window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'G-ZVV8CB482S'); Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Mudah, Serta Menguntungkan Pastinya - PAMERANATA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Mudah, Serta Menguntungkan Pastinya

Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online

sebuah bisnis biasanya akan dapat bertahan lama apabila memiliki manajemen yang bagus


itu intinya..

mau online ataupun offline pada dasarnya sama - sama membutuhkan, tapi dengan kemajuan teknologi pengaruh manajemen tersebut menjadi lebih krusial

contohnya bisnis offline

karena ini offline, maka interaksi antara penjual dan pembeli akan lebih terasa.

terasa karena sudah saling bertatap muka langsung, jadi rasa kepercayaan akan timbul secara langsung pada tempat terjadinya transaksi.

sekarang bandingkan dengan bisnis online

karena online jadi penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung, terdapat beberapa jeda atau tahapan - tahapan sesuai dengan bisnis online pada umumnya, seperti pembeli harus mengirim uang terlebih dahulu, barulah kemudian barang atau sesuatu yang diinginkan bisa didapat.

itu jika didapat..

jika tidak?

itu resiko, sebab memang inilah yang menjadi permasalahan bisnis online, rentan akan penip*an.

oleh sebab itu maka peran manajemen untuk meyakinkan dan menumbuhkan rasa kepercayaan itu sangat diperlukan.


nah dalam memulai bisnis online kita akan sangat bergantung pada koneksi internet, itu yang utama


jika tidak ada koneksi ya bukan online namanya

dan juga internet tersebut akan berguna untuk anda selalu siap melayani pembeli kapan saja.

selanjutnya media, ini seperti yang anda gunakan untuk melakukan aktifitas online tersebut, contohnya seperti komputer dan smartphone.

setelah internet dan medianya siap, maka selanjutnya kita mulai dengan membuat bisnis tersebut.

ada banyak jenis bisnis yang bisa anda jalankan secara online, dan berikut yang masuk dalam kategori populer :
  1. Berjualan Online
  2. Membangun Blog
  3. Menjual Jasa
  4. Youtubers


1. Berjualan Online


yang pertama adalah berjualan online, banyak bisnis yang di masuk dalam kategori ini, seperti :
  1. Menjual Produk Sendiri
  2. Dropship
  3. Affiliate


Menjual Produk Sendiri


anda memiliki bakat seni?

jika ya, maka jangan ragu untuk memasarkan karya anda secara online.

bukan hanya bakat seni, bakat - bakat yang lain juga bisa. contohnya seperti bakat memasak, bakat membuat produk digital, dan sebagainya

peluangnya sangat terbuka, sekarang tergantung pemasaran anda.

pemasaran yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial, PASTINYA..

dengan memanfaatkan media sosial yang benar, maka produk buatan anda dapat dikenal oleh masyarakat luas. ditambah lagi apabila produk anda tersebut memiliki kriteria yang unik, jadi tidak menutup kemungkinan produk tersebut dapat menjadi viral.

karena biasanya segala sesuatu yang unik(baru) akan lebih mengundang rasa ingin tahu.

itu karakter manusia pada umumnya, sekarang saatnya anda manfaatkan karakter tersebut, caranya dengan terus berinovasi dan berkembang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan apa yang akan dibuthkan oleh masyarakat.

nah untuk cara menjual produknya sendiri anda bisa memanfaatkan media sosial yang memang berpotensi, jika bicara tentang berpotensi, maka yang sudah familiar adalah facebook dan instragram. kedua media tersebut lebih mengarah ke promosi, dan untuk interaksinya bisa anda gunakan BBM, LINE, WA.

untuk media sosial facebook dapat anda lakukan promosi dengan membagikan gambar produk berisikan deskripsi,TENTUNYA, serta jangan lupa untuk memanfaatkan komunitas - komunitas dan group yang terdapat di facebook itu sendiri.

asalkan komunitas dan group yang anda bagikan review produk sudah tepat, atau sejalan dengan produk anda.

contohnya..

