Dampak Positif Dan Negatif Blogwalking Untuk Blog
Dampak Positif Dan Negatif Blogwalking Untuk Blog

Dampak Positif Dan Negatif Blogwalking Untuk Blog



Blogwalking jika dijadikan bahasa Indonesia akan menjadi Blog berjalan, tidak ada yang salah memang dengan arti tersebut, karena Blogwalking memang merupakan blog yang berjalan. berjalan dalam arti kata disini adalah para blogger yang berkunjung ke blog - blog milik orang lain dan meninggalkan jejak di kolom komentar blog yang dikunjunginya. jejak tersebut berupa link yang menuju blog si pemberi komentar. agar tidak ribet blogwalking adalah kegiatan meninggalkan link blog kita di blog orang lain agar mendapat backlink dan juga meningkatkan pengunjung. cara seperti ini sangat cocok bagi anda yang memiliki blog baru yang ingin mendapatkan penggunjung secara instant. tetapi, cara blogwalking ini juga bisa berdampak baik atau buruk tergantung anda melakukannya.

DAMPAK POSITIF BLOGWALKING


Menjalin Pertemanan Antar sesama Blogger
mendapat teman melalui blogwalking memang bisa berhasil, jika anda melakukannya dengan benar, yaitu dengan memberikan tanggapan dengan baik, tidak perlu panjang tetapi berkualitas. nantinya si pemilik blog yang anda tinggalkan komentar pasti akan penasaran dan mulai membalasnya, entah itu di postingan anda atau melalui email.


Menaikan Visitor Blog
banyak hal yang bisa meningkatkan pengunjung blog, blogwalking merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan blogger - blogger baru maupun yang sudah berpengalaman. visitor yang didapat biasanya dari pemilik blog yang kita berikan komentar, dan juga  dari pengunjung blog tersebut yang penasaran dengan blog anda. tentunya anda berkomentar harus sopan santun dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.


Mendapatkan Pengetahuan
Beda penulis tentu beda tulisannya, para blogger(berkualitas) biasanya memiliki argumen - argumenya sendiri untuk membuat sebuah postingan. dari argumen - argumen tersebutlah anda akan mendapatkan pengetahuan yang nantinya dapat anda jadikan sebuah postingan.

Mendapatkan Backlink
Backlink masih menjadi salah satu bahan penilaian google untuk sebuah blog. yang perlua anda lakukan hanya meninggalkan komentar yang berisi sedikit menyisipkan link menuju blog atau postingan anda. tetapi jangan asal dalam blogwalking untuk mencari backlink, carilah blog - blog yang memiliki tampilan yang baik, ramai, dan terurus. dengan begitu blog anda akan lebih cepat di indeks google.


DAMPAK NEGATIF BLOGWALKING

Blog Anda Menjadi Spam Dimata Google
apapun yang anda lakukan pada blog yang anda miliki, pasti akan diketahui oleh google, jadi berhati - hatilah dalam menggunakan blogwalking, agar blog anda tidak dianggap spam oleh google, dan buruknya lagi blog anda bisa di banned.

Pengunjung Blog Bisa Merosot Drastis
google memang menyukai pengunjung blog organik, yaitu pengunjung yang berasal dari mesin pencarinya. dalam hal ini bukan berasal dari sosial media, sosial bookmark, blogwalking terbilang cara yang disukai oleh google, tetapi karena  menggunakan cara blogwalking yang terlalu berlebihan blog yang anda miliki bisa saja menjadi tidak terindeks oleh google, dan sudah pasti blog anda tidak akan mendapat pengunjung sama sekali.

Membuat Reputasi Anda Menjadi Buruk
berkomentar di blog orang lain, selain bisa menambah teman juga bisa menjadi menambah reputasi buruk terhadap akun kita, misalnya anda berkomentar tidak pada tempatnya, dalam arti lain jika topik yang di bahas adalah tentang blogging, tetapi anda berkomentar tentang kambing, kan tidak nyambung.

BLOGWALKING YANG BAIK DAN BENAR


Berkomentar Sesuai Dengan TopikYang Sedang Dibahas
jika sudah sesuai, ditambah lagi berkomentar yang mengundang penasaran orang yang membacanya. misalkan ada yang kurang menurut anda pada postingan yang ingin anda komentari. jika demikian, caranya adalah dengan membuat artikel yang membahas topik yang sama dengan postingan yang ingin anda komentari, tentunya dengan menambahkan kekurangan yang ada dalampostingan sebelumnya ''tetap tidak menggunakan cara copy paste'', jadikan postingan yang kita baca tersebut sebagai refrensi dalam menulis artikel yang lebih berkualitas. selanjutnya anda tinggal berkomentar seperti ''menurut saya ada yang kurang bla bla bla'' jangan lupa menyisipkan link artikel baru anda buat. cara ini juga berfungsi agar artikel baru yang anda buat cepat mendapatkan pengunjung.


Lakukan Blogwalking Secara Rutin
apapun yang dilakung jika setengah - setengah tidak akan baik, termasuk juga melakukan blogwalking, agar blog anda tidak mengalami penurunan pengunjung secara drastis, maka lakukanlah blogwalking secara rutin sehari atau seminggu sekali.


Utamakan Sopan Santun
kita sebagai masyarakat Indonesia yang sejak dulu sudah menjunjung tinggi prinsip sopan santun, bukan hanya di dunia nyata, di dunia maya pun prinsip tersebut harus tetap anda gunakan dalam berkomentar di postingan orang lain. cara ini akan membuat pemilik blog yang anda kunjungi akan berbaik hati mengunjungi balik blog yang anda miliki, dan juga membuat reputasi anda menjadi baik dimata blogger.


Lakukan Blogwalking Yang Wajar
yang dikatakan blogwalking yang wajar dalm hal ini adalah blogwalking yang tidak berlebihan, misalkan anda memilih untuk melakukan blogwalking perhari, usahakanlah agar tidak berkomentar di lebih dari dua postingan. tentunya cara ini agar tidak terlihat spam oleh google.


Patuhi Peraturan Pemilik Blog
Biasanya blog - blog yang tidak suka terdapat komentar yang menyertai link di postingan blognya ini cernderung memberikan peringatan seperti contoh :


patuhilah peraturan tersebut agar tidak buang - buang waktu meninggalkan komentar blogwalking tetapi akan di hapus juga.


Blogwalking bisa menjadi sarana yang efektif dalam memerkenalkan blog yang anda miliki, tetapi juga bisa membuat hal buruk terjadi pada blog anda, istilahnya seperti pisau bermata dua. sekarang tergantung bagaimana anda menggunakannya.



POSTINGAN TERKAIT

7 Kriteria Blog Yang Disukai Google

Cara Membuat Link Author Text Untuk Mendapatkan Backlink

11 Cara Membuat Artikel Yang Disukai Pembaca

Baca juga:

Your Reactions: