi tentang barang itu sendiri.

jadi intinya sama seperti pencarian google, jika ada seorang yang mencari sesuatu dengan kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan barang yang anda promosikan, maka dari situ barulah anda bisa mendapatkan calon pembeli.

ingat baru CALON.


Iklan
jika anda memiliki biaya lebih, maka tidak ada salahnya mempromosikan bisnis online anda melalui jalur iklan.

beriklan yang saya sarankan adalah di google adwords. karena lebih tertarget dan kita bisa tentukan biayanya sendiri.

untuk di facebook, bisa juga anda manfaatkan, dilihat dari penggunanya yang banyak, maka tidak menutup kemungkinan ada saja salah satu yang terpikat.

tapi yang paling penting adalah anda berjualan untuk mencari untung, jadi harus diperhitungkan baik - baik tentang berapa keuntungan yang didapat dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk beriklan.

jadi dalam hal ini sangat diperlukan pengalaman, entah itu pengalaman sendiri, maupun dari orang lain.


Media Sosial
yang satu ini akan sangat rugi bisa nada tidak memanfaatkan, sebab dilihat dari besarnya antusias pengguna media sosial yang haus akan berita terupdate.

untuk jenisnya ada banyak, mungkin anda juga sudah mengetahui.

jika dalam hal bisnis online dibidan fashion, media sosial yang paling berpotensi adalah instagram, dan facebook.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Di Bidang Fashion, Serta Tips Agar Bisa Sukses Untuk Pemula

untuk yang instagram anda tinggal terus promosi dengan cara mengunggah gambar dan isikan keterangan tamabahan > lalu pengunjung berdatangan.

tapi sebelumnya anda harus memiliki followers terlebih dahulu, itu yang UTAMA.

dan untuk facebook anda bisa emulainya dengan membuat fanspage atau group yang nantinya memudahkan calon pembeli mengetahui berita terupdate tentang bisnis online anda.

Baca Juga : 6 Strategi Sederhana Ilmu Marketing

setelah anda mengetahui cara memulai bisnis online itu sendiri, maka sekarang saatnya tips - tips untuk sukses dalam bidang ini.


Tips Sukses Membuka Bisnis Online Di Bidang Fashion

1. Buat Barang Yang Berkualitas

pertama tentunya masalah barang yang akan anda jual, sebuah barang, misalkan dalam hal ini adalah baju.

buatlah baju yang memang memiliki daya jual, contonya baju yang banyak diminati, sedang tren, atau yang berpotensi tren.

jika produk yang anda jual sudah berkualitas, maka itu akan berpotensi membat bisnis anda langgeng dan banyak pelanggan setia tentunya.

2. Promosi Yang Tepat

seperti yang saya jelaskan diatas, ada banyak tempat yang bisa anda gunakan sebagai media promosi.

carilah yang memang berpotensi mendatangkan pembeli, jadi jangan takun untuk bereksperimen dan mencoba maksimal dalam hal promosi ini, sebab kita tidak tahu media mana yang cocok sebagai tempat promosi produk yang anda tawarkan.

tapi ada satu hal penting yang perlu anda pahami tentang cara promosi khususnya di media sosial, ini adalah tentang masalah spamming, dimana anda secara bertubi - tubi mmpromosikan produk anda,sampai melibatkan akun orang lain secara berlebihan.

jika promosi yang anda lakukan di blog atau toko online sendiri, mungkin tidak akan menimbulkan masalah, sebab itu adalah milik anda sendiri, jadi melakukan apapun terserah anda.

untuk yang selain blog dan toko online sendiri, cara promosi yang seperti diatas akan membuat citra produk anda bisa menjadi buruk dimata calon pembeli.

3. Menggunakan Model

taukah anda, sebuah foto yang menggunakan model memakainya akan lebih terlihat menarik, maksudnya menarik perhatian yang melihatnya.

anda bisa menggunakan jasa model untuk hal yang satu ini, tapi jika anda ingin irit, menggunakan diri sendiri sebagai model saja sudah cukup.

4. Tentunya Pelayanan

terakhir tentunya pelayanan, saya sudah membahas tentang pelayanan yang baik diatas, dan saya harap anda mengerti maksudnya.

intinya anda diharuskan untuk membrikan pelayanan yang maksimal kepada calon pembeli dan pelanggan setia.

walaupun mereka hanya sekedar bertanya, kunci utamanya adalah tetap sabar menghadapi pembeli - pembeli ini, karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda - beda, jadi sembari anda berjualan, itu juga akan membuat pengalaman anda dalam dunia marketing akan meningkat, sebab pengalaman itu adalah yang terpenting untuk bida melihat peluang.

Baca Juga : 4 Cara Melihat Peluang Dalam Dunia Bisnis

itulah sedikit cara yang utama agar bisa sukses dalam bisnis online, singkatnya sih tetap konsisten dan sabar.

tapi karena dijelaskan secara lebih menyeluruh dan saya harap anda mengerti serta bisa menjalankannya.

Baca juga:

Your Reactions:

close