produk anda adalah sepatu, maka komunitas dan group yang masuk kategori seperti komunitas atau group fashion.

intinya yang masih memiliki keterkaitan antara produk dengan media tersebut.

setelah produk anda sudah dikenal dan memiliki costumer sendiri, maka barulah mulai rangkum mereka dalam komunitas atau group milik anda sendiri, dengan begitu, mendapatkan pembeli retrun akan sangat berpotensi.

selanjutnya untuk di instagram, pertama buat akun khusus produk anda kemudian mulailah promosi.

promosi yang bagaimana?

promosi dengan komentar di foto atau video yang sedang tren?

hal itu bisa juga, dan memang diperlukan oleh akun baru agar dikenal, tetapi setelah mendapatkan hasil, maka sudahi usaha anda berkomentar seperti itu, dan mulailah untuk menunggu dan membiarkan testimoni pelanggan anda meyebar dari mulut ke mulut, atau dari akun satu ke akun lainnya.

serta terdapat juga cara promosi melalui blog, tetapi ini akan kita bahas nanti..



Dropship


ini adalah jenis bisnis penjual yang tidak memiliki barang sendiri, jadi penjual hanya sebagai pemberi informasi produk kepada konsumen.

produknya sendiri ada di pihak ketiga(supplier), dan nantinya supplier tersebut yang akan melakukan pengiriman apabila terjadi transaksi.


Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online

mudahnya seperti pada gambar.

penghasilan yang didapat dari bisnis ini cukup mengiurkan, tergantung dari berapa persen supplier tadi memberikan komisinya

kadang bisa sampai 20% dari harga barang yang dapat dijual, ini cukup menguntungkan, sebab dengan cara kerja yang tidak begitu sulit, yaitu hanya tinggal meyediakan informasi produk > dapatkan pembeli > biarkan supplier yang mengurus pengiriman selanjutnya.

dan karena ini online, pastinya tetap promosi yang utama.

tapi tetap harus berhati - hati, karena menggunakan pihak ketiga, maka anda tidak boleh percaya sepenuhnya terhadap supplier tersebut, sebab apabila terjadi permasalahan pengiriman, tentunya andalah yang akan mendapat komplain dari konsumen.

jadi sebelum memasarkan produk pihak ketiga, ada baiknya bila anda memastikan apakah supplier tersebut bekerja secara profesional atau tidak.

cara memastikannya bisa anda lakukan dengan melakukan pencarian di google, Forum, atau dari testimoni - testimoni pelanggan yang real, bukan sekedar bot.

berikut adalah situs - situs yang meyediakan layanan join dropship :

1. Supplier.id
2. komisian.com
3. cakning.com



Affiliate


hampir sama seperti dropship tadi, bedanya menjadi seorang affiliate lebih minim resiko, sebab anda hanya diharuskan menyediakan gambar dan review produk, dan tidak perlu lagi memikirkan masalah transfer, pengiriman barang, serta komplain.

karena online, jadi biasanya anda akan diberikan link yang bisa anda pasang blog, atau bagikan di media sosial untuk menarik minat pembeli.

banyak cara sukses dengan affiliate marketing ini, bisa anda cari di internet.

tetapi intinya masih sama yaitu manajemen yang bagus dan juga promosi yang tepat.

promosi yang tepat itu seperti apa?

jika terdapat pertanyaan seperti itu, maka jawabannya adalah jelas promosi yang bisa mendatangkan pembeli.

oleh sebab itu perlu anda lakukan riset, dan pilah mana yang berpotensi dan mana yang tidak memberikan hasil positif. seperti contoh..

anda share ke media sosial facebook dan twitter, dan dari kedua media sosial tersebut hanya facebooklah yang mendatangkan pembeli, jadi prioritaskanlah di facebook terlebih dahulu, sebelum mulai bantu akun twitter anda dengan promosi pada facebook dan dapatkan peminat yang akan lebih tertarget.

berikut adalah beberapa situs yang menyediakan bisnis afiliasi ini, tentunya yang POPULER :

1. AMAZON
toko online terbesar dan sudah terkenal masih profesional dalam melaksanakan tanggung jawabnya, komisi yang bisa anda dapatkan adalah sekitar 4% dari harga produk

2. NAMECHEAP
situs penyedia domain dan web hosting terbesar ini berani memberikan anda komisi hingga 15% setiap transaksi yang dilakukan melalui anda.

3. CLICKBANK
adalah situs penyedia produk - produk digital yang berani memberi anda 8% komisi saat anda berhasil mendapatkan pembeli.



2. Membangun Blog


membangun blog sama seperti membangun rumah.

terdengar lucu tapi ini hanya pengumpamaan, dimana rumah yang bagus dan cocok untuk jangka panjang adalah rumah yang memiliki pondasi yang baik, jadi kita ambil kesimpulannya adalah dasar yang bermutu.

begitu pun dengan blog sendiri, dimana kita harus membuat pondasi yang kokoh terlebih dahulu, contohnya seperti membuat konten yang berkualitas dulu sebagai dasar.

dan berikut adalah beberapa panduan yang dapat memaksimalkan poin membangun blog ini :
  1. 11 Tips Awal Mulai Ngeblog Untuk Pemula
  2. Cara Mendapatkan Uang Dari Blog[Panduan Dari Awal Sampai Dapat Menghasilkan]
jika anda ingin memahaminya secara lengkap, maka silahkan baca kedua panduan tersebut, tapi jika ingin menyelesaikan pembahasan ini dulu, maka mari kita lanjutkan.

poin - poin pentingnya adalah sebagai berikut :



Memilih Platform


banyak platform gratis yang dapat anda manfaatkan, misalnya blogger seperti yang saya gunakan.

tapi dalam hal ini adalah membuat blog untuk berbisnis, jadi agar terlihat lebih profesional, maka diperlukan sedikit modal untuk membeli domain ataupun hosting(jika perlu)



Memilih Template


selanjutnya terdapat memilih template, yang perlu anda pastikan adalah template yang responsive dan fast loading.

responsive berguna untuk mencangkup pengguna internet yang mencari informasi melalui smartphone atau gedget mereka agar lebih mudah membaca artikel anda, karena tampilan pada layar komputer sudah sesuai bila ditampilkan pada layar smartphone/gedget.

cek responsive template anda melalui tools gratis responsinator.com

fast loading, jaman sekarang segalanya serba cepat, dan karena keseringan cepat - cepat, jadi orang - orang tidak mau berlambat - lambat.

apalah itu, silahkan artikan sendiri hehe..

karena sudah biasa cepat, jadi kebanyakan orang tidak suka menunggu.

menunggu dalam hal apapun.

oleh sebab itu penggunaan template yang memiliki loading cepat sangatlah berguna untuk mengurangi rasa bosan pengunjung blog yang mungkin bisa pergi meninggalkan blog anda sebelum membaca artikel didalamnya.

cek kecepatan loading blog anda di GTmetrix.com


Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online



Mulai Belajar SEO


apa itu SEO?

apa ayo..

bagi orang - orang yang sudah bergelut dalam dunia blog pastinya mengetahui pengertian, penggunaan, dan manfaat dari search engine optizimation ini.


Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online

dilihat dari gambar, bahwa banyak sekali pembelajaran yang harus anda ketahui apabila ingin serius membagun sebuah blog, itupun hanya inti - intinya saja belum lagi yang lain - lain.

untuk itu berikut panduan belajar SEO Onpage maupun SEO Offpage :
Optimasi SEO Onpage Dan Offpage[Panduan Lengkap]



Mulai Membuat Artikel Berkualitas


masih ingat dengan pondasi tadi, ya inilah yang akan menjadi dasar blog anda.

Artikel berkualitas itu seperti apa?

nah untuk menjawab pertanyaan yang seperti itu, maka saya akan memberi poin - poin menurut saya saja, sebab artikel yang saya anggap berkualitas, belum tentu dianggap berkualitas juga oleh orang lain.
  1. Menggunakan Judul Berdasarkan Riset Keyword
  2. Berisikan Gambar Penarik Maupun Penjelas
  3. Panjang Minimal 1500 kata
  4. Berisikan Teori Atau Sumber Yang Dapat Meyakinkan Pernyataan Anda 
  5. Materi Padat Secara Menyeluruh
  6. Mampu Menyelesaikan Permasalahan Pengunjung
itu saja poin - poin pentingnya, untuk lainnya mungkin dapat anda tambahkan sendiri.



Lakukan Promosi


bukan hanya produk yang bisa dipromosikan, sebuah blog juga bisa.

bedanya jika promosi produk untuk mendapatkan pembeli, sedangkan promosi blog untuk mendapatkan pengunjung blog.

promosi yang dapat anda lakukan adalah dengan aktif di forum, sosial media, komunitas atau group yang berkaitan dengan blogging.

dengan begitu maka anda akan banyak mendapatkan pembelajaran dan tips - tips dari blogger lain.

Promosinya kapan?

sambil menyelam minum air, sambil berkenalan lakukan promosi.

promosi ini akan berguna untuk meningkatkan traffic pengunjung blog anda, setelah blog anda memiliki traffic yang bagus maka selanjutnya...



Mulai Menghasilkan Dari Blog


nah bila sudah bicara menghasilkan matapun jadi melek.

sudah banyak blogger - blogger sukses yang dapat meraup ratusan dollar hanya dengan mengelola sebuah blog.

banyak yang berhasil, tapi tidak sedikit pula yang kurang beruntung.

kunci sebenarnya adalah fokus, konsisten, mau belajar, dan berkembang.

untuk cara mendapatkan uang dari blog sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Menjual Produk
  2. Mendapatkan Penghasilan Melalui Iklan
  3. Membuat Artikel Review
Poin pertama adalah menjual produk, misalkan anda menjual produk sendiri maupun orang lain, maka anda bisa menggunakan sebuah blog sebagai sarana promosi.

contohnya dengan memasang iklan produk ataupun membuat review produk itu sendiri

Poin kedua adalah mendapatkan penghasilan melalui iklan, ini sama artinya anda sebagai publisher, nantinya penghasilan yang didapat adalah apabila terjadi interaksi antara pengunjung dengan iklan, misalnya pengunjung mengklik iklan yang anda pasang pada blog.

Poin ketiga adalah membuat artikel review, ini seperti anda mendapatkan bayaran apabila ada kita anggap BOS yang menginginkan anda mereview tentang sesuatu dan menuangkannya dalam tulisan.

tapi biasanya anda harus memastikan terlebih dahulu pengunjung blog anda bisa mencapai RATUSAN.

barulah nantinya Bos - Bos ini yang akan mencari anda.

ketiga poin tersebut adalah poin - poin pentingnya saja, untuk selengkapnya bisa anda dapatkan di artikel saya yang lain yaitu :
Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


3. Menjual Jasa


banyak pekerjaan yang terkait dengan jasa, contohnya seperti tukang cukur.

Tukang cukur online?

terdengar aneh, tapi ini bisa dilakukan, dimana anda menjadi tukang cukur panggilan, dan online itu tadi sebagai sarana anda promosi keahlian anda.

itu adalah sedikit contoh, untuk jasa - jasa lain kurang lebih sama.

tetapi karena ini online, jadi jasa - jasa yang dijual pun harus berkaitan dong..

maka berikut adalah beberapa jasa yang berkaitan dengan poin online ini :
  1. Membuat Aplikasi 
  2. Membuat Produk Digital
  3. Menjadi Penulis Blog
Poin pertama adalah membuat aplikasi, kedengarannya saja sudah ribet, apalagi kita membuatnya, tapi asalkan mau belajar pasti anda bisa.

seperti kisah bapak yang satu ini..


Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online

seorang buruh panggul yang saat ini sukses membuat aplikasi game, dan mendapat bayaran ribuan dollar perbulan.

jangan lihat dari bayarannya, tapi mari kita lihat dari perjuangan yang dilalui, yaitu bapak Henry(namanya) ini membutuhkan waktu 10 bulan untuk belajar membuat aplikasi, sampai bisa menghasilkan.

dengan masih sedikitnya orang yang dapat melakukan bisnis ini, maka sudah tentu peluangnya sangatlah terbuka lebar.

dilihat dari potensi kedepannya pun juga sangat berpotensi.

untuk cara memulainya, pastikan anda sudah mahir dalam hal ini, sebagai sarana belajar bisa melalui internet''seperti bapak tadi'' atau khursus, terserah hehe..

lalu cobalah membuat aplikasi untuk dijual, dan membuat aplikasi bila ada permintaan.

aplikasi yang anda buat bisa dijual melalui play store, dan akan mendapat bayaran apabila ada yang mendownload game tersebut.

Poin kedua membuat produk digital, contoh produk digital yang bisa anda buat adalah ebook.

walaupun kedengarannya kurang populer, tapi tidak menutup kemungkinan dengan hanya menjual produk elektronik ini anda bisa meraih pundi - pundi uang.

seperti kisah blogodolar.com

dengan melakukan promosi melalui blog dan email marketing, penjualan bisa mencapai 9,2 juta hanya dalam 8 hari saja, Woow..

nah, jika tadi saya sudah membahas cara promosi melalui blog, selanjutnya adalah email marketing..

pernahkah anda menerima email dari orang yang tidak anda kenal?

dan isi email tersebut biasanya mengajak, menyarankan, mengunjungi.

mengajak biasanya anda akan diajak untuk ikut program yang mereka tawarkan, contohnya seperti MLM.

menyarankan biasanya anda akan disarankan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan.

terakhir mengunjungi, ini adalah gabungan dari promosi blog yang digabung dengan email marketing, jadi biasanya email yang dikirim adalah berisikan ajakan untuk mengunjungi blog tersebut, tapi juga biasanya email - email ini akan dikirim apabila anda yang menginginkannya, dimana ini disebut pengikut blog melalui email.

Poin Ketiga adalah menjadi penulis blog, ini yang utama adalah niat..

berapa banyak anda sanggup membuat artikel dalam 1 hari?

saya sendiri 1 artikel saja sudah cepat bosan, tetapi ada juga blogger - blogger lain yang bisa menyelesaikan 10 artikel dalam sehari.

mantep ya tu orang hehe..

ingat ya penulis blog ini adalah menulis di blog milik orang lain.

atau bisa juga anda promosi di komunitas, forum, dan media sosial yang berkaitan dengan blogging dan mulai mempromosikan diri anda menyediakan jasa menulis artikel, misalkan 1000 kata anda jual dengan 20 ribu.

jika kita kalikan 10 tadi, maka hasilnya adalah 200 rb, kan lumayan.

tetapi kembali lagi pada pernyataan saya diatas, yaitu NIAT bro..



4.Menjadi Youtubers




Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online

Youtubers itu bisnis?

bisnis tentunya, bayangkan saja apakah orang - orang yang mengupload video mereka ke youtube hanya sekedar iseng?

tentu tidak, ada maksud yang ingin dicapai.

contohnya seperti menjadi terkenal, atau mendapatkan uang.

walaupun awalnya memang iseng, tapi karena dapat menghasilkan, ya jadi ketagihan deh..

penghasilan yang bisa didapat dari youtubers itu adalah berasal dari iklan yang muncul saat video anda diputar oleh pengguna youtube.

untuk menjadi youtubers, pastikan dulu bahwa anda mematuhi ketentuan dan kebijakan dari youtube itu sendiri, sebab banyak dari pemilik channel yang sering mengabaikannya, dan akibatnya sudah tentu akun mereka dibanned oleh pihak youtube.

jadi kan rugi apabila anda sudah susah - sudah membuat video tapi ujung - ujungnya sia - sia.

nah setelah anda mematuhi ketentuan yang diperlukan, selanjutnya mulailah untuk membuat video atau konten yang berkualitas.

konten yang berkualitas tersebut bisa seperti, konten yang memang memberikan manfaat terhadap pengunjung, bukan yang hanya mengincar viewers dengan memberikan judul yang tidak sesuai dengan alur video.

jika anda sering mengunjungi youtube dan melihat video - video yang sedang tren, maka anda akan mengerti maksud saya diatas..

buatlah video yang original, maksudnya apabila anda memiliki bakat seperti memainkan alat musik, maka buatlah video original anda memainkan musik tersebut, atau bila anda memiliki wajah yang cantik, maka buatlah vlog tentang keseharian yang anda lakukan

vlog dengan wanita cantik sebagai pemeran biasanya akan berpotensi viral.

ya itu duniawilah..

walau video anda bukan tentang kedua contoh yang saya berikan, tapi itu tidak masalah, sebab hanya dengan merekam apa yang terjadi di sekitar anda saja sudah dapat membuat anda bisa menghasilkan.

seperti kisahnya mas - mas yang satu ini, kisah Paul Wallace yang mampu membeli mobil mewah hanya dengan menjadi youtubers, dengan konten - konten kesehariannya saja..

untuk itu jangan ragu untuk merekam sesuatu, karena sesuatu tersebut akan sangat berharga..

tapi, menjadi youtubers juga memiliki kendala, yaitu masalah penonton, kan rugi juga bila video bagus anda tidak ada yang menonton.

untuk itu berikut hal yang diperlukan..
  1. Mengerti Tentang Penargetan Kata Kunci
  2. Mencari Subscribe Sebanyak - Banyaknya
  3. Usahakan Agar Konten Anda Masuk Dalam Kategori Sedang Tren
Pertama Mengerti tentang penargetan kata kunci, sama seperti membuat judul blog, membuat judul video yang akan diupload pun perlu menyisipkan keyword yang ingin diincar.

gunanya adalah untuk lebih menyaring pengunjung yang lebih tertarget.

misalnya konten anda berjudul ''Cara Menghilangkan Jerawat Ala Bolo - Bolo''

selanjutnya terdapat pengguna youtube yang mencari video dengan kata kunci ''Cara Menghilangkan Jerawat''

jadi warna tulisan biru pada contoh judul konten anda tersebut merupakan kata kunci yang dapat dicangkup apabila terjadi pencarian yang sesuai.

mudahnya konten anda dapat dijadikan refrensi oleh bot youtube untuk ditonton oleh pengguna yang melakukan dengan kata kunci seperti contoh diatas.

Kedua Mencari subscribe sebanyak - banyaknya, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pelanggan youtube channel anda.

nah saya akan memberi 20 cara yang dapat anda terapkan, panduannya dibawah sini yaa..
20 Cara Cerdas Mendapatkan Banyak Pelanggan Youtube

Ketiga Usahakan agar konten anda dapat masuk dalam kategori yang sedang tren, hal ini bisa anda lakukan dengan membuat video yang memiliki topik yang memang populer.

maksudnya topik yang sedang populer di media sosial maupun stasiun tv dapat anda jadikan topik yang akan dibuat video youtube channel anda.

karena sedang hot - hotnya, maka dapat dibayangkan video dengan kategori seperti itu akan mendapatkan banyak penonton.


terakhir penutup, mau anda memilih bisnis online yang mana pun itu pilihan anda, sebab semuanya masih dalam cangkup yang sama, yaitu asalkan promosinya benar, maka potensinya pun besar, serta pilihlah yang sesuai dengan anda, agar nanti tidak menjadi sia - sia karena kurang konsisten.

2 komentar untuk "Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Mudah, Serta Menguntungkan Pastinya"

Erica belinda 18 November 2016 pukul 19.16 Hapus Komentar
Hmmmm, Blog super keren gini masa minta backling pada blogcepot bos, blog saya peringkat googlenya baru merangkak seperti bayi,hik hik.Malu
dnatawidiastana 18 November 2016 pukul 20.10 Hapus Komentar
masih berkembang mbak, belum berani minta sama yang udah gede